Cucak Ijo Mangap Saat Digantang : Penyebab & Solusi Ala Om Dony

Pernahkan kalian memperhatikan ketika burung cucak ijo naik ke gantangan, ia akan mangap dan sering melet? Tentunya hal ini akan mempengaruhi performa kicauan cucak ijo dan sangat tidak elok untuk dilihat.

Sebenarnya, ada banyak hal yang bisa membuat cucak ijo mangap saat di gantangan.


Seharusnya cucak ijo bunyi sambil ngentrok dan bongkar isian, eh malah justru cuma mangap melongo aja sambil ngeliatin musuh yang nembak.

Sebenarnya, ada banyak hal yang bisa membuat cucak ijo mangap saat di gantangan. Di antaranya :


  1. Kepanasan
  2. Takut dengan lawan
  3. Birahi dan emosi terlalu tinggi
  4. Kondisi lingkungan sekitar terlalu panas
  5. Stamina yang kurang bagus
  6. Jarang Dimandikan


Agar bisa tampil maksimal di perlombaan, tentunya kita harus menyiapkan agar cucak ijo tidak mangap saat di gantangan. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa cara mencegah dan mengatasi cucak ijo sering mangap saat di gantangan.

Cara Seting Cucak Ijo biar gak Mangap saat Main


Setting Cucak Ijo Dengan Tepat
Penyebab paling sering mengapa cucak ijo mangap ketika di gantangan adalah karena overbirahi. Bukan hanya di gantangan, bahkan cucak ijo yang overbirahi pun akan mangap – mangap dirumah.
Oleh karena itu, lakukan penyetingan yang tepat pada cucak ijo. Bila terlihat tanda – tanda cucak ijo overbirahi, segera berikan EF penurun birahi seperti ulat bambu. Selain itu, kurangi juga pemberian jangkrik dan kroto.

Mandikan Cucak Ijo Sebelum Lomba
3 atau 4 hari sebelum memulai penyettingan, ada baiknya kalian memandikan cucak ijo terlebih dahulu. Bisa dibilang, hal ini akan menurunkan sisa birahi cucak ijo. Sehingga proses penyettingan bisa dilakukan dengan lebih mudah tanpa takut burung cucak ijo over birahi.

Pengembunan
Berikutnya, lakukan pengembunan pada cucak ijo di pagi hari. Proses pengembunan ini akan membantu menstabilkan birahi cucak ijo. Sehingga ketika naik ke gantangan, birahinya tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

Rutin Bersihkan Kandang Cucak Ijo
Menjaga kebersihan sangkar cucak ijo juga dapat mencegahnya sering mangap saat di gantangan. Umunya, cucak ijo yang merasa tidak nyaman akan menunjukan perilaku sering mangap baik di rumah maupun saat di gantangan.

Jauhkan Cucak Ijo Dari Asap Rokok
Terakhir, kalian harus menjauhkan cucak ijo dari asap rokok maupun asap lainnya. Hal ini akan membuat sistem pernapasannya tergangu dan sesak. Sehingga pernapasannya harus dibantu dengan mulut.

Demikianlah beberapa penyebab dan cara mengatasi cucak ijo mangap di gantangan. Perlu diketahui, perilaku mangap ini akan membuat cucak ijo jadi ngetem dan dinilai jelek oleh juri di perlombaan. Semoga bisa bermanfaat ya, kalau masih bingung silahkan tanyakan pada kami.

0 Response to "Cucak Ijo Mangap Saat Digantang : Penyebab & Solusi Ala Om Dony"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jual Ring Burung Bebas Custom Nama,Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini