9 Cara Jitu untuk Mengatasi Muraibatu Nebok atau Ngeban

Muraibatu nebok atau ngeban seringkali terjadi pada saat perlombaan berlangsung. Nebok atau ngeban membuat berkurangnya nilai pada muraibatu bahkan sampai diskualifikasi walaupun muraibatu kita bervariasi bongkar isian.

Pada pakem penilaian tertentu, muraibatu nebok atau ngeban tidak mendapat diskualifikasi jika tidak nebok dari 2x. Misalnya pada pakem penilaian BnR, Ronggolawe, Radjawali Indonesia nebok tidak menjadi masalah besar jika kurang dari 3x.



Namun ada juga pakem penilaian yang langsung mendiskualifikasi jika gacoan MB kita nebok, misalnya Lindu Aji BC Semarang. Nah pasti kita sangat jengkel sekali apabila MB kita sudah bongkar isian sampai muntah muntah materi namun ia nebok atau ngeban pada saat menjelang akhir perlombaan.

Kejadian seperti itu sering sekali terjadi pada salah satu narasumber kami saat ini yaitu Mr. Jumanto. "Backed selalu bongkar isian rol tembak bahkan tidak ada suara ngukluknya sama sekali, tapi pada saat menjelang akhir perlombaan justru ia malah nebok, sangat kecewa sekali rasanya padahal sudah jelas mau A1 dan juri pun tertawa karena materi yang melimpah namun kena dis karena nebok" kata Mr. Jumanto pada saat even cup di Jawa Tengah.

Baca juga : Mengatasi Suara Monoton pada Mb

Penyebab umum MB suka ngeban atau nebok adalah karakter bawaan yang susah untuk dihilangkan, namun santai saja kita bisa mengurangi atau melatihnya agar kebiasaan itu tidak dilakukan lagi. Selain karakter bawaan, kondisi Mb yang sedang OB juga bisa menyebabkan nebok saat bertarung.

Nah jika anda mengalami hal serupa yaitu muraibatu suka nebok atau ngeban langsung saja mari kita bahas secara lengkap dan rinci apasih cara yang harus dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan nebok atau ngeban ini.

9 Tips mengatasi nebok pada MuraiBatu


1. Berikan bola kecil warna warni pada bagian bawah sangkar

Pemberian bola warna ini sangat efektif untuk menghilangkan kebisaan nebok pada muraibatu, tips ini sudah banyak dipakai oleh para pecinta MB yang gacoannya suka nebok.

2. Berikan karet pantil pada dasar sangkar

Karet pantil yang disusun pada bagian bawah terbukti sangat efekif mengatasi muraibatu yang ngeban. Mb jadi enggan turun karena merasa tidak nyaman untuk menginjak karet pantil.

3. Berikan es batu kecil kecil di atas karpet 

Air yang dingin sangat tidak disukai muraibatu apalagi saat ia bertarung, jika dibawahnya ada esbatu yang mencair sedikit demi sedikit maka ia pasti enggan untuk nebok.

Es kristal untuk murai ngeban


Baca juga : Cara biar MB bongkar isian


4. Beri rumput sintetis pada alas sangkar

Rumput sintetis ternyata juga bisa mencegah murai untuk nebok loh, caranya berikan saja dibawah untuk pengganti alas karpet.

Rumput sintetis untuk mengatasi murai nebok


5. Usap karpet dengan lilin

Caranya usap alas karpet dengan lilin, anggap saja anda sedang menggambar sesuatu, nah jika sudah merata lalu semprot sedikit air dengan menggunakan semprotan biasa. Dengan cara ini akan terbentuk sebuah gumpalan-gumpalan air dikarpet sangkar anda.

6. Pasang double tip

Cara ini sebenarnya agak sedikit ekstrim karena jika murai anda nebok akan terasa lengket, namun pakai saja dobel tip yang kecil agar kelengketannya tidak terlalu keras sehingga aman untuk bulu ekor MB anda.

7. Ganti Tangkringan

Kadang pangkringan yang tidak pas akan membuat si murai ini tidak nyaman, sehingga saat bertarung alias saat sedang ngotot ia tidak nyaman di posisinya sehingga mencari cari posisi lain salah satunya ngeban. Gantilah dengan tangkringan yang cocok sesuai dengan ukuran kaki dan tidak terbuat dari bahan yang terlalu kasar. Atau semprot tangkringan sebelum main agar tangkringan terasa dingin dan nyaman saat ia bertarung.

8. Beri sampho pada alas karpet

Sampho akan memberikan efek licin jika di injak oleh si MB. Oleh karena itu, ia pasti akan merasa tidak nyaman dan mulai terbiasa untuk tidak turun di dasar sangkar atau nebok lagi.

9. Berikan air seperti bak mandi pada tebok

Cara ini adalah cara yang paling manjur untuk mengatasi murai nebok, cara pemakaiannya adalah lepas jeruji tebok dan selanjutnya isi tebok dengan air kira-kira 1cm saja. Pastikan dulu tebok anda kuat dan tidak bocor saat di isi oleh air. Pengalaman kami tebok bermerk yang beredar dipasaran sudah cukup kuat untuk diberi air.

Itulah Cara jitu yang sangat ampuh untuk mengatasi muraibatu yang nebok atau ngeban. Cara diatas sudah terbukti manjur dan sudah digunakan oleh teman teman pemain muraibatu di jawa tengah. Semoga dengan tips diatas gacoan Mb anda sudah tidak nebok lagi saat dilombakan. Jika masih bingung silahkan tanya saja di kolom komentar dibawah.

0 Response to "9 Cara Jitu untuk Mengatasi Muraibatu Nebok atau Ngeban"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel