Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak ijo Melet dengan Cepat

Cucak ijo yang sering melet merupakan salah satu masalah yang cukup banyak dialami oleh pemelihara cucak ijo. Meskipun secara umum kondisi melet pada cucak ijo bisa sembuh dengan sendirinya, namun hal ini juga dapat menjadi masalah serius dalam jangka panjang.

Untuk mencegah cucak ijo melet,


Untuk mencegah cucak ijo melet, kita harus tahu dulu beberapa penyebab mengapa cucak ijo sering melet. Di antaranya :

  1. Overbirahi
  2. Settingan terlalu tinggi
  3. Kurang vitamin
  4. Kondisi yang lembab
  5. Jarang dimandikan
  6. Merasa tidak nyaman 
  7. Sering di goda pakai tangan


Jika cucak ijo yang kalian pelihara mulai menunjukan tanda sering melet dan jarang berkicau, kemungkinan besar ia telah over birahi. Oleh karena itu, berikut ini adalah cara mengatasi cucak ijo melet di rumah.

Mandikan Cucak Ijo
Ketika mulai terlihat burung cucak ijo melet, segera mandikan dia dengan menggunakan air dingin. Hal ini akan menurunkan tingkat birahi cucak ijo dengan sangat cepat. Namun, jangan terlalu lama memandikan burung cucak ijo agar ia tidak menggigil kedinginan.

Tips Mudah dan Cepat Menurunkan Birahi CI

Jemur Cucak Ijo
Setelah memandikan, kini jemur cucak ijo. Namun, jangan jemur secara langsung di bawah sinar matahari. Usahakan cucak ijo berada di tempat yang tersinar matahari namun terlahang pepohonan atau daun. Sehingga tubuhnya cepat kering tanpa meningkatkan kembali birahinya.

Berikan Ulat Bambu
Ulat bambu juga merupakan EF penurun birahi yang sangat ampuh untuk burung cucak ijo. Kalian dapat memberikan 2 atau 3 ulat bambu di pagi dan sore hari untuk menurunkan birahinya. Selain itu, hindari memberikan EF lain yang dapat meningkatkan birahi cucak ijo seperti jangkiri atau kroto.

Tempatkan Di Tempat Yang Sejuk
Hindari menempatkan cucak ijo di tempat yang lembab. Hal ini akan membuatnya tidak nyaman dan melet. Usahakan untuk menaruh sangkar cucak ijo di tempat yang sejuk dan kering. Selain itu, buka sedikit krodongnya agar ia dapat mengetahui sekitarnya.

Hindari Burung Lain Dari Cucak Ijo
Agar tidak stress, kalian juga perlu menjauhkan cucak ijo dari burung – burung lain. Sehingga ia dapat beristirahat dan menurunkan birahinya.

Demikianlah segala penyebab dan cara mengatasi cucak ijo melet – melet. Bila kalian sedang mengalami masalah yang sama, kalian harus rutin memeriksa sangkar burung cucak ijo setidaknya 2 jam sekali. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para rekan cucak ijo mania dimanapun anda berada

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak ijo Melet dengan Cepat"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel