Perawatan Kacer mabung agar tetap Prima

Mabung adalah masa pergantian bulu lama dengan bulu baru yang terjadi pada semua burung, termasuk yang pasti dialami oleh burung kacer.

Pada masa mabung ini dibutuhkan perawatan yang tepat, Agar mendapatkan hasil/kualitas yang memuaskan setelah selesai mabung.

Karena jika perawatan kacer saat mabung tidak tepat dapat mengakibatkan kacer stress/macet bunyi bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Untuk perawatan kacer mabung ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan.

Image result for kacer mabung

kacer mabung
Cara merawat kacer mulai rontok (mabung)

- Apabila bulu-bulu halus mulai jatuh 3-4 helai, kacer terlihat gelisah, warna bulu kusam, Segera lakukan perawatan dengan cara menambah porsi extra fooding (EF) yang bertujuan agar semua bulunya ambrol sampai tuntas.

Karena EF sifatnya panas dan dipercaya dapat membantu mempercepat proses perontokan bulu, EF yang biasa diberikan lebih banyak saat kacer molting adalah kroto dan ulat hongkong.

Jika sudah satu minggu atau bulu-bulu panjang sudah banyak yang jatuh segera hentikan pemberian EF, Cukup berikan voer murni Karena bila pemberian EF terus berlanjut dikhawatirkan birahi naik dan burung terus berbunyi sehingga dapat mengganggu proses pertumbuhan bulu-bulu yang baru.

- Full kerodong harus dilakukan sejak kacer mulai rontok, Dimaksudkan agar burung tidak terganggu konsentrasinya saat rontok, Dan jauhkan dari suara burung-burung figter lainnya.

- Kandang tidak perlu setiap hari dibersihkan, cukup 3-5 hari sekali, Karena kotoran burung itu sendiri dapat menjadi alternatif untuk terapi guna mempercepat rontoknya bulu.

- Mandi dan penjemuran harus dihentikan sementara saat kacer rontok, Karena memandikan burung saat mabung bisa memperlambat proses perontokan dan penjemuran terkesan menyiksa, Agar mendapatkan udara segar cukup buka kerodong sekitar 10 menit saat mengganti makan dan minumnya. Setelah itu full kerodong lagi.

- Mastering/pemasteran dapat dilakukan saat masa mabung, Masa mabung adalah waktu terbaik untuk pemasteran, Karena burung tidak banyak bergerak/berbunyi sehingga materi bisa diserap secara keseluruhan.

Perawatan kacer seusai mabung (tumbuhnya bulu baru)

- Apabila masa mabung sudah tuntas maka langkah selanjutnya adalah perawatan untuk masa pemulihan, Burung sudah bisa diberikan makanan tambahan/EF, Sesuai dengan setingan/rawatan harian sebelum mabung,

- Lalu kebersihan kandang serta memandikan burung dapat kembali dilakukan setiap hari.

- Tetapi untuk penjemuran jangan langsung dilakukan hari itu, Anda harus menunggu keesokan harinya dan cara penjemurannya juga harus bertahap, Hari pertama bisa dijemur selama setengah jam, Hari kedua ditambah menjadi satu jam, Hari ketiga ditambah lagi dan seterusnya sambil menunggu bulu-bulu yang baru tumbuh menjadi kering.

- Jika bulu-bulunya sudah rapi/mengkilap dan burung sudah kembali fit, Anda bisa memulai setingan untuk lomba/kontes dan kacer sudah siap untuk ditest dilatberan.

Itulah pembahasan tentang tahap perawatan kacer mabung supaya mendapat hasil yang maksimal, Semoga bermanfaat dan menjadikan gacoan anda moncer dilapangan.

0 Response to "Perawatan Kacer mabung agar tetap Prima"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini