Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird tidak mau Kawin

Dalam beternak Lovebird (LB) sering kali kita jumpai permasalahan dimana kedua calon indukan Lovebird tidak juga melakukan perkawinan dengan pasangannya.

Banyak sekali faktor yang membuat lovebird tidak mau kawin atau susah kawin. Namun tenang saja, semua masalah pasti akan bisa kita atasi dengan sebuah tips dan kesabaran.


Untuk pasangan Lovebird (LB) yang masih berusia muda, masalah seperti itu lumrah terjadi karena Lovebird muda memang belum waktunya kawin atau belum birahi.

Beberapa faktor penyebab Lovebird (LB) tidak mau kawin:


• Untuk pasangan Lovebird (LB) yang masih berusia muda biasanya salah satu atau keduanya belum birahi.

• Pasangan Lovebird (LB) bisa saja terlihat berjodoh, karena tidak ada perilaku agresif (galak) yang dilakukan oleh keduanya. Tapi walaupun terlihat akur dan mesra namun tidak juga mau melakukan perkawinan. Jika hal ini yang terjadi dalam waktu yang cukup lama maka bisa disimpulkan kalau kedua Lovebird tersebut tidak berjodoh.

• Kadang kedua Lovebird (LB) terlihat akur, selalu berdampingan dan saling meloloh tapi tidak pernah melakukan perkawinan. Hal itu biasanya terjadi karena kedua Lovebird tersebut berjenis kelamin sama, karena walaupun sesama jenis tingkah laku Lovebird cenderung seperti jantan dan betina.

Tips agar pasangan Lovebird (LB) mau kawin:

Usia dewasa kelamin Lovebird (LB) yaitu pada usia 8-9 bulan. Pada usia tersebut Lovebird sudah memasuki masa kawin.
Tapi terkadang walaupun sudah memasuki usia dewasa kelamin, tapi kedua calon indukan tidak juga mau melakukan perkawinan. Hal itu bisa kita atasi dengan beberapa cara berikut ini:

• Berikan pakan yang bergizi berupa campuran biji-bijian seperti milet putih, milet merah, biji bunga matahari, canary seed, gambah merah, dan biji-bijian lainnya.

• Selain pakan berupa biji-bijian, Ekstra fooding (EF) seperti: jagung muda, kangkung, tauge, dan buah-buahan juga harus diberikan agar kondisi kesehatan Lovebird (LB) selalu terjaga dan cepat birahi.

• Saat proses perjodohan, berikan vitamin khusus breeding untuk memicu birahi calon indukan jantan dan betina agar cepat melakukan perkawinan.

• Pada saat masa perjodohan pertama kali berlangsung, sebaiknya kotak glodok jangan dimasukkan ke kandang ternak dulu sampai kedua calon indukan Lovebird (LB) terpantau sudah melakukan perkawinan.

• Bersihkan kandang ternak secara rutin setiap hari agar Lovebird (LB) merasa nyaman dan selalu sehat.

• Air minum harus diganti setiap hari dengan yang baru/bersih.

Ciri-ciri Lovebird (LB) yang sudah siap kawin:

• Kedua calon indukan Lovebird (harus jantan dan betina) akan selalu berdampingan dan saling meloloh.

• Jika kedua pasangan Lovebird (LB) terlihat sudah dekat/akur, coba pisahkan keduanya untuk beberapa saat kemudian pantau tingkah lakunya. Jika kedunya saling berkicau dan menabrak jeruji kandang berarti kedua Lovebird (LB) tersebut saling suka.

• Jika Lovebird (LB) jantan sudah siap kawin, biasanya akan sering meloloh pasangannya.

• Jika perilaku tersebut sudah terpantau sering dilakukanileh kedua calon indukan maka dalam beberapa hari kedua pasangan Lovebird tersebut akan melakukan perkawinan. Lovebird betina akan membuka sayap seperti pesawat terbang dan Lovebird jantan akan menaikinya untuk melakukan proses perkawinan.

Referensi : onkicau.blogspot.com


0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird tidak mau Kawin"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini