Cara agar telur lovebird bisa menetas semua

Telur lovebird jika menetas semua pasti akan puas rasanya, apalagi telur lovebird berjumlah 5 dan menetas semua pasti kita sebagai peternak merasa senang sekali. Namun ekspetasi tidak sesuai dengan kenyataan, ternyata telur lovebird kita hanya menetas 1 atau 2 butir dari 4 telur, pasti kecewa sekali rasanya. Sayang kan kalo sisa telurnya tidak menetas bahkan membusuk atau kuwuk. Nah pada persoalan diatas mari kita bahas bagaimana cara agar telur lovebird bisa menetas semua.

Sebelum kita mengambil tindakan, mari kita riset dulu dengan lingkungan kandang ternak kita, apakah sudah pas dan nyaman untuk lovebird? Bisa jadi kondisi lingkungan yang terlalu ramai akan mempengaruhi kuantitas tetasannya.

 Faktor utama penyebab telur lovebird tidak menetas adalah telur infertil atau kosong tidak ada embrionya. Tentu saja tidak menetas karena calon anakanya saja tidak ada.



Menangani sebab sebab diatas, langsung saja mari kita bahas bagaimana cara agar terlur lovebird menetas semua. 


Jika kondisi lingkungan kandang yang terlalu ramai, biasanya indukan betina akan merasa terganggu, dampak dari ini adalah sang betina jadi sering keluar glodok, nah suhu glodok jadi tidak teratur alhasil embrio tidak akan berkembang bahkan mati didalam telur. Jika mendapati hal ini pasti telur tidak akan menetas semua.

Telur tidak isi atau invertil, sebab utama adalah faktor pakan sebelum ia kawin tidak bisa memenuhi kebutuhan vitaminya. Sehingga kualitas reproduksinya akan menurun, dampak dari ini adalah telur tidak akan menetas semua bahkan jumlah produksi telur akan menurun. Solusinya, sediakan selalu jagung, kangkung, cangkang cumi untuk lovebird ketika mendekati masa kawin atau pasca meloloh anakan.

Baca juga : Kapan anakan lovebird bisa makan sendiri?

Selalu jaga kondisi birahi lovebird jantan, fatal apabila lovebird jantan mulai birahi, karena akan mengganggu sang betina ketika sedang mengerami telur, solusinya adalah jangan diberi kangkung pada saat mengerami telur.

Makanan terlalu lengkap, mengapa? karena lovebird saat mengerami tidak terlalu butuh makan, cukup beri milet putih saja dan jagung setiap 3hari sekali agar kondisi tetap prima. Pemberian pakan yang berlebih malah akan menambah birahinya dan tidak fokus mengerami telur.

Baca juga : Mengapa lovebird kawin tapi tidak bertelur

 Demikian tips dari kami agar telur lovebird bisa menetas semua, semoga bermanfaat dan share kepada rekan rekan semua agar sama sama bisa tahu caranya agar telur lovebird bisa menetas semua.

0 Response to "Cara agar telur lovebird bisa menetas semua"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Lagi Cari  Ring Murah & Bebas Tulis nama? Klik Disini Harga Mulai 2rb!!