Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Bertelur diluar glodok

Ada banyak kasus yang dialami ketika kita beternak lovebird dirumah. Salah satunya adalah lovebird bertelur diluar gldok, hal ini sangat membuat kita khawatir jika telur lovebird kita nantinya tidak menetas dan bisa saja pecah. Nah apa sih penyebab lovebird bertelur diluar glodok?



Penyebab lovebird bertelur diluar glodok ternyata banyak sekali, biasanya yang sering terjadi adalah banyaknya gangguan yang ada di dalam glodok. Gangguan didalam glodok yang menyebabkan lovebird tidak mau bertelur di dalam glodok adalah adanya cicak, kutu, atau serangga serangga kecil lainnya.

Baca juga : Mengatasi paruh gajah pada lovebird

Serangga kecil yang sering mengganggu didalam glodok biasanya adalah kutu dan semut, maka untuk menghindari gangguan dari serangga tersebut adalah selalu jaga kebersihan glodok. Selalu ganti sarang setelah  panen anakan, dan berikan oli atau air di kaki kaki sangkar agar tidak dikeroyok semut.

Nah jika sudah paham mengenai penyebab lovebird bertelur di luar glodok langsung saja kita bahas cara mengatasi lovebird yang tidak mau bertelur didalam glodok.

Cara mengatasi lovebird yang bertelur diluar glodok


1. Cek kondisi glodok

Jika glodok bersih tidak ada kutu maupun serangga lainnya langsung saja pindahkan telur lovebird yang diluar dan masukan saja ke dalam glodok.

2. Bersihkan glodok jika kotor

Jika kondisi glodok yang kotor, lembab maupun banyak kutu langsung segera cuci glodok atau ganti dengan glodok cadangan biar cepat, kemudian keringkan agar tidak menjamur, jika sudah kering maka langsung saja berikan sarang secukupnya.

3. Pindahkan posisi kandang

Pindahkan kandang ternak yang suasananya nyaman alias tidak terdapat gangguan dari anak anak, kucing maupun tikus. Seringkali gangguan ini yang menyebabkan indukan kita jadi stres dan gagal produksi. Nah langsung saja mari kita hindari sebelum terlambat.

Itulah penyebab dan cara mengatasi lovebird yang suka bertelur diluar glodok. Jika sampai 2-3x periode bertelur dan lovebird anda masih tidak mau bertelur didalam glodok segera ganti dengan metode ternak koloni dan jika tidak berhasil juga segera jual saja ganti dengan indukan baru, karena bisa jadi itu merupakan sebuah karakter yang tidak bisa kita hindari.


0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Bertelur diluar glodok"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel