Membuat Lovebird Balibu Ngekek Panjang

Membuat balibu ngekek panjang bukanlah hal yang mudah. Membuat balibu memiliki durasi ngekek yang yang panjang merupakan tantangan tersendiri bagi pecinta gantangan lovebird balibu.

Membuat lovebird balibu atau lovebird paud menjadi ngekek panjang akan mudah jika kita merawatnya dengan penuh kasih sayang dan penuh keyakinan.

Saya setuju dengan pendapat orang bahwa burung juga bisa merasakan kasih sayang dari pemiliknya. Perawatan yang baik pula akan menghasilkan kualitas ngekek yang maksimal.


Balibu akan belajar ngekek saat ia mulai menginjak umur 2,5 bulan. Durasi ngekeknya pun terbilang sangat pendek. Maksimal hanya akan tahan pada durasi 5 detik. Tetapi itu bukan patokan, karena ada yang mampu tembus 20 detik sekali ngekek.

Baca juga : Pakan yang Tepat untuk Balibu

Perlu di ingat bahwa kualtas bahan kekean adalah soal genetik/ keturunan / trah. Namun trah/keturunan hanya menyumbang 70% saja. Lantas 30% dari mana? Ya benar 30% adalah dari pola perawatan harian kita.

Pola perawatan harian meliputi :

  • Pengembunan
  • Pemandian
  • Penjemuran
  • Pemasteran
  • Pakan
Sebelum anda menerapkan tips untuk membuat balibu ngekek panjang anda harus menyiapkan calon anakan dengan trah yang jelas. Tidak perlu panjang panjang yang penting trah fighter dari indukan.

Durasi ngekek akan bertambah seiring berjalanya waktu dan bertambahnya umur serta pengenalan birahinya saat ia sudah menginjak masa remaja dan dewasa.

Berikut adalah cara yang sangat mudah membuat balibu ngekek panjang :
  • Lakukan pengembunan yang rutin, pengembunan terbaik dilakukan mulai jam 4 pagi. Pada saat jam 4 pagi udara mulai sejuk dan belum terbit sinar matahari. Lakukan pengembunan sambil ngopi biar mantap menikmati kopi dan ngekek panjangnya.
  • Setelah pengembunan, mandikan gacoan kita sekitar pada pukul 7 pagi biar dia tidak kedinginan saat dimandikan. Mandi sesuai dengan kesukaannya, bisa di semprot denan sprayer, mandi selang, mandi cepuk, ataupun mandi di keramba.
  • Penjemuran dilakukan secara bertahap. Dari 30 menit sampai dengan 2 jam sesuai dengan ketahanan masing masing burung. Tahapan penjemuran ditambah 10 menit perhari agar ia tidak kaget saat dijemur lama. Setelah jemur di angin anginkan 15 menit atau diumbar lebih baik.
  • Pengumbaran (sunah) lebih baik dilakukan, jika tidak diumbar juga tidak masalah. Fungsi pengumbaran adalah membuat gacoan kita menjadi fresh dan bugar.
  • Pemasteran dilakukan setelah penjemuran dan pengumbaran. Masteri dengan suara yang speed pelan saja seperti lovebird kusumo atau lovebird lainya yang mempunyai durasi ngekek panjang dan pelan.
  • Pakan harian saran saya menggunakan milet kiloan saja, setelah saya amati milet harian tidak mengandung campuran bahan kimia lain alias masih fresh. Bia dilihat jika ada milet kiloan di lantai pasti akan di keroyok semut. Bandingkan saja dengan milet kemasan yang ada dipasaran nanti bisa di nalai sendiri.
  • Extra fooding berupa jagung atau kangkung bisa diberikan setiap 3hari sekali untuk menambah asupan nutrisi yang organik. Nutrisi organik mengandung vitamin dan mineral yang alami, sehingga sangat baik untuk asupan vitamin gacoan kita
Sekian dari saya tentang cara membuat lovebird balibu ngekek panjang, lakukan dengan rutin pasti akan membuahkan hasil yang maksimal. Setelah balibu kita berumur 3,5 bulan sudah bisa untuk kita gantangkan.


Silahkan baca artikel Cara setting Lovebird Balibu agar ngekek di gantangan bagi anda yang belum paham tentang menyeting gacoan balibu anda.

Terimakasih atas pertisipasinya, jangan lupa subscribe agar mendapat update artikel lovebird terbaru dari saya, untuk request artikel silahkan kirim melalui form contac us.

0 Response to "Membuat Lovebird Balibu Ngekek Panjang"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel