Inilah Sebab Kenapa Telur Lovebird Tidak Menetas!

Jika anda peternak lovebird pasti pernah bahkan sering mengalami telur lovebird yang tidak menetas atau gagal menetas.

Kejadian ini membuat kita pusing dan sangat kecewa sekali penantian selama 3 minggu malah telur lovebird kita tidak menetas.

Penyebab telur lovebird tidak menetas


Ternyata sangat banyak peternak lovebird yang mengeluh karena telur lovebird mereka banyak yang tidak menetas.

Banyak sekali faktor yang membuat telur lovebird tidak menetas.  Nah pada kali ini yuk mari kita bahas penyebab dan solusi untuk mengatasi telur lovebird tidak menetas.

Berikut adalah penyebab utama kenapa telur lovebird gagal menetas versi pamankicau!

Telur lovebird tidak isi atau fertil egg

Syarat utama telur menetas adalah harus ada embrio didalam telur tersebut, embrio asalah bakal calon anakan yang akan berkembang sampai ia berhasil menetas.

Nah kalo embrionya aja gak ada kan sama aja boong telurnya kosong jadi gak netas kan. Untuk lengkapnya mengenai fertil egg atau telur tidak isi silahkan baca

Terdapat gangguan saat pengeraman telur

Yang kedua ini juga sering terjadi loh sobat, banyak sekali macam macam gangguan yang terjadi saat indukan betina sedang mengerami. Beberapa gangguan yang sering terjadi adalah godaan dari pejantan sendiri.

Baca juga : Lovebird anda bertelur diluar glodok? Ini solusinya

Pejantan yang sedang OB biasanya akan merayu rayu betina, jadi si jantan akan mengganggu terus tidak peduli kalo istrinya lagi ngerami telur.

Gangguan cicak saat lovebird mengerami telur
Cicak juga sangat mengganggu proses pengeraman


Sering di tengoki oleh sang majikan

Banyak sekali para peternak yang kepo dengan telur lovebird ternakannya. Sudah netes belum ya pasti pikiranya selalu terbayang bayang seperti itu ketika kita baru awam beternak.

Saya dulu pun juga seperti itu pada saat baru punya indukan dan rasanya senang sekali saat lovebird kita sudah menetas, sehingga kita selalu menengok glodok untuk mencari tahu info dalam glodok.

Nah untuk mengatasi hal ini cukup catat saja tanggal pengeramannya, kalo sudah 21 hari baru kita tengok. Cukup 2-3x saja jika kita mau menengok sebelum 21 hari ya.

Kondisi cuaca terlalu panas

Banyak kasus gagal menetas karena mati di dalam telur, salah satu penyebabnya adalah kondisi cuaca yang tidak mendukung alias cuaca sangat panas.

Biasanya saat panas didalam glodok melebihi batas, maka indukan betina akan tahu dan ia segera mandi dan berbegas untuk mengerami agar suhu saat pengeraman berlangsung tetap terjaga. Hal ini murni alamiah dari feeling seorang indukan.

Tips dari kami jika sinar matahari yang sangat menyengat, siramlah genteng rumah anda dengan air. Jika anda menggunakan kandang koloni, semprot dinding dinding kandang agar kelembapan tetap terjaga.

Selanjutnya adalah karena indukan betina tidak mau mengerami telurnya.
Banyak juga nih kasus seperti ini sehingga telur tidak menetas alias zonk.

Penyebab indukan betina tidak mau mengerami biasanya adalah glodok yang terlalu kotor sehingga banyak ulat kandang, banyak kutunya dan guram yang biasanya sangat mengganggu lovebird saat mengerami telur.

Kutu membuat lb malas mengerami telur


Dari gangguan tersebut munculah sifat malas untuk mengerami telur dan akhirnya sang betina tidak mau mengerami telurnya lagi.

Baca juga : Lovebird kawin tapi tidak kunjung bertelur? Baca ini

Solusinya adalah gantilah sarang setiap mau memasuki masa kawin lagi. Atau setelah anda panen anakan, segera cuci glodok dan berikan sarang yang baru agar lovebird merasa nyaman.

Itulah penyebab utama telur lovebird tidak menetas yang sering di alami oleh para peternak. Semoga anda bisa lebih paham mengenai permasalahan ini.

Dan semoga anda bisa mengatasi dan meminimalisir kejadian yang sama setelah membaca artikel dari saya ini. Semoga bermanfaat, Terimakasih salam sukses selalu bagi para peternak lovebird.

0 Response to "Inilah Sebab Kenapa Telur Lovebird Tidak Menetas! "

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini