Merawat Burung Puyuh agar Gacor dan siap Lomba

Burung puyuh mempunyai suara yang khas bahkan tidak bisa ditirukan oleh burung lain. Kicau yang khas ini menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar burung puyuh di tanah air.



Karena banyak yang memelihara burung puyuh ini, kami akan memberikan tips yang barangkali bermanfaat untuk para pecinta puyuh. Mari kita bahas merawat puyuh agar gacor saat dilombakan.

Merawat burung puyuh agar rajin bunyi tidak terlalu repot kok, kita hanya perlu konsisten saja dalam perawatan hariannya. Oke langsung saja mari kita bahas tips untuk membuat burung puyuh menjadi gacor dan siap untuk lomba.

Ciri ciri burung puyuh yang bagus siap untuk lomba


Yang pertama adalah pilihlah puyuh jenis lokal, karena puyuh lokal cenderung gesit dan lantang saat ngoceh. Puyuh jumbo juga lantang namun soal tenaga masih kalah sama puyuh lokal. Berhubung penilaian hanya durasi bunyi saja, maka kami sarankan pilih gacoan puyuh lokal saja.

2. Pilih burung puyuh yang terlihat agresif dan  suka mendongakan kepala karena tipe puyuh seperti ini adalah tipe puyuh yang mudah gacor di dalam sangkar.


Cara merawat puyuh agar gacor siap lomba


1. Pada pagi hari puyuh di embunkan dan dijemur mulai pukul 06.00 sampai dengan 07.00 saja. Disaat inilah panas matahari terbaik pada burung karena pro vitamin D nya sangat baik untuk kesehatan burung maupun puyuh.


2. Umbar puyuh dengan cara mengumbar seperti ayam, biarkan ia mandi tanah maupun lari lari sepuasnya biar puyuh merasa nyaman.


3. Ransum atau porsi makan puyuh harus diatur, pada umumnya puyuh memerlukan makanan rata-rata 20gr per hari, porsi makan harus disuguhkan 3kali dalam sehari, pagi sekitar pukul 7:00 suguhkan pakan pada burung, pukul 8:00 sisa pakan diambil, selanjutnya pukul 12:00 dan terakhir pukul 17:00, diperlakukan dengan cara yang sama,setelah satu jam pakan diambil hanya minum aja yang tetap harus ada. tujuan makanan(sisa makanan )diambil supaya burung tetap ada nafsu makan, menghindari kegemukan dan menjaga pola makan burung menjadi teratur.  perbanyak makan alami seperti beberapa jenis bijian, bisa getem,milet atau kenari set, untuk makannan jadi bisa menggunakan makanan burung berkicau yang berkwalitas.




4. Beri tambahan protein dengan cara memberikan protein hewani berupa ulet, jangkrik dan sebagainya, tapi jangan terlalu banyak menggunakan ulet hongkong karena kurang baik untuk si puyuh, menurut pengalaman kami protein terbaik adalah dengan memberikan ukat kandang (ulet balap) Karena ulet balap dipercaya membuat burung cepat gacor dan tidak berpengaruh pada burung, ciri-ciri ulet kandang mirip dengan ulet hongkong tapi lebih kecil dan jalannya lebih cepat.
Cuma sayang masih jarang peternak ulet kandang dilombok sepengetahuan kami yang menjual ulet kandang di seputaran mataram hanya ada dua tempat, satu penjual makanan burung disekitar jl swakarya kekalik, yang kedua penjual burung diseputaran bendega tanjung karang.

Itulah sedikit cara untuk membuat puyuh menjadi gacor dan siap untuk dilombakan. Sangat mudah untuk membuat puyuh menjadi gacor, setidaknya 1 bulan kita sudah bisa mencetak gacoan puyuh jadi gacor. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Merawat Burung Puyuh agar Gacor dan siap Lomba"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel