Mengapa lovebird kawin tapi tidak bertelur

Bertelurnya lovebird setelah sekian lama menjodohkan merupakan hal yang kita tunggu tunggu, Biasanya lovebird akan bertelur setelah 7 hari dari masa ia kawin. Namun ada beberapa kasus yang menghantui para peternak yaitu lovebird tidak kunjung bertelur setelah kawin. Nah pada kali ini pamankicau akan membahas permasalahan mengapa lovebird kawin tapi tidak bertelur. Mari simak artikel ini sampai selesai.



Sebelum anda bertanya "mengapa lovebird saya kawin tapi tidak kunjung bertelur?" Pastikan dulu jarak perkawinan antara masa mengeluarkan telurnya, sudah kami jelaskan bahwa lovebird akan bertelur sesudah 7 hari perkawinannya. Nah jika lovebird anda sudah 7 hari dari masa kawin tapi tidak kunjung bertelur, dapat dipastikan ada masalah yang terdapat pada lovebird anda.

Baca juga : Ciri ciri lovebird euwing

Langsung saja agar anda tidak penasaran mari kita bahas penyebab lovebird kawin tapi tidak kunjung bertelur walau sudah lewat 7 hari semenjak kawin.

Hal yang paling sering terjadi pada kasus ini adalah kurangnya asupan nutrisi yang diberikan pada saat sebelum ia kawin. Kekurangan nutrisi menjadi sebab utama karena kurang berkualitasnya organ reproduksi lovebird. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah memberi jagung dan kangkunh setiap hari secukupnya saja agar tidak basi. Namun walau sedikit harus diberikan setiap hari sampai ia mengerami telur.

Kedua adalah kurangnya protein dan mineral, produktivitas telur tidak maksimal jika kekurangan kedua vitamin ini. Bahkan jika bertelur, kualitas telurnya pun tidak bagus (sering tidak menetas atau kuwuk). Nah kalo mengatasi masalah ini, anda harus segera mengambil tindakan yang tepat yaitu beri ia asupan protein dan mineral yang cukup. Mudah saja, contohnya campur milet 1kg dengan 1sendok mineral feed ayam dan berikan cangkang cumi dalam kandang terbukti hasilnya sangat manjur.

Masalah yang ketiga adalah salah penjodohan, mengapa? karena lovebird akan bertelur jika keduanya berjenis kelamin jantan dan betina. Walau disebagian kasus ada betina dengan betina juga bisa bertelur (namun tidak menetas semua) karena tidak ada pembuahan yang terjadi di organ reproduksi. Salah penjodohan yang kami maksut adalah anda menyilangkan jantan dengan jantan, hasilnya bisa jodoh dan kawin namun tidak akan pernah bisa bertelur kecuali tuhan berkehendak lain.

Masalah yang keempat adalah, sang pemilik yang terlalu kepo dengan glodoknya. Bagaimana tidak, jika tiap hari glodoknya dibuka pasti lama lama lovebird anda akan merasa terganggu. Jika hal ini terjadi, biasanya lovebird akan berhenti kawin dan mogok produksi. Namun masalah ini hanya sebagian kecil saja, dan lebih baik jangan terlalu sering membuka glodok.

Nah sudah jelaskan mengapa lovebird anda kawin tapi tidak kunjung bertelur. Silahkan intropeksi indukan anda apakah termasuk seperti yang kami jelaskan diatas, kalo sudah silahkan terapkan solusi yang kami beri. Semoga sukses dan artikel ini bermanfaat.

0 Response to "Mengapa lovebird kawin tapi tidak bertelur "

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jual Ring Burung Bebas Custom Nama,Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini