Cucak Ijo Anda Demam Panggung? Atasi Segera Dengan Cara ini!

Bukan hanya manusia, burung cucak ijo pun bisa merasakan demam panggung. Umumnya, kondisi ini dialami ketika burung akan tampil di gantangan perlombaan. Demam panggung biasanya dialami oleh Cucak ijo yang baru awal awal digantang dan belum mengenal lapangan lomba.

Demam pangung bukanlah penyakit seperti meningkatnya suhu tubuh burung cucak ijo


Demam pangung bukanlah penyakit seperti meningkatnya suhu tubuh burung cucak ijo. Namun, demam panggung merupakan kondisi dimana cucak ijo menjadi kikuk dan mendadak pendiam ketika ia berada di arena perlombaan.

Tentunya, agar cucak ijo kita menang diperlombaan, CI harus kerja maksimal ngentrok jambul bongkar isian dan kita juga harus melatih mental cucak ijo agar ia tidak demam panggung. Namun sebelum itu, kalian perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja ciri cucak ijo demam panggung saat di gantangan berikut ini.

Mendadak Pendiam
Bila kalian memiliki cucak ijo yang gacor ketika di rumah namun mendadak menjadi pendiam ketika dibawa ke lingkungan baru terutama di gantangan, maka ini merupakan salah satu ciri cucak ijo demam panggung. Umumnya, arena perlombaan dikelilingi oleh banyak cucak ijo lain yang belum pernah ia temui.
Hal ini membuatnya panik dan cenderung merasa terancam. Sehingga ia menjadi demam panggung dan diam tidak mau mengeluarkan suara gacornya.

Hanya Ngeriwik Di Gantangan
Ciri cucak ijo demam panggung yang lainnya adalah hanya ngeriwik ketika di gantangan. Sebenarnya, cucak ijo yang masih mau ngeriwik lebih baik daripada ia diam selama perlombaan. Hal ini menunjukan bahwa mentalnya sudah sedikit terlatih meskipun belum kuat dan berani.

Lompat – Lompat Di Sangkar
Terkahir, cucak ijo yang demam panggung juga akan menunjukan perilaku yang cukup aneh yaitu lompat – lompat di tangkringan. Meskipun ada banyak hal yang menyebabkan cucak ijo suka lompat – lompat, namun salah satunya adalah karena demam panggung dan menunjukan tanda stress.

Setelah mengetahui apa saja ciri cucak ijo demam pangung, berikutnya kalian harus melatih mentalnya agar tidak mengulangi hal yang sama. Berikut ini, adalah beberapa cara melatih mental cucak ijo agar tidak demam panggung dan berani tampil di lapangan.


  1. Rutin mengumbar cucak ijo di pagi hari
  2. Lakukan latber atau sering latih bersama burung cucak ijo milik orang lain.
  3. Tempatkan sangkar cucak ijo tempat yang sering dilalui orang agar ia terbiasa dengan kondisi sekitar yang ramai.
  4. Bawa cucak ijo ke tempat perlombaan meskipun tidak ikut lomba, dengan hal ini maka sedikit demi sedikit mental cucak ijo akan segera terbentuk.


Demikianlah beberapa ciri cucak ijo demam panggung dan bagaimana cara mengatasinya. Untuk melatih mental cucak ijo, kalian harus memulai latihannya sejak dari kecil.

0 Response to "Cucak Ijo Anda Demam Panggung? Atasi Segera Dengan Cara ini!"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel