Cara Ampuh Mengatasi Lovebird Nyilet

Burung lovebird yang mati karena nyilet adalah kesalahan dari pemiliknya. Meski lovebird itu nyilet bisa saja di sebabkan oleh hal-hal lain, nyilet merupakan istilah yang menyatakan bahwa lovebird kurus tinggal tulang dan kulit karena kurangnya perawatan dari majikannya. Oleh karena itu kami akan memberi solusi bagi anda, yaitu cara ampuh mengatasi lovebird nyilet.



Beberapa ciri yang menandakan bahwa lovebird itu nyilet adalah terlihat kurus, dada membusung karena tulang, bulu terlihat rusak dan lemas, akibatnya lovebird anda bisa mati. Jika anda sebagai pemilik lovebird tidak  menginginkan burung kesayangan anda nyilet dan pada akhirnya mati maka ada baiknya perhatikan penyebab dan cara mengatasi lovebird nyilet yang baik dan benar.

Berikut di bawah ini adalah penyebab dan cara mengatasi lovebird nyilet:

Penyebab Lovebird Nyilet (kurus kering)

Kurangnya asupan makan
Ini menjadi masalah utama dari lovebird nyilet adalah kurangnya asupan makanan pada perutnya. Tidak hanya burung kenyang dengan karbohidrat yang tinggi akan tetapi juga harus memperhatikan asupan nutrisi lainnya untuk membuat burung menjadi terisi dan sehat serta terhindar dari berbagai macam penyakit.

Kurangnya perawatan
Perawatan menjadi salah satu hal penting karena lovebird bisa nyilet karena kurangnyya perawatan yang baik. Perawatan yang dimaksut adalah bagaimana anda memandikannya, menjemurnya dan lainnya.

Gondok
Penyakit ini tidak hanya terjadi di manusia akan tetapi penyakit ini bisa menyerang burung lovebird dan menjadi ancaman yang berbahaya baginya, jika tidak ada tindakannya untuk memyelamatkannya maka burung bisa menuju kematian karena penyakit tersebut.

Baca juga : Mengatasi Lovebird Nglemak

Cacingan
Penyakit cacingan yang menyerang manusia juga bisa menyerang burung salah satunya lovebird dan membuatnya kurus kering, gejala yang tampak adalah kurangnya nafsu makan dari burung tersebut.

Burung keracunan logam sangkar
Sangkar burung lovebird umumnya terbuat dari logam dan bisa mengakibatkan burung menjadi sakit dan akhirnya nyilet, keracunan ini kerap terjadi pada burung yang lemah.

Cara Mengatasi Lovebird Nyilet:

Pemberian obat cacing
Pemberian obat ini untuk burung yang terkena penyakit cacingan lakukan pemberian secara langsung dan jika bisa puasakan burung dari makanan dan beri air mineral saja karena obat cacing ini akan cepat larut dengan air mineral

Pemberian makanan dan minuman yang rutin
Pemberian makanan yang baik dan rutin akan membuat lovebird anda tidak merasa lapar dan haus. Jangan biarkan lovebird anda kelaparan dan akhirnya sampai nyilet.

Proses pemandian sampai penjemuran
Anda bisa mulai melakukan proses pengembunan selama 30 menit dari pukul 5 pagi, kemudian burung dimandikan dan proses penjemuran selama 1-2 jam sebelum jam 9 siang, proses ini bisa membersihkan kulit luar dan bulu-bulu lovebird bisa terhindar dari kutu.

Baca juga : Mencegah dan Mengatasi kaki ngangkang pada LB

Konsultasi masalah lovebird anda kepada ahlinya atau dokter hewan
Jika burung lovebird anda terbukti nyilet maka ada baiknya anda konsultasi dan bawa burung itu ke ahlinya agar bisa di periksa untuk mengatasi penyakit tersebut, karena jika di biarkan maka burung itu bisa burujung kematian.

Dan itulah mengenai penyebab dan cara mengatasi  love bird yang nyilet semoga artikel ini bisa membantu anda dan bisa membuat lovebird kesayangan anda sehat kembali.

0 Response to "Cara Ampuh Mengatasi Lovebird Nyilet "

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel