13+ Ciri Kucing British Shorthair Asli dan Mix

Dengan melihat ciri – ciri kucing british shorthair, kita bisa mengenali dengan mudah mana BSH asli pure breed dan mana british shorthair mix kampung. Sebab tidak sedikit breeder yang mengaku-aku BSH murni padahal hasil mix dengan kucing dari ras lain.

 

Ciri dari kucing BSH yang asli bisa kita lihat dengan mudah tanpa harus melakukan tes labolatorium.

 

Nah untuk Anda yang ingin adopsi british shorthair, mari lihat apa saja ciri kucing BSH yang asli dan mana yang mix breeding.

 

13 Ciri Kucing British Shorthair Asli

Ciri kucing BSH yang asli bisa dilihat dari 13 bagian, yaitu:

  1. Badan
  2. Kepala
  3. Ekor
  4. Telinga
  5. Bulu
  6. Postur tubuh
  7. Muka
  8. Dagu
  9. Leher
  10. Hidung
  11. Mata
  12. Kaki
  13. Harga

Mari kita bahas satu per satu tiap ciri khasnya.

 

1. Badan

Yang pertama, badan kucing british shorthair bentuknya bulat dan lebih pendek. Sedangkan kucing BSH mix biasanya punya badan lebih ramping dan cenderung tinggi.

Badannya yang bulat membuat kucing ini tidak begitu aktif dan agresif. Sehingga lebih banyak tidur dibandingkan berjalan-jalan.

 

2. Kepala

Kepala kucing british shorthair bentuknya juga bulat. Dibandingkan kucing pada umumnya, muka BSH lebih tebal dan gemuk.

 

3. Ekor

British shorthair punya ekor yang tidak terlalu panjang. Ukurannya sekitar 2 sampai 3 kali total panjang tubuhnya.

Artinya, ekor kucing ras ini juga tidak buntung alais hanya bulatan di bagian bokong saja.

 

4. Telinga

Kucing BSH punya telinga yang pendek dan melebar. Padahal, posisi kupingnya berdiri, tidak seperti scottish fold yang kupingnya menrun dan terlipat.

Meskipun begitu, kucing ini tetap punya kemampuan pendengaran yang sangat tajam.

 

5. Bulu

Sesuai dengan namanya, bulu british shorthair selalu pendek, tidak lebih dari 3 sampai 5 cm. Kalau di model rambut manusia, kucing ini punya model rambut cepak.

Walaupun bulunya pendek, kucing BSH tetap harus disisir tiap dua atau tiga hari sekali. Sebab bulunya sering rontok dan bisa jadi kusut bila tidak pernah disisir.

 

6. Postur Tubuh

Sebenarnya kucing BSH punya postur tubuh yang tegap. Tapi karena tubuhnya yang gemuk dan kelihatan bulat, posturnya jadi telihat agak menunduk.

Cara berjalan kucing british shorthair pun tidak menunduk. Justru jalannya tegap seperti kucing gagah walaupun badannya tidak kekar.

 

7. Muka

Kucing BSH tentu punya muka yang sangat lucu. Matanya besar dan bulat sedangkan hidungnya lebih kecil.

Selain itu, kucing ras ini punya hidung yang lebih mancung dibandingkan kucing flatnose.

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

8. Dagu

Dagu kucing british shorthair hampir tidak kelihatan sama sekali. Sebab bagian bawah kucing BSH kelihatan hampir bulat sempurna.

 

9. Leher

Kucing british shorthair juga punya leher yang kelihatan pendek. Sebenarnya, ukuran lehernya tidak berbeda jauh dengan kucing pada umumnya.

Tapi bentuk badan dan kepalanya yang bulat karena tertutup bulu membuat leher kucing ini kelihatan lebih pendek.

 

10. Hidung

Sebelumnya sudah disebutkan sedikit bahwa hidung kucing british shorthair itu kecil, tapi tidak pesek seperti kucing flat nose.

Hal ini membuat kucing BSH tidak sering mengalami masalah pernapasan seperti sesak napas atau sering pilek karena bentuk hidungnya yang terlalu kecil.

 

11. Mata

Selanjutnya, kucing british shorthair punya bentuk mata yang bulat berwarna kucing.

Mata kucing BSH termasuk salah satu yang paling tajam dibandingkan kucing umumnya. Selain itu, kucing ini juga sering mengalami masalah pada mata seperti katarak. Jadi perawatan mata kucing ras ini wajib dilakukan dengan rutin dan harus diperiksakan setiap 6 bulan sekali.

 

12. Kaki

Kaki kucing british shorthair sebenarnya tidak bisa dibilang pendek, tapi juga tidak setinggi spinx atau kucing yang badannya ramping.

Badannya juga membuat kaki kucing british shorthair kelihatan pendek. Padahal bila diukur, tingginya tidak berbeda jauh dengan tinggi kucing lokal, mainecoon, atau persia.

 

13. Harga

Yang terakhir adalah harga kucing british shorthair.

Untuk yang satu ini, pastinya kita bisa langsung mengenali mana kucing BSH yang asli dan mana yang mix. Sebab harga kucing british shorthair paling murah saja masih sekitar 8 juta hingga 10 juta Rupiah. Itupun sudah adopsi yang tanpa surat-surat dan tanpa vaksin.

Bila ada yang membuka adopsi dengan harga di bawah angka tersebut, artinya ada mix ras kucing lain dalam BSH yang ingin Anda adopsi.

Bagi sebagian orang, hal ini bukan masalah besar sebab kucing BSH tetap terlihat lucu. Tapi jika Anda ingin british shorthair pure breed, tentu faktor seperti ini menjadi masalah yang harus dipikirkan.

 

Akhir Kata

Jika Anda penasaran dengan keaslian dari kucing british shorthair yang dilihat di online maupun pet shop, itulah ciri fisik yang harus diperhatikan. Tapi tidak sedikit juga kucing british shorthair mix lokal atau mix persia yang wajahnya tetap dominan BSH walaupun dengan fisik lebih ramping dan sifat yang lebih agresif.

Leave a Comment