Mencegah Piyikan Lovebird Ngangkang

Selamat datang lagi di blog ini sobat lovebird mania. Lovebird dikenal dengan harga yang mahal dan keindahan bulunya. Namun akan jadi kurang menarik jika lovebird anda memiliki cacat badan. Para pencinta Lovebird pasti sering mendengar bahkan mengalami anakan Lovebird yang kakinya ngangkang atau sering disebut Splay Legs.



Kondisi Splay Legs atau kaki ngangkang pada piyikan/anakan LB dimana kondisi kaki nya ngakang dan tidak bisa berdiri. Hal ini jika tidak segera di atasi maka akan berdampak buruk pada anakan lovebird tersebut ketika ia sudah dewasa kelak.

Karena dapat dipastikan jika waktu masih anakan memiliki kelainan kaki ngangkang pasti dewasanya pun akan cacat. Alhasil lb yang ngangkang tadi tidak bisa makan, minum dan aktivitas normal lainnya.

Sebenarnya apa penyebab Splay Legs atau kaki ngangkang pada lovebird? Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain pada saat di dalam glodok kekurangan bahan sarang sehingga burung tersebut saat bergerak tidak mendapat tahanan pijakan, selain itu juga bisa karena terinjak oleh induknya sendiri.

Namun penyebab kaki ngangkang pada anakan lovebird saat kita handfeeding atau kita spet adalah kesalahan dalam memberi alas atau sarang. Bisa juga karena kita mencampurkan dengan anakan yang sudah besar dan beda selisih umur.

Cara Mencegah kaki ngangkang pada anakan lovebird


Jangan mencampurkan anakan yang beda selisih umur terlalu jauh, misalnya umur 2 minggu dengan umur 1 bulan. Untuk alas yang bagus saat HF  beri saja dasaran yang kasar namun tetap lembut, contohnya kaos engklek/singlet (biasanya berwarna putih) yang biasa dipakai untuk pria dan jangan lupa beri sarang diatas alas tersebut.

Tapi jika piyikan lovebird anda sudah terlanjur ngangkang, lebih baik anda baca tips singkat dibawah atau lebih detailnya silahkan anda Baca ini

Cara Mengatasi Piyikan LoveBird Ngangkang ( Splay Legs)
Dalam keadaan yang sekarang ini yaitu anakan lovebird yang ngakang, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mengambil dari indukan nya dan dirawat sendiri dengan cara memberi lolohan, istilah lolohan ini sendiri yaitu Hands Feeding.

Langkah-Langkah Penanganan :
Anda bisa mengikat kedua kaki anakan lovebird tersebut pada posisi normalnya selama 2 hari, anda bisa menggunakan bahan pengikat dari kain yang aman dan lembut. Tapi anda juga harus berhati-hati dalam mengikat kakinya agar tidak timbul cidera lainnya seperti kaki bengkok karena kaki piyik sangat rawan sekali tualngnya.

Jika sudah lebih dari 1 hari anda bisa melonggarkan ikatan kaki anakan burung lovebird tersebut biar agak sedikit kendor, tujuannya agar burung mulai bisa merasakan pergerakan sendiri.

Jika kaki Anakan burung lovebird tersebut sudah terlihat normal anda sudah bisa melepaskan ikatan pada kaki tersebut.

Jika anda sudah melukan hal di atas dengan benar insyaallah burung lovebird tersebut bisa terhindar dari kata cacat. Dan burung tersebut bisa berdiri sangat normal seperti burung lainnya.

Semoga artikel ini bisa membaru para Lovebird Lovers yang sedang mengalami kaki ngakang pada anakan lovebird nya atau Splay Legs. Terima Kasih.

0 Response to "Mencegah Piyikan Lovebird Ngangkang "

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel