Pakan Yang Tepat untuk Lovebird Balibu

Pada kesempatan kali ini paman kicau dari ripperclub akan membahas tentang pakan yang tepat untuk lovebird balibu atau paud atau baby.

Pakan yang tepat untuk balibu atau paud adalah makanan yang mengandung banyak gizi, mineral, vitamin yang lengkap.

Pakan yang mengandung mineral vitamin lengkap sangat mendukung untuk pertumbuhan dan daya ingat saat ia sedang di master dengan suara ngekek panjang atau suara masteran yang lainnya.


Baca juga : Settingan Lovebird Balibu

Logika sama dengan manusia, lovebird balibu merupakan lovebird yang masih anakan, ia butuh asupan nutrisi yang tinggi untuk memaksimalkan pertumbuhannya.

Selain mineral vitamin yang lengkap, lovebird balibu juga butuh bermain layaknya seorang anak anak. Bermain saat dirumah dapat mengurangi rasa kepo atau nakal ketika ia di gantangkan di arena lomba.

Selain perawatan harian yang konsisten, pakan juga sangat mendukung untuk prospek masa depanya. Karena jika kebutuhan mineral vitamin saja tidak tercukupi lantas bagaimana pertumbuhanya nanti di saat ia sudah dewasa.

Lovebird balibu yang siap digantang pada kelas balibu antara umur 2,5 bulan sampai dengan umur 5 bulan (max). Tentu saja pada umur yang dini ini mereka belum menemukan durasi top nya. Namun ada beberapa lovebird balibu yang bisa mencapai durasi 15-20 detik.

Durasi lovebird balibu bisa panjang dan pendek sesuai dengan trah (keturunan gen) dan juga dari segi perawatan hariannya. Dari segi trah mencapai 60% dan perawatan harian mencapai 40%. Tentunya keturunan lebih mendominasi dari kekuatan ngekek nya.

Pakan yang tepat untuk lovebird balibu antara lain :

  • Milet Putih merupakan pakanan pokok untuk semua jenis lovebird. Sama dengan manusia makanan pokok harus diberikan setiap hari untuk menyongsong tenaganya. Milet putih yang bisa diberikan bisa milet kiloan atau milet putih kemasan yang sudah di edarkan di pasaran.
  • Canary Seed merupakan pakan tambahan untuk lovebird, kandungan nutrisi didalamnya berperan penting untuk pertumbuhan lovebird usia balibu. Canary seed bisa diberikan setiap 2hari sekali dicampur dengan milet putih dengan perbandingan 2 : 1
  • Jagung Manis Muda merupakan menu wajib lovebird balibu. Jagung mengandung mineral yang sangat baik untuk daya ingat lovebird usia balibu. Jagung wajib diberikan se kurang kurang nya 1 minggu 1x atau diberi setiap 3 hari sekali lebih baik. 
  • Kangkung merupakan pakan terfavorit semua jenis lovebird. Saya belum pernah menjumpai lovebird yang tidak suka dengan kangkung. 90% lovebird suka dengan kangkung. Kangkung mengandung zat besi untuk pertumbuhan tulang dan kekuatan cengkramanya. Pemberian kangkung bisa setiap 3hari sekali setelah ia diberi jagung. Cukup 1 batang saja.
  • Pakan Kombinasi bisa diberikan seminggu 1 kali. Pakan kombinasi bisa menggunakan pakan kombinasi yang sudah ada dipasaran atau kita juga bisa mencampurnya sendiri. Antara lain milet putih, canary seed, milet hitam/merah (pakan perkutut) dan kuaci.
Pakan diatas sudah teruji mutu untuk dikonsumsi oleh lovebird balibu. Balibu butuh vitamin mineral yang tinggi. Jangan khawatir bila burung anda over birahi. Perlu diingat bahwa lobebird balibu belum mengenal birahi.

Jangan sampai anda tidak memberinya asupan nutrisi yang lengkap, karena lovebird balibu sangat membutuhkan nutrisi dan serat yang tinggi. Jangan sampai burung anda menjadi mal nutrisi sampai nyilet karena kebutuhan gizi nya kurang.

Cukup sekian artikel saya tentang pakan yang tepat untuk lovebird balibu. Subscripe untuk mendapat artikel terbaru saya mengenai perawatan lovebird yang telah dibocorkan dari rekan master master lovebird Jawa Tengah.

0 Response to "Pakan Yang Tepat untuk Lovebird Balibu"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini