Cara Mengatasi Trotolan Murai Batu gagal mabung

Trotolan atau anakan Murai Batu akan mengalami proses mabung atau proses ganti bulu pada usia 7 bulan. Setelah masa mabung selesai Murai Batu akan berubah  bulu dewasa dan akan nampak gagah dan indah.



Namun semua berbanding terbalik jika trotolan murai batu gagal mabung. Nah pada kali ini kami akan membahas mengenai cara mengatasi trotolan murai batu gagal mabung.

Di alam liar atau di hutan proses mabung pada Murai Batu biasa terjadi ketika pergantian musim atau setengah tahun sekali pada daerah yang memiliki dua musim seperti Indonesia kita yang tercinta ini.

Penyebab utama trotol MB gagal mabung biasanya tidak mendapat asupan vitamin yang cukup dan perawatan harian yang kurang maksimal. Selain itu, stres juga menjadi faktor utama penyebab trotol MB gagal mabung.

Mengatasi Trotolan Murai Batu yang Sudah Terlanjur Gagal Mabung


Jika trotolan Murai Batu anda sudah terlanjur gagal mabung, bisa diatasi dengan perhatian ekstra dalam perawatan dan pemberian pakannya.

Voer memang wajib diberikan pada trotolan Murai Batu, namun anda harus menambah gizi pada trotolan Murai Batu dengan memberinya pakan tambahan berupa Jangkrik atau Ulat Hongkong rutin setiap pagi dan sore hari agar gizi pada trotolan mencukupi dan bisa mabung dengan lancer.

Hindarkan trotolan pada suara-suara burung lain apalagi pada Murai Batu lain agar trotolan tidak tergoda untuk bertarung dan cukup istirahat sehingga bisa mabung dengan sempurna.

Full EF agar proses mabungnya cepat, menurut para senior juga bisa diberi daun pandan pada alas bawah kandangnya.

Tips mencegah  gagal mabung pada trotolan MB anda.

Trotolan MB yang gagal mabung sebenarnya bisa dicegah sejak dini dengan cara perawatan yang maksimal dan konsisten dari umur 2 bulan sampai masuk masa mabung sekitar umur 5 bulan. Trotolan MB harus diberi pakan yang bergizi setiap hari sehingga bisa mencegah trotolan MB kita kekurangan nutrisi.

Pakan terbaik untuk trotol murai adalah jangkrik, UH, kroto sebagai makanan utama dan voer sebagai makanan cadangan. Namun voer harus selalu tersedia setiap hari untuk jaga-jaga jika sewaktu waktu ia lapar. Voer yang diberikan harus  memiliki gizi yang bagus.

Penempatan sangkar trotolan Murai Batu pun juga tidak boleh sembarangan. Jangan menaruh trotolan Murai Batu di dapur karena suhu dapur tidak menentu dan bisa menyebabkan trotolan Murai Batu menjadi setres dan gagal mabung.

 Sebaiknya tempatkan sangkar trotolan Murai Batu di depan rumah atau tempat tempat yang jauh dari keramaian. Hal ini disebabkan Murai Batu adalah model burung petarung sehingga jika didekatkan dengan Murai Batu lain atau di keramaian, trotolan Murai Batu tidak bisa beristirahat dengan tenang dan mudah setres.

0 Response to "Cara Mengatasi Trotolan Murai Batu gagal mabung"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jual Ring Burung Bebas Custom Nama,Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini