Cara Seting Tunggal Lovebird Paud agar Ngekek tanpa jeda

Di bukanya kelas lovebird balibu atau lovebird paud di gantangan saat ini menjadi kebahagiaan sendiri bagi pecinta lovebird. Namun banyak yang belum paham bagaimana cara setting lovebird paud agar bisa ngekek tanpa jeda di arena lomba.

Nah pada postingan kali ini pamankicau akan membahas tentang cara seting tunggal atau non untulan (koloni) lovebird balibu/paud agar ngekek tanpa jeda di arena lomba.

Cara seting lovebird balibu/paud/baby sangat mudah jika kita telah mengetahui karakternya. Balibu/baby yang siap untuk digantangkan minimal sudah berumur 2,5 bulan. Pada umur ini lovebird balibu sudah mulai narik narik dan belajar ngekek.


Gantangan Lovebird balibu sangat unik dan menantang, ngekek 1 detik saja sudah dapat poin 15-20 atau bendera kuning. Kita harus sabar menghadapi kelakuan lovebird balibu. Sifatnya yang masih anak anak kadang juga mereka suka bermain saat digantangkan. Sifat kepo/penasaran lama kelamaan akan muncul pada umur kurang kebih 3 bulanan.

Sifat kepo biasanya ia ingin mengejar musuhnya, jika postingan kemarin saya sudah membahas tentang Mengatasi balibu mulai kepo kali ini kita akan kupas tuntas cara setting lovebird balibu/baby/paud.

Perlu diketahui bahwa Balibu merupakan lovebird anakan yang kadang sifat fighter atau latah nya belum keluar. Jadi kita harus sabar menangani lovebird ini.

Jangan sampai anda menyamakan perawatan lovebird balibu dengan lovebird dewasa. Karena dari segi umur, birahi sudah jelas beda.

Maka dari itu sebelum kita membahas tentang settingan lovebird balibu, alangkah baiknya kita bahas dulu pola perawatan hariannya.

Baca juga : Cara jitu membuat balibu ngekek panjang

Langsung saja mari kita bahas secara singkat tentang pola perawatan lovebird balibu sesuai dengan pengalaman saya dan pengalaman beberapa rekan lovebird mania di Jawa Tengah.

Perawatan Harian Lovebird Balibu : 

  • Pengembunan sebagian besar burung lovebird sangat suka dengan embun pagi. Manfaat dari pengembunan sangat baik dari segi kesehatan nafas hingga kesegaran batin lovebird tersebut. Pengembunan bisa dilakukan sehabis sholat subuh atau sekitar jam 5 pagi sampai jam 7 pagi.
  • Penjemuran sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran lovebird
  • Pengumbaran / koloni bermanfaat untuk melatih nafas dan menjaga ke stabilan birahi lovebird
  • Porsi mandi sesuaikan dengan kebiasaan/kesukaan gacoan kita. Mandi semprot atau mandi dalam cepuk.

Settingan Lomba : 
  • H-3 burung mulai di asingkan ( tidak melihatkan burung sejenis) agar langsung nembak saat melihat lawan di gantangan. Perawatan masih sama dengan pola rawatan harian.
  • H-2 burung full krodong, Embunkan, jemur cukup 15 menit dan dimandikan.
  • H-1 embun kan dan jemur 15 menit, angin anginkan 10menit. Kemudian full krodong lagi.
  • Mandi malam pada H-1 . Setelah mandi beri ia jagung/kangkung sesuai dengan kesukaannya.
  • Hari H cukup diembunkan saja.
  • Sampai di tempat gantangan buka krodong, kemudian biarkan ia mau narik-narik ngekek dan tutup krodong sampai giliran main tiba.
  • Pemberian EF (jagung atau kangkung) mulai pada H-1
Cukup sekian pengalaman cara seting tunggal lovebird paud yang saya bagikan. Semoga bermanfaat. Perlu diingat bahwa settingan terbaik akan terlihat setelah kita mengetahui karakternya. Baca artikel saya tentang lovebird yang lain siapa tau bermanfaat, atau follow saya agar mendapat artikel terbaru saya mengenai lovebird. 

2 Responses to "Cara Seting Tunggal Lovebird Paud agar Ngekek tanpa jeda"

  1. H-1 klw sudah di kasih oakan racik.an apa tetep pakai kangkung juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih buat mainan aja om, biar emosinya naik. Biasanya dimainin pas kurang beberapa menit naik

      Delete

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Lagi Cari  Ring Murah & Bebas Tulis nama? Klik Disini Harga Mulai 2rb!!