Penyebab dan Cara Mengatasi Muraibatu suka mengacak acak voer

Seringkali kita merasa jengkel karena tingkah laku muraibatu kita yaitu saat MB suka mencokeri atau mengacak ngacaki voernya. Kondisi sangkarpun jadi selalu kotor setiap hari karena bekas ceceran voer yang tumpah di dasar sangkar bahkan sampai lantai rumah kita.



Kondisi seperti inilah yang membuat istri kita jengkel karena lantainya selalu dikotori oleh ulah MB kesayangan kita. Pengalaman teman saya sampai muraibatunya dilepas oleh sang istri karena mengacak acak voer dan membuanginya pada saat ada kumpul keluarga dirumahnya, sangat disayangkan sekali kan.

Namun sobat pamankicau tenang saja tidak perlu khawatir jika anda mempunyai MB yang tingkah lakunya seperti itu, setiap ada masalah mengenai burung kicau, pamankicaulah solusinya.

Mari langsung saja kita bahas penyebab dan cara mengatasi murai yang suka mencokeri dan mengacak acak voer atau makanannya. Lebih baiknya kita bahas dulu apa sih penyebabnya kok murai kita suka mengacak acak voernya.

Penyebab Muraibatu suka mencokeri voernya.


1. Kondisi birahi muraibatu yang sangat tinggi atau biasa disebut OB. Hal inilah menjadi salah satu penyebab MB suka mencokeri voernya.

2.  Mencari sisa sisa EF. Nah biasanya saat MB lapar akan mencari EF terlebih dahulu, kebetulan pas dia lapar tapi tidak ada EF akhirnya ia mencari cari dan mengacak acak voernya untuk mencari EF yang dia sukai.

3. Tidak suka dengan voer yang kita berikan. Terkadang kita suka mengganti voer tanpa kita memandang apakah voer tersebut disukai oleh MB kita, kebiasaan suka mengganti voer inilah yang membuat MB sering kaget sehingga ia merasa tidak cocok dengan voer yang kita beri. Dengan cara mengacak acak pakan inilah si muraibatu memberi isyarat kepada kita bahwa voer yang diberikan tidak ia sukai.

Mengatasi Muraibatu yang suka mengacak acak voer nya


1. Jika penyebabnya karena kondisi birahi yang tinggi maka solusinya adalah dengan terapi rutin mandi dan rutin embun. Lebih bagus lagi diumbar sambil diembunkan sehingga nafasnya pun jadi bagus.

2. Jika kita sudah memastikan bahwa MB kita mengacak acak makanan karena mencari cari EF biasakanlah meletakkan EF dicepuk EF sendiri dan jangan dicampur dengan voer, dengan begitu mb tidak akan mencari cari lagi di cepuk khusus voer.

3. Jika penyebabnya karena tidak suka dengan voer yang kita berikan saat ini segeralah tanya kepada pemilik lama, voer apakah yang dulu diberikan saat masih bersamanya.

Sekian dari kami dan tips ini berlaku untuk segala jenis burung kicau yang memakan voer, jangan lupa selalu dukung kami dengan cara share kepada rekan rekan semua agar dapat berbagi manfaat. Salam kicaumania


4 Responses to "Penyebab dan Cara Mengatasi Muraibatu suka mengacak acak voer"

  1. MB saya dulu saya kasih voer merk top song dan tdk ada masalah...kmd sy coba kasih voer super vit, yg tjd adalah MB sy jd tdk mau makan kroto dan voer top song nya..kmd sy hentikan supervit nya dan kembali hanya top song...sekarang kroto mau tp voer nya sll diacak"... Bgmn solusi nya..? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih vornya jangan penuh om, tetep kembalikan ke vor lama. Sementara ef ditambah dulu

      Delete
  2. Cara mengganti Voer warna hijau ke warna coklat gmn ya om?awalnya pakai fancy hijau,aq mau ganti Voer evolution yg coklat(krna adanya wrna coklat),murai soalnya lg ciak bulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicampur dengan voer baru om, sedikit demi sedikit, hari pertama sampai h-3 90:10 dan tambahkan voer baru secara bertahap

      Delete

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jual Ring Burung Bebas Custom Nama,Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini