Menghilangkan medang dengan cara alami dan aman

Semakin tua usia seekor burung yang dipelihara dalam sangkar alias bukan burung liar maka sisik kakinya akan semakin tebal. Semakin lama sisik pada kaki akan terus menumpuk atau sering disebut medang atau ndeker.


Sebenarnya kaki burung yang medang atau ndeker akan hilang secara alami. Namun untuk burung yang memakai ring tentu akan beresiko jika sisik atau medangnya semakin tebal. Ring tersebut akan semakin sempit dan menjepit kaki burung, pasti akan sangat menyiksa sekali.

Jika kita hanya diam saja tidak cepat bertindak maka kaki burung pasti akan sakit. Akibatnya burung menjadi malas bunyi karena merasa kesakitan dan lebih sering mematuki ring dikakinya.

Kalo sudah begitu ring tidak perlu dilepas, cukup beri tindakan agar ndeker pada kaki burung harus segera ditangani atau dilepas.

Kasus medang terbanyak adalah terjadi pada burung murai. Selain medang pada murai, kacer juga banyak yang mengalami kaki medang atau ndeker.

Saat melepas sisik kakinya sampai menyakiti burung, resikonya burung yang tadinya jinak bisa berubah menjadi giras karena merasa trauma dan bahkan ketakutan jika melihat kita.

Oleh karena itu diperlulan terapi khusus tanpa menyentuh si burung agar medang pada burung anda bisa teratasi dan tidak sampai burung stres.

Berikut ini beberapa cara untuk melepas sisik/deker pada kaki burung dengan mudah tanpa menyentuhnya.

Semprotkan minyak goreng pada kaki yang sudah ndeker atau medang, atau oleskan di alas sangkar (karpet). Nanti akan menyebar sendiri dan lama lama medang akan terkelupas.

Kekurungan dari cara ini adalah jika minyak terkena bulu, maka akan membekas. Namun santai aja kok lama lama bekas minyak akan hilang sendiri.

Cara aman kelupas medang pada kaki burung dengan cara dipegang.

  •  Menggunakan air hangat dicampur garam

  • Pegang burung dan rendam kakinya dengan air hangat yang telah dicampur garam secukupnya.
  • Setelah sisik kakinya terlihat agak melunak/lembek, baru dilepaskan secara perlahan dan hati-hati agar jaringan kulit yang sehat tidak ikut terkelupas.
  • Jika saat dicabut sisik kakinya masih terasa keras, sebaiknya kaki burung direndam lagi sampai sisik bisa dilepaskan/terkelupas dengan mudah.
  • Setelah sisik kakinya terlepas/terkelupas kemudian bersihkan sisik-sisik yang masih tersisa dan sisik-sisik pada jari-jarinya secara perlahan sampai benar-benar bersih.
  • Setelah sisik-sisik tuanya terlepas semua lalu bersihkan kaki burung dengan air bersih dan dilap sampai kering kemudian di olesi dengan minyak tawon.

 Menggunakan minyak tawon


  • Selain dengan cara di atas, sisik pada kaki burung yang medang bisa dilepaskan menggunakan minyak tawon. 
  • Caranya dengan mengoleskan minyak tawon pada kaki burung yang medang.

Tapi jika menggunakan cara ini sisik kaki burung yang medang tidak bisa langsung terlepas, karena harus di olesi beberapa kali dan biasanya dalam beberapa hari sisik kakinya akan terlepas dengan sendirinya, atau dilepas sendiri oleh burung dengan cara dipatuki karena sisik kakinya sudah rapuh akibat efek dari minyak tawon.

Selain sisik kakinya tidak bisa langsung terlepas, cara ini juga lebih berpotensi membuat burung menjadi stres karena harus ditangkap dan dipegang berkali-kali untuk megoleskan minyak tawon pada kakinya yang medang.

Setelah proses pelepasan sisik tersebut biasanya burung akan sedikit stres dan tidak mau berkicau selama beberapa hari.

Agar burung tidak stres berkepanjangan sebaiknya burung diberikan full Ekstra fooding (EF) dan disendirikan selama beberapa hari sampai kondisinya pulih dan kembali gacor.

Itulah cara ngelupas ndeker pada burung dengan aman, semoga bermanfaat bagi rekan rekan KM semuanya.

0 Response to "Menghilangkan medang dengan cara alami dan aman"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini