Panduan Awal ternak Lovebird

Pada kesempatan kali ini pamankicau akan memberi panduan awal untuk ternak lovebird dari dasar sampai sukses menjadi peternak lovebird yang berkualitas tinggi.

Panduan awal ternak lovebird saya tulis berdasarkan pengalaman saya di dunia ternak lovebird. Saya akan membantu meraih kesuksesan anda dalam dunia ternak lovebird.




Kunci utama dalam ternak lovebird adalah kesabaran dan ketekunan. Kesabaran dalam menunggu bertelur sampai menetas haha, tapi bukan dalam hal itu, melainkan kesabaran dalam semua bidang. Ketekunan dalam perawatan induk maupun anakan.

Hal yang pertama sebelum anda ingin ternak lovebird adalah anda harus mempersiapkan kandang, glodok, dan pastinya calon indukan.

Untuk calon indukan, beli sesuai selera anda. Misalnya anda menyukai lovebird ngekek panjang, lah dari sini anda bisa membeli indukan ngekek panjang atau menjodohkan lovebird anda yang memiliki durasi ngekek panjang.

Anda juga bisa menjodohkan sendiri namun proses penjodohan ini bukan hal yang mudah, bisa dibilang susah susah gampang. Penjodohan lovebird paling mudah adalah dengan cara koloni.

Selain cara koloni, anda juga bisa menjodohkan dengan cara pengasingan, menempelkan kedua lovebird hanya berdua saja agar ia jatuh cinta.

Selanjutnya anda memilih kandang untuk proses perkawinanya. Kandang kotak dipasaran sudah banyak tersedia dengan harga 150rb an.

Jangan lupa memasang glodok/rumah yang terbuat dari kayu berlubang. berfungsi untuk bertelur dan meletakan anakan lovebird kita.

Sarang diberikan setelah lovebird masuk kandang ternak selama 3 hari. Lovebird akan mulai menata sarang saat ia merasa sudah nyaman berada di kandangnya.

Faktor kebersihan dan kelembapan harus tetap dijaga. Jika musim panas melanda, banyak peternak yang mengeluh telurnya tidak menetas. Mengatasi hal tersebut, siram atap rumah dengan air saat lovebird sedang angkrem atau mengerami telur.

Bersihkan kandang setiap 2 hari sekali agar terhindar dari jamur jamur yang mengganggu indukan betina saat angkrem.

Berikan multi vitamin, kangkung, jagung setiap hari agar sehat dan lancar berproduksi.

Sekian dari saya tentang panduan awal ternak lovebird, ini adalah versi dasar untuk mengenalkan anda dalam dunia ternak lovebird.  Semoga bermanfat, konsultasi gratis silahkan kirim pesan ke fanspage facebook kami.

Salam breeder.

0 Response to "Panduan Awal ternak Lovebird"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini