Cara Memasang Ring pada Lovebird di Umur yang Tepat

Sebagian peternak lovebird kebingungan mengenai pada umur berapa sih anakan lovebird mulai bisa dipasang ring dan bagaimana sih cara memasang ring yang benar pada lovebird.

Memasang ring pada lovebird


Ring merupakan cincin yang dipasang di kaki lovebird sebagai tanda pengenal bahwa lovebird itu berasal dari ternakan kita.

Keuntungan memasang ring sangat banyak sekali tentunya, apalagi kalo lovebird kita juara dan terdapat nama ring dan nomor hp kita. Pasti banyak sekali yang antri untuk memesan anakan dari ternakan kita.

Umur yang tepat untuk memasangkan ring pada lovebird adalah 14 - 20 hari. Umur segitulah yang paling pas pada lubang ring. Jika kurang dari umur 14-20 hari biasanya ring yang kita pakaikan akan lepas karena kaki yang masih kekecilan.

Baca juga : Cara mencegah agar kaki anakan lovebird tidak ngangkang

Sedangkan jika kita memakaikan ring pada lovebird yang diatas usia 20 hari maka kita akan agak kesulitan dalam pemasanganya. Walaupun pada umur 20 hari ketas masih bisa di pasang ring, namun agak kasihan karena sedikit memaksa dan harus memakai handbody atau minyak goreng.

Berikut adalah cara yang aman untuk memasang ring pada anakan lovebird.


Siapkan ring yang sudah di desain khusus untuk kaki lovebird. Pada penjual ring biasanya sudah tersedia banyak pilihan bentuk ring untuk lovebird. Silahkan pilih jenis ring yang anda minati.

Siapkan terlebih dahulu alat alat dan bahan penunjang untuk pemasangan ring. Bahan tersebut diantaranya air hangat, handbody, minyak goreng.

Peganglah ketiga jari lovebird (depan 2 dan belakang 1) jari yang paling panjang tetap diarahkan kebelakang agar proses pemasangan jadi aman dan nyaman.

Dorong ring pelan pelan supaya masuk sampai terpasang sempurna di kaki lovebird anda.

Jika ring terasa berat dan alot saat dipasang, oleskan handbody atau minyak goreng pada kaki lovebird agar licin dan memudahkan proses pemasangan ring pada anakan lovebird.

Agar anda lebih jelas mengenai cara yang benar dan aman memasang ring pada lovebird, silahkan lihat video tutorial memasang ring lovebird dibawah ini.



Waktu pemasangan ring yang tepat adalah saat kita mau memanen anakan lovebird di kandang ternak. Sekalian kita pasang ring pada proses handfeedinh atau meloloh.

Pengalaman saya memasang ring pada anakan dan kemudian saya masukan lagi ke glodok untuk diloloh indukannya malah ringnya lepas lagi. Menurut saya indukan menemukan hal aneh pada anakan dan kemudian dilepas oleh sang indukan.

Demikianlah artikel saya mengenai cara memasang ring pada anakan lovebird serta umur yang tepat untuk pemasanganya. Tips kali ini merupakan hasil dari pengalaman saya dan teman teman peternak lovebird yang lain.

Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang ingin memasangkan ring pada anakan lovebird nya. Jika ada tambahan atau masukan silahkan tulis saja pada kolom komentar dibawah ya. Saya sangat senang jika anda ikut membantu mengenai persoalan artikel ini.

Jangan lupa untuk share artikel ini jika menurut anda bisa bermanfaat untuk sesama peternak.

0 Response to "Cara Memasang Ring pada Lovebird di Umur yang Tepat"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jual Ring Burung Bebas Custom Nama,Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini