Tips Merawat Kacer Trotolan Agar Bermental Juara

Setiap pemilik kacer tentunya ingin mempunyai burung yang bermental juara di lapangan dan bisa menjadi kebanggan. Tapi, tentunya itu tidak mudah terlebih lagi kacer trotolan yang berasal dari alam liar. Butuh cara merawat kacer trotolan agar bermental juara yang tepat untuk mewujudkan impian anda.

Cara Memilih Kacer Trotolan yang Bisa Dirawat Agar Bermental Juara


Merawat kacer tentunya bukan hal yang mudah karena termasuk salah satu burung yang mempunyai banyak masalah. Mulai dari hilang nafsu, kanibal, mbagong dan perilaku negatif lainnya. Namun, justru itulah yang menjadi tantangan tersendiri para kicau mania. Berikut ini cara merawat kacer trotolan agar bermental juara.

Cara Memilih Kacer Trotolan yang Bisa Dirawat Agar Bermental Juara

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat membeli kacer trotolan agar bisa dirawat untuk menjadi juara. Inilah cara memilihnya :

Pilih jenis kelamin jantan yang warna hitamnya lebih pekat dan trotolnya berwarna lebih coklat. Postur tubuhnya tegak ketika berdiri, tingkah laku agresif dan bentuk kepalanya papak.

Katuranggan artinya pilih burung dengan postur tubuh ramping memanjang, kedua sayap mengapit rapat, memiliki paruh tebal dan panjang, kepala papak, mata melotot tajam dan kaki besar dengan cengkeraman kuat.

Cari yang agresif, tidak rakus dan suka membusungkan dadanya.

Cara Merawat Kacer Trotolan Agar Bermenta Juara


Setelah mengetahui ciri-ciri kacer trotolan yang bagus, selanjutnya rawatlah dengan langkah-langkah di bawah ini:

Setiap kacer harus mempunyai kandang atau sangkar sendiri. Jika terpaksa ada temannya, maka pilihlah burung-burung kecil seperti kenari, pleci, kolibri dan lainnya. Burung-burung itu dapat sekaligus menjadi masteran bagi kacer trotolan, sehingga membuatnya bermental menantang.

Beri pakan voer berprotein tinggi dan juga EF (Extra Fooding) seperti kroto, jangkrik, ulan hongkong, belalang dan lainnya. Untuk porsi EF, berikan sekenyang burung kacer supaya cepat tumbuh sempurna.

Mandikan secara teratur steiap hari. Lalu jemur pada pukul 7-10 pagi dan jangan lupa bersihkan kandangnya.

Tempatkan kacer berpindah-pindah agar mempunyai mental berani dan tidak jago kandang. Biasakan kacer berkicau di tempat berbeda-beda.

Umbar kacer sejak kecil supaya staminanya terbentuk dan nafasnya teratur sejak dini. Caranya adalah membiarkan sayapnya terbang di kandang umbaran, sehingga fisiknya sehat dan bagus selalu.

Itulah sedikit tips mengenai perawatan kacer trotol agar bermental juara saat dewasa kelak. Semoga bisa bermnafaat ya om

0 Response to "Tips Merawat Kacer Trotolan Agar Bermental Juara"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel