Bongkar Perawatan Lovebird agar Ngekek Panjang dirumah & di lapangan

Banyak para pemain lovebird ngekek yang masih bingung mengenai perawatan lovebird agar bisa ngekek panjang baik dirumah maupun saat di arena lomba.

Perawatan lovebird ngekek


Kenapa sih cuma perawatan lovebird biar ngekek panjang dan stabil aja kok bisa buat bingung? Nah analisa kami mereka bingung mengenai perawatan harian lovebird karena banyaknya trik dan tips yang di share melalui facebook dan google.

Tenang saja sobat jangan terlalu dipikir pada kali ini kami akan berikan sebuah tips yang sangat mantul untuk merawat lovebird agar ngekek panjang di gantangan maupun ngekek panjang dirumah.

Perawatan harian lovebird agar ngekek panjang.


1. Lakukan pengembunan yang rutin

Sudah kami bahas pada semua artikel yang ada di blog pamankicau.com ini, bahwa lovebird sangat membutuhkan embun pagi.

Embun pagi sangat bagus untuk lovebird dewasa maupun lovebird paud. Saya pernah sukses mengembalikan durasi lovebird yang rusak dengan cara pengembunan secara rutin setiap pagi.

Bagaimana cara melakukan terapi pengembunan yang baik dan benar agar lovebird kita bisa ngekek panjang?

Untuk melakukan pengembunan anda harus bangun pagi setiap subuh, tepatnya pada jam 04.00 WIB. Keluarkanlah lovebird anda di teras rumah dan sediakan jagung ya kalo dia lapar agar bisa nyemil.

Pengembunan dilakukan sampai jam 6 pagi saja ya, kira-kira matahari sudah nongol itu sudah cukup untuk  mendapatkan embun pagi.

2. Penjemuran yang tidak terlalu lama.

Jangan terlalu lama menjemur lovebird, selain tidak bagus bagi kesehatan bulunya, ternyata juga tidak bagus efeknya jika ingin kita seting untuk lomba.

Jemur 30 menit saja dari jam 6.30 sampai dengan pukul 07.00 saja. Fungsi penjemuran ini hanya sebagai penghangat dan bukan sebagai pelatihan olah nafasnya.

Selain sebagai penghangat, vitamin D sinar matahari pagi juga bisa membuat lovebird menjadi vit dan bugar, sehingga mood untuk ngekek panjang muncul.

3. Cara pemandian lovebird

Cara untuk mandi jangan disemprot ya, sediakan cepuk untuk mandi saat setelah dijemur. Sesudah dijemur, lovebird biasanya akan merasa panas, dan jika melihat air maka akan segera mandi.

Fungsi dari tata cara mandi seperti ini adalah sebagai penyetabil birahi secara alami. Birahi lovebird stabil maka ngekeknya juga akan semakin panjang.

4. Pemberian Ekstra Fooding atau EF

EF sebenarnya adalah makanan utama lovebird di alam liar, biasanya lovebird akan mencari jagung selain milet. Jagung sangat disukai lovebird, maka dari itu berikanlah jagung setiap hari agar lovebird anda merasa senang di dalam kandang.

Pemberian jagung jangan over alias jangan terlalu berlebihan, berikan ketebalan 1cm saja setiap hari sudah cukup untuk memenuhi nutrisi lovebird anda.

5. Selalu jaga kebersihan kandang

Kebersihan kandang juga berpengaruh dengan kondisi kesehatan lovebird, maka dari itu selalu bersihkan sangkar lovebird setiap hari. Selalu ganti air minum setiap pagi agar minumannya tetap fresh saat di minum lovebird.

Untuk minuman berikan air galon saja ya agar lebih higienis. Saran kami jangan air rebusan karena kandungan mineralnya sudah banyak yang hilang karena air sudah mendidih. Air kran juga tidak masalah jika airnya tidak terkontaminasi dengan sabun dan lain lain.

6. Pengerodongan

Bagi anda yang mempunyai lovebird tipe fighter atau mempunyai banyak lovebird dirumah lebih baik di krodong saja ya.

Karena lovebird tipe fighter harus asing dari lingkungan lovebird agar langsung top cer saat digantangan.

Bagi anda yang menggunakan perawatan  sistem koloni lebih baik jangan dikrodong saja. Biar bisa santai didis bersama pasangannya. Karena lovebird  sistem koloni biasanya akan cuek dengan lingkungan sekitar. Jadi tidak perlu di krodong setiap harinya.

Diatas adalah perawatan harian agar lovebird bisa ngekek panjang, nah terus apakah ada perawatan khusus biar lovebird jadi ngekek panjang? Pastinya ada dong! Yuk mari langsung kita bahas perawatan khusus biar lovebird ngekek panjang.

Perawatan khusus biar lovebird ngekek panjang dan konslet


1. Dengan metode sistem setingan koloni

Tidak asing lagi sistem koloni atau untulan sudah terbukti membuat lovebird kita sangat mudah untuk kita seting dan ngekeknya menjadi semakin panjang bahkan bisa konslet.

Kisah sukses lovebird sistem koloni adalah lovebird awe we dan masih banyak lagi lovebird dengan setingan koloni di sini. Nah gimana sih cara perawatan lovebird koloni yang benar biar bisa ngekek panjang dan juara?

Untuk perawatan sistem koloni sudah kita bahas lengkap pada artikel saya kemarin, bagi anda yang belum baca silahkan klik Disini

2. Dengan menggunakan glodok bambu

Glodok bambu mengungkap fakta dan terbukti membuat lovebird menjadi ngekek panjang. Banyak cerita di grup bahwa lovebirdnya semakin panjang ngekeknya saat menggunakan glodok bambu selama seminggu. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca Cara Seting LB pakai glodok bambu

3.Menggunakan Jamu tradisional

Jamu tradisonal seperti jahe dan kencur juga bisa membuat lovebird menjadi ngekek panjang. Sama seperti manusia jika diberi jamu maka tubuhnya akan sehat sehingga kita mudah untuk beraktifitas.

Agar lb ngekek panjang
Rempah rempah untuk lovebird

Banyak teman saya yang memakai jahe dan kencur, baik diminumkan ke lovebird maupun dengan cara mencampurkan melalui milet hariannya.

Pertamanya saya kaget saat liat lovebird dirumahnya kok gak ada yang ngekeknya pendek, minimal 50 detik jika saya hitung pake stop watch. Nah saya jadi penasaran gimana sih cara merawatnya kok bisa panjang seperti itu ngekeknya.

Akhirnya dia pun membongkar rahasianya, yaitu dengan menggunakan kencur dan jahe. Untuk lebih jelasnya anda bisa baca di artikel saya sebelumnya atau mudahnya anda bisa baca Disini

4. Menggunakan pakan racikan khusus

Banyak sekali pakan racikan lovebird yang beredar di pasaran, baik pasar online maupun pasar burung. Banyak dari mereka yang mengiming imingi lovebirdnya jadi ngekek panjang setelah pakai pakan racikan dia.

Ternyata tidak semudah itu fergusso, lovebird juga butuh perawatan yang maksimal, tidak hanya butuh pakan racikan biar ngekeknya jadi panjang.

Saya sarankan lebih baik anda membuat pakan racikan sendiri saja dirumah, selain dengan bahan bahan yang alami dan aman, anda juga bisa menambah pengalaman untuk membuat pakan racikan lovebird.

Nanti bisa juga anda menjadi pengusaha pakan racikan lovebird jika anda berhasil mengorbitkan banyak lovebird juara dengan menggunakan pakan racikan anda hehehe. Oke cara membuat pakan racikan lovebird biar ngekek panjang anda bisa baca lengkapnya Disini

5. Jebol Birahi lovebird anda

Ini adalah terapi khusus yang terakhir, yaitu dengan cara menjebol birahi lovebird anda agar gila alias konlset. Cara ini sudah banyak yang mempraktekan dan semakin banyak lovebird konslet bermunculan semenjak kami bagikan trik ini.

Menjebol birahi lovebird adalah perawatan dimana kita membuat lovebird jantan sampai over birahi yang tidak tertahankan sampai birahinya diatas over atau dikenal dengan jebol birahi.



Memang cara ini agak menyita waktu dan agak rumit, namun jika anda sudah berhasil, maka akan sangat puas menikmati hasilnya. Terus bagaimana sih caranya untuk menjebol birahi lovebird?

Tenang saja om, saya sudah bahas kok di artikel kemaren mengenai cara untuk menjebol birahi biar konlset. Nah bagi anda yang belum sempat membacanya santai saja, silahkan baca Cara jebol birahi lovebird

Cukup sekian ya om mengenai perawatan lovebird agar ngekek panjang sampai bisa konslet ? Sudah sangat lengkap dan jelas ya. Kalo belum jelas mohon bertanya di kolom komentar jangan malu malu santai saja admin ramah kok.

Semoga artikel saya kali ini bisa bermanfaat bagi om om semua, semoga lovebirdnya semakin panjang ngekeknya. Dan semoga yang masih rutin kondangan bisa jadi moncer setelah membaca dan menerapkan artikel dari saya ini hehe.

Sukses selalu bagi anda semua, salam ngekek mania indonesia.

0 Response to "Bongkar Perawatan Lovebird agar Ngekek Panjang dirumah & di lapangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel