√ Ciri ciri Trotol (Anakan) Kolibri Ninja Jantan dan Betina

Belum pernah memiliki pengalaman dalam memilih anakan burung Kolibri ninja atau konin jantan yang masih berwarna hijau  / ijoan tentunya membuat anda kebingungan atau takut salah pilih.

Terlebih target anda mencari bakalan yang semuda mungkin agar lebih maksimal merawatnya , selain alasan tersebut ada juga alasan klasik yaitu harganya yang lebih murah karena memang untuk anakan burung kolibri yang sudah trotol tentunya harganya sudah lebih mahal.

Sebelum mengetahui cara mudah membedakan ciri ciri  anakan burung kolibri jantan, sebaiknya anda mengetahui dulu tips / cara memilih burung kolibri ninja yang baik, karena percuma saja jika bisa memilih anakan burung yang jantan tetapi sampai rumah tidak berumur panjang.

Cara Memilih Konin Trotol di Ombyokan

Usahakan memilih anakan burung kolibri sebelum jam 07.00 atau sebelum Matahari terbit, atau jam 16.30 dimana cuaca terlihat sudah teduh. Hal ini dimaksudkan untuk memantau kondisi burung yang benar benar sehat.

Jangan memilih burung ketika lagi dijemur karena untuk burung yang tidak fit ketika dijemur sekilas tampak sehat. sehingga untuk melihat burung yang kurang sehat agak susah.

Jika anda melakukan langkah diatas dengan memilih diwaktu yang teduh yang harus dilakukan selanjutnya adalah pilihlah burung yang aktif, gesit, dengan bulu yang terlihat rapat / kencang.

Dan untuk burung yang kurang sehat sering terlihat dengan ngembangin bulu / nyekutruk, bulu sayap turun, memejamkan mata, dll Memperhatikan fisik burung yang rapi, bersih, tidak cacat tubuh, tidak kurus / nyilet dan yang terpenting tidak ada luka luka ditubuh.

Gunakan mp3 untuk memancing respon anakan burung kolibri dengan suara terapi air atau suara burung kolibri, jika anda beruntung terkadang akan ada burung yang memperlihatkan respon dengan berbunyi pelan atau ngriwik bahkan mungkin ngobra.

Setelah tips / cara memilih diatas anda pahami selanjutnya memastikan memilih anakan burung kolibri yang jantan.

Dan untuk cara mudah membedakan jenis kelamin jantan, akan saya berikan satu contoh gambaran mudahnya untuk anda. dan cara ini juga biasa dipakai oleh pedagang dan para master / suhu burung Kolibri. berikut ini caranya :

Ciri Fisik Konin Trotol Jantan

Perhatikan warna orange yang berada dibawah tulang rahang menuju ke leher trotolan kolibri ninja.

Memiliki garis warna orange pekat dan dalam keadaan tertentu warna tersebut berbeda dengan warna bulu dada yang terkadang berwarna kuning.

Ciri Kolibri Trotol betina

Memiliki garis warna kuning muda dan dalam keadaan tertentu mengarah ke warna polos putih kekuningan atau tidak bergaris.

Jika anda tidak bisa menemukan perbedaan tersebut, saran saya tinggalkan lapaknya, carilah yang pasti pasti saja, atau bisa juga dengan memilih yang paling memiliki warna tersebut diatas yang paling pekat.

Dan jika masih memaksa untuk membawa pulang anakan burung kolibri hari itu juga maka pilihlah yang sudah ada trotolnya, dijamin pasti jantan, namun juga harus berhati hati dengan pedagang yang nakal, terkadang adapula pedagang yang menjual burung trotol namun hasil semiran.

Kesimpulan 

Sebagai tambahan pengetahuan jika anda benar benar berniat membeli anakan burung kolibri, usahakan jangan membungkusnya dengan kertas kelongsong untuk perjalanan yang lama, karena sangat membuat anakan burung kolibri menjadi stres berat. jadi bawalah kurungan kecil beserta kerodongnya untuk membawanya dalam perjalanan pulang nantinya.

Demikian tips / cara membedakan jenis kelamin anakan burung kolibri jantan, semogga bermanfaat.

Spesial dari : zonatipsindonesia.blogspot.com

1 thought on “√ Ciri ciri Trotol (Anakan) Kolibri Ninja Jantan dan Betina”

Leave a Comment