Jamu Herbal alami untuk Kenari

KROKOT adalah tumbuhan liar yang banyak tumbuh di daerah tropis, oleh para petani krokot dianggap sebagai hama karena sering tumbuh subur bersama tanaman yang dibudidayakan. Yaitu disela-sela tanaman sayur-sayuran atau tanaman lainnya.

Krokot bisa digunakan untuk jamu dan multivitamin untuk kenari, kenari yang lesu dan macet bunyi sangat butuh krokot, krokot sangat membantu menyehatkan tubuh kenari. Namun oleh sebagian orang krokot bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat, Untuk perawatan kesehatan dan kecantikan.

Khasiat dan kegunaan krokot untuk kesehatan manusia diantaranya dapat mengobati diare akut, radang usus buntu, radang payudara, sesak nafas, dan masih banyak lagi penyakit lainnya yang dapat disembuhkan dengan daun krokot.

Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri dengan batang beruas-ruas, warna batang kecoklatan, daun berwarna hijau, berbentuk bulat pipih seperti telur, daun tebal berdaging. Seperti gambar dibawah.

Cara mendapatkannya cukup mudah, Anda dapat mencari disemak-semak, atau bisa menanamnya sendiri dipot bunga, dan perawatannya cukup disiram setiap hari dan diberi sedikit pupuk organik.

Kandungan Vitamin yang terdapat pada daun krokot adalah omega-3, kalsium, kalium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, asam linoleat, dan lain-lain.

Image result for krokot

Cara penyajiannya juga bervariasi ada yang rebus dijadikan sayuran, ada yang dijadikan sebagai lalapan, bahkan ada yang digunakan sebagai campuran cream untuk perawatan kecantikan wajah.

Selain sangat ampuh khasiatnya bagi manusia, Ternyata juga bermanfaat untuk burung peliharaan, Salah satunya untuk burung kenari.

Manfaat daun krokot untuk kenari:

Burung kenari yang sering dikasih daun krokot diyakini bisa mempunyai suara yang jernih, nafas yang panjang, dan mampu membuatnya rajin bunyi. Sehingga belakangan ini daun krokot banyak diburu oleh kenari mania untuk dijadikan sebagai makanan tambahan.
Cara pemberian yaitu daun krokot dicuci dan dibersihkan lalu ditaruh disela-sela jeruji kandang, atau sama seperti saat memberikan sawi.


Tapi selain pemberian krokot, untuk perawatan harian tetap harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, Seperti pemberian pakan yang berkualitas, pemberian pakan tambahan yaitu sayuran hijau, dan telur rebus, kebersihan kandang, pemandian dan penjemuran.

Itulah manfaat daun krokot untuk kenari, Intinya untuk mendapatkan hasil dan kualitas yang bagus tetap dibutuhkan adalah kesabaran dan ketelatenan, Selamat mencoba semoga bermanfaat.

0 Response to "Jamu Herbal alami untuk Kenari "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel