Cara Mengatasi Kacer Kanibal Suka Mencabuti Bulunya Sendiri

Banyak pecinta burung yang suka memelihara burung kacer. Tak heran memang, karena burung ini dikenal mempunyai kicau yang nyaring, bulu yang indah serta tarian gacor ngobra yang khas. Meskipun begitu, burung kacer sering mempunyai masalah yang berbeda dari burung lainnya.

Salah satu perilaku buruk kacer adalah mencabuti bulunya sendiri atau yang biasa kita sebut kanibal.


Salah satu perilaku buruk kacer adalah mencabuti bulunya sendiri atau yang biasa kita sebut kanibal. Jika itu terjadi terus-menerus, kacer tidak lagi mempunyai bulu-bulu nan indah, tapi justru kelihatan mengerikan.

Penyebab kacer mencabuti bulunya sendiri adalah akibat tingkat birahi kacer yang tinggi atau over birahi. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, kacer mengalami Kebotakan  dan bisa membuat daya tahan tubuhnya buruk. Berikut cara mengatasi kacer suka mencabuti bulunya sendiri atau kanibal !

Inilah Cara Mengatasi Kacer yang Suka Mencabuti Bulunya Sendiri (Kanibal)


Ketika kacer mengalami masa kanibal, anda harus melakukan beberapa perawatan seperti di bawah ini :

Karantina

Cara mengatasi kacer yang kanibal, pertama dengan memisahkan burung kacer ini dengan burung-burung lainnya. Buatlah kacer berada di lingkungan yang tenang.

Berhenti memberikan EF

Ketika sedang suka mencabuti bulunya sendiri, hentikan pemberian extra food (EF) seperti belalang, ulat hongkong, jangkrik atau pakan yang mengandung protein tinggi.

Sebab, pakan EF ini bisa membuat birahinya naik tak terkontrol. Itulah alasannya mengapa pemberian EF dihentikan sementara.

Mandikan lebih sering

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah memandikan kacer dengan rutin dan menambah itensitas mandinya. Misalnya, bila biasanya anda memandikannya sehari sekali, maka mandikanlah 2-3 kali sehari selama kacer masih suka mencabuti bulunya. Waktu memandikannya adalah pagi, sore dan malam jika memang anda bisa.

Pantau terus kondisinya

Selama kacer dalam keadaan ini, amatilah perilakunya setiap hari. Jika sudah ada peningkatan kondisi atau birahinya sudah menurun, maka berikan pakan EF secara normal.

Hal ini dilakukan agar burung kacer tetap mendapatkan asupan nutrisi dan tidak kekurangan gizi. Kemudian, kalau sudah normal atau seperti biasanya lagi, pantaulah kondisinya terus supaya tidak terjadi peningkatan birahi yang tidak terkontrol lagi.

Bagaimana om kacermania, sudah jelas kan mengenai cara untuk mengatasi kacer yang kanibal. Semoga bisa bermanfaat ya om, kalo mau tanya atau mau memberi masukan silahkan tulis saja di kol komentar ya.

0 Response to "Cara Mengatasi Kacer Kanibal Suka Mencabuti Bulunya Sendiri"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel