Perawatan Kacer yang Botak Agar Bulunya Cepat Tumbuh

Selain kicauan yang merdu, bulu burung kacer juga cukup indah. Sehingga, banyak pemilik kacer yang merawat bulunya agar enak dipandang. Namun, jika saatnya mabung atau pergantian bulu, bulu kacer sulit tumbuh lagi.



Inilah yang menjadi masalah bagi pecinta burung. Mereka mencari perawatan kacer yang botak agar bulunya cepat tumbuh. Bisa saja sebagian besar, tapi bisa pula sebagian kecil tubuh kacer mengalami kebotakan ini.

Bagi pemelihara kacer, harus bisa mewaspadai musim mabung ini. Sehingga, tetap dapat melihat bulu burung kacer yang cantik. Kalau anda sedag mencari cara mengatasi kebotakan pada kacer sesuai penyebabnya, bisa simak ulasan di bawah ini!

Inilah Perawatan Kacer yang Botak Agar Bulunya Cepat Tumbuh


Ada beberapa penyebab kacer botak dan cara mengatasinya dengan tepat, inilah ulasannya :

Waktunya kacer mabung

Sama seperti burung lainnya, kacer juga mengalami waktu mabung. Mabung adalah proses penggantian bulu pada burung pada waktu-waktu tertentu. Biasanya terjadi pada kacer saat berumur 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan. Pada waktu-waktu itu, bulu-bulu kacer akan rontok dan mungkin sulit tumbuh bulunya.

Saat kacer mengalami mabung dan agar cepat tumbuh bulunya, disendirikan dari teman-temannya. Lalu, harus selalu ganti air minum setiap hari karena saat mabung banyak bulu yang berserakan, bersihkan kandang secara rutin, hentikan pemberian EF, tapi berikan suplemen dan vitamin. Selama mabung, jangan dimandikan dan dijemur, putarkan suara masteran selama musim ini.

Merawat Kacer yang Mabung agar tetap Prima dan Kinclong

Kebotakan akibat tungau

Selain karena mabung, terkadang kacer juga mengalami kebotakan karena tungau. Perawatan kacer yang botak agar bulunya cepat tumbuh akibat tungau adalah dengan memberi obat anti tungau, M-probio atau lainnya.

Lalu, oleskan obat itu pada tubuh kacer yang mengalami kebotakan, minimal sehari sekali. Untuk pakannya tetap berikan pakan biasa dan suplemen agar kacer tetap sehat.

Akibat jamur

Jika burung kacer and mengalami kebotakan akibat jamur, gunakan obat alami sepertu kunir. Oleskan kuni secara merasa ke bagian tubuh kacer yang mengalami kebotakan.

Cara membuat kacer ini dengan menyiapkan satu rimpang kunyit yang dicuci bersih, kemudiah dihaluskan dengan diblender atau diparut saja. Lalu, oleskan ke area tubuh kacer dan biarkan sampai kering.

Lakukan perawatan kacer yang botak agar bulunya cepat tubuh akibat jamur ini minimali sekali sehari.

Itulah cara merawat kacer yang mengalami kebotakan yang tepat versi team pamankicau. Semoga bisa bermanfaat bagi rekan semuanya ya.

0 Response to "Perawatan Kacer yang Botak Agar Bulunya Cepat Tumbuh "

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Lagi Cari  Ring Murah & Bebas Tulis nama? Klik Disini Harga Mulai 2rb!!