Bahan sarang Terbaik untuk Lovebird

Bahan sarang untuk lovebird harus diberikan yang terbaik, mengapa harus terbaik? karena sarang yang menjadi faktor utama kesehatan dan keselamatan calon anakan lovebird. Bahan sarang lovebird yang baik juga sangat banyak beredar dipasaran. Nah pada kali ini kami akan membahas tentang bahan sarang terbaik untuk lovebird.

Bahan sarang yang digunakan untuk lovebird sebaiknya bersifat tidak mudah lembab dan terlalu kuat, jika lembab maka akan berdampak buruk pada kesehatan anakan. Contoh yang paling sering dijumpai ketika sarang lembab adalah anakan mengalami iritasi, muncul bintik bintik merah di kulitnya.

Sifat bahan yang kedua adalah sarang tidak terlalu kuat, kuat disini berarti lovebird tidak kuat untuk memutuskan butiran sarangnya. Dampak dari sarang lovebird yang kuat adalah kematian, penyebab umum kematian anakan adalah leher terlilit sarang sehingga ia tidak bisa bernafas.

Baca juga : Umur berapa anakan lovebird bisa makan sendiri



Lantas setelah kita mengetahui sifat bahan diatas, lalu bahan apa yang kita pilih untuk menentukan sarang lovebird? Langsung saja mari kita bahas bahan bahan terbaik untuk sarang lovebird versi pamankicau.

Inilah bahan sarang terbaik untuk lovebird!

 Yang pertama adalah serutan kayu, mengapa serutan kayu masuk bahan sarang lovebird yang terbaik? Perlu diketahui bahwa kayu merupakan kesukaan lovebid, baik untuk digigiti maupun untuk bahan sarang. Serutan kayu bisa kita peroleh di kios pakan burung terdekat anda, cukup keluarkan uang 5rb anda sudah bisa memberikan sarang terbaik untuk lovebird kesayangan anda.

 Bahan sarang yang kedua adalah daun cemara atau daun pinus yang sudah kering, bahan ini paling aman dari resiko kematian anakan lovebird dan tidak mudah basah alias lembab. Menurut versi pamankicau, bahan sarang lovebird dari daun cemara merupakan bahan yang terbaik, namun kelemahannya kita sulit mendapatkannya karena masih sangat jarang ditemui di kios pakan burung. Bahan sarang ini juga dipakai jenis burung lain seperti kacer dan murai batu.

Baca juga : Awal mula lovebird konslet

 Informasi penting, jangan sampai anda memberi sarang dari kulit jagung, karena sudah banyak peternak mengeluh anakanya mati karena terlilit sarang, setelah kami tanya, mereka memakai bahan sarang dari kulit jagung yang katanya murah. Kulit jagung terlalu kuat untuk lovebird, selain itu kulit jagung juga tidak bisa meresap air sehingga glodok menjadi lembab. Lebih baik menghindari sejak awal dari pada anakan mati sia sia.

 Itulah beberapa bahan sarang untuk lovebird, semoga bermanfaat. Share agar peternak pemula juga mendapat pengalaman baru.

2 Responses to "Bahan sarang Terbaik untuk Lovebird"

  1. Untuk klobot jagung, selama di potong kecil kecil resiko terlilit lebih bisa di atasi , saya sudah 2 tahun ternak lovebird , dari awalnya 3 pasang , sekarang sudah mencapai 90 ekor, terimakasih 🙏

    ReplyDelete

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel