Cara Ampuh Mengatasi Paruh Gajah pada Lovebird

Paruh gajah pada lovebird merupakan masalah yang sering dialami para peternak. Paruh gajah atau biasa disebut nggajah adalah dimana kondisi paruh lovebird yang tidak normal atau panjang seperti belalai gajah.

Masalah paruh gajah ini sudah tidak asing lagi bagi peternak lovebird, bahkan 1 dari 30 ekor lovebird mengalami kelainan paruh gajah. Oleh karena itu faktor makanan saat sedang meloloh sangat perlu diperhatikan agar mengurangi resiko timbulnya paruh gajah.

Lovebird paruh gajah


Apasih penyebab lovebird bisa terkena kelainan paruh gajah atau nggajah ini?  Agar anda lebih tau dan paham mengenai lovebird paruh gajah alangkah baiknya kita membahas dulu penyebab terjadinya paruh gajah pada lovebird.

Lovebird paruh normal


Penyebab paruh gajah pada lovebird


Penyebab utamanya adalah kurangnya asupan nutrisi, vitamin, dan mineral khususnya kalsium yang diberikan saat indukan lovebird meloloh. Sehingga jika tidak tersedia nutrisi yang baik maka dampaknya akan langsung pada anakannya karena makanan utama cindilan adalah dari indukannya.

Untuk mengatasi hal ini anda harus mencegah terjadinya paruh gajah sejak dalam masa indukan meloloh. Caranya cukup simpel saja, yaitu sediakan pakan yang cukup dengan kandungan nutrisi yang tinggi, seperti mencampur milet dengan canary seed, memberikan jagung dan kangkung setiap hari, memberikan tulang cumi dan selalu mengganti air setiap pagi dan sore agar selalu bersih.

Baca juga : Cara mengatasi lovebird nglemak

Terus bagaimana jika lovebird kita sudah terlanjur terkena paruh gajah? Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi paruh gajah, mulai dari cara alami hingga cara yang tergolong ekstrim. Namun pamankicau akan membahas cara mengatasi paruh gajah dengan cara yang alami, agar lovebird tidak merasa tersakiti dan merasa tersiksa dengan terapi kita.

Cara mengatasi paruh gajah pada lovebird secara alami


Berikan tulang cumi

Berikan tulang cumi yang sudah kering sebagi sumber kalsium dan sebagai sara gigitannya agar tulang paruh lovebird menjadi kuat.

Beri Kayu gigitan yang empuk

Setelah diberikan tulang cumi pada sangkar lovebird, selanjutnya sediakan kayu yang empuk sebagi mainan gigitan agar paruh kembali runcing dan tajam sehingga paruh kembali normal seperti semula.

Baca juga : Mengatasi lovebird nyilet

Berikan EF setiap hari

Lovebird paruh gajah sangat membutuhkan asupan nutrisi yang tinggi, berikan jagung setiap hari dengan porsi yang sedikit saja. Selain itu campur milet dengan canary seet agar kandungan biji bijiannya lengkap sehingga nutrisinya terpenuhi.

Sabar menunggu proses pemulihan

Jika terapi alami diatas sudah anda lakukan setiap hari maka anda tinggal menunggu hasilnya saja, hasil dari terapi alami ini biasanya memakan waktu cukup lama, kurang lebih 2-3 bulan lamanya. Walaupun dengan waktu yang lama sampai benar benar normal kembali namun setidaknya kita memberikan perawatan yang benar dan tidak menyiksa lovebird paruh gajah.

Itulah tips mengatasi lovebird paruh gajah secara alami dari kami dan semoga bermanfaat untuk para peternak maupun para pecinta lovebird tanah air.

0 Response to "Cara Ampuh Mengatasi Paruh Gajah pada Lovebird"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jual Ring Burung Bebas Custom Nama,Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini