Perawatan Kacer Mabung yang Benar Agar Tidak Rusak

Mabung merupakan suatu kondisi yang dialami oleh kacer dimana saat itu bulu-bulunya berjatuhan atau berganti dengan bulu yang baru. Mabung ini disebut juga dengan molting dan proses penting bagi setiap burung. Pada kacer, ketika mengalami mabung bulunya akan tampak berantakan.

Anda harus mengetahui ciri-ciri kacer mabung, sehingga bisa melakukan perawatan kacer mabung yang benar agar tidak rusak.

Kacer yang mabung akan kelihatan tidak rapi, kusam,


Kacer yang mabung akan kelihatan tidak rapi, kusam, ekornya rusak acak-acakan atau tidak teratur. Lalu, bulu-bulu badanya rontok secara bertahap, malas berbunyi dan lemas.

Kacer mengalami masa mabung cukup lama yakni 1 – 3 bulan, tergantung pada perawatan kacer yang dilakukan. Jika anda melakukan perawatan kacer mabung yang benar agar tidak rusak, maka masa mabungnya lebih sebentar.

Cara merawat Kacer Mabung yang Benar Agar cepat tuntas


Berikut ini langkah perawatan kacer mabung yang benar agar tidak rusak dan bisa kembali gacor dengan cepat :

Beri makan EF lebih banyak dari porsi hariannya, EF bisa berupa kroto, jangkrik dan ulat hongkong setiap hari.

Bersihkan kandang setiap seminggu sekali dengan sabun atau sampo khusus untuk membasmi jamur, kutu dan bulu yang berguguran.

Lakukan pengkrodongan dan debgarkan dengan suara burung masteran anda selama masa mabung berlangsung.

Saat puncak mabungnya, jangan pernah sekali-kali memperlihatkan nya dengan burung sejenis karena ia bisa drop.

Berikan voer berkualitas tinggi pada kacer.

Pastikan minuman kacer tetap terisi penuh. Minumnya, berikan air mineral berkualitas yang mengandung vitamin dan nicotinic acid Tujuannya adalah menjaga keseimbangan badan dan meningkatkan nafsu makan kacer.

Setelah mabung berakhir, saat bulunya mulai tumbuh maka, mandikan seperti biasanya. Pada pemandian pertama, anda akan mendapati bulu mulai rapi dan banyak kotorannya seperti ketombe yang berwarna putih.

Gunakan shampo terbaik ketika memandikan burung kacer.

Jika sudah mandi, jangan langsung di jemur dan biarkan kering sendiri Kemudian, kerodong dan berikan 6 ekor jangkrik sampai keesokan paginya.

Keesokan harinya, jemur kacer selama 10-15 menit. Lalu, mandikan agar birahi kacer yang sempat drop bisa kembali normal.

 Terapkan langkah tersebut hingga kacer mulai berkicau aktif kembali.
Perhatikan makanan dan minuman kacer selalu. Atau lengkapnya untuk perawatan harian kacer Di sini

Itulah pembahasan kami mengenai cara untuk merawat kacer yang sedang mabung agar kondisinya tetap on fire saat sudah selesai masa mabungnya. Semoga bisa bermanfaat ya om, kalo ada pertanyaan atau masukan silahkan kirim di kolom komentar ya.

0 Response to "Perawatan Kacer Mabung yang Benar Agar Tidak Rusak"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel