Cara Mengatasi Cucak Ijo Tidak Mau Ngentrok Saat Lomba

Ketika burung cucak ijo ngentrok jambul saat lomba, tentunya ada kebanggaan tersendiri untuk kita yang memelihara. Apalagi jika burung menunjukan kegacoran hingga ngentrok jambul bongkar isian di perlombaan. Harga jualnya akan sangat tinggi dan menjadi incaran bagi pencinta burung cucak ijo lainnya.



Namun, untuk membuat cucak ijo ngentrok jambul di gantangan bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan perawatan yang telaten selama berbulan – bulan. Selain itu, kita juga harus menyeting burung cucak ijo dengan benar agar ia bisa tampil maksimal nagen dan main ngotot di lapangan.

Sebelum mengetahui cara perawatan burung cucak ijo agar bisa ngentrok fu durasi, kita perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab mengapa burung cucak ijo kita sulit ngentrok jambul saat main, di antaranya :




Bila satu dari 7 hal ini dirasakan oleh burung cucak ijo, maka ia akan sulit untuk ngentrok jambul ketika sedang di perlombaan. Oleh karena itu, mari kita ketahui cara mengatasi cucak ijo tidak mau ngentrok jambul saat lomba berikut ini.

Jangan Terlalu Memanjakan Burung Cucak Ijo
Salah satu penyebab mengapa burung cucak ijo susah ngentrok jambul adalah karena pemiliknya terlalu memanjakan dengan memberi banyak extra fooding, Sehingga tubuh cucak ijo menjadi kegemukan dan malas bunyi.

Hal ini akan mempengaruhi tingkat birahi cucak ijo yang semakin sulit meningkat. Beberapa EF memang dapat membuat cucak ijo birahi. Namun memberi EF terlalu banyak pun akan membuatnya terlalu gemuk dan kurang birahi.

Perhatikan Tingkat Birahinya
Bila burung cucak ijo terlihat mulai over birahi, maka kalian harus memberikan EF penurun birahinya. Umumnya, ulat bambu bisa menjadi EF penurun birahi yang cukup manjur. Selain itu juga porsi mandi dibuat lebih sering.

Namun jangan berikan EF ini terlalu banyak. Tentunya,birahi yang terlalu rendah juga akan membuat cucak ijo sulit ngetrok jambul di saat perlombaan.

Atur Settingan Cucak Ijo Yang Paling Nyaman
Tiap pemeilihara burung memiliki settingan sendiri yang mereka gunakan pada burung cucak ijonya sebelum berlomba. Kalian, juga harus mengetahui bagaimana settingan yang cocok untuk burung cucak ijo perliharaan sendiri.
Umumnya settingan cucak ijo dimulai 3 hari sebelum lomba dengan menambahkan pemberian EF peningkat birahi.

Setelah mengetahui cara mengatasi cucak ijo tidak mau ngetrok jambul saat lomba, kalian tinggal menerapkannya kepada burung cucak ijo kalian. Semoga artikel kami bisa bermanfaat ya om. Jika masih bingung atau mau bertanya silahkan tanyakan di kolom komentar ya.

0 Response to "Cara Mengatasi Cucak Ijo Tidak Mau Ngentrok Saat Lomba"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel