Tips Jitu Mengatasi Cucak Ijo yang Susah Panas atau Emosi

Burung cucak ijo bukanlah burung petarung seperti murai batu, anis, atau kacer. Sehingga sering kali karakternya tidak setabil dan cenderung naik turun. Oleh karena itu, kita perlu tahu bagaimana cara membuat burung cucak ijo panas emosi dan stabil agar tampil ngotot ketika lomba.



Untuk membuat cucak ijo cepat panas ketika lomba, kita perlu mempersiapkannya dari jauh – jauh hari. Karena kunci utama cucak ijo bongkar isian saat lomba adalah birahi stabil dan emosinya tinggi.

Berikut ini adalah persiapan sebelum hari lomba yang harus kalian berikan pada burung cucak ijo agar cepat panas dan tampil ngotot saat lomba nantinya.

Berikan Kroto Secara Rutin 1 Minggu Sebelum Lomba
Kroto merupakan salah satu extra fooder untuk burung cucak ijo yang mengandung banyak protein. EF ini akan meningkatkan birahi cucak ijo dengan perlahan dan stabil. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, karakter burung cucak ijo sering kali tidak stabil.

Jemur Cucak Ijo Di Bawah Sinar Matahari Langsung
Berikutnya, kalian juga harus menjemur burung cucak ijo langsung di bawah sinar matahari selama kurang lebih 2 jam setiap harinya. Hal ini juga akan meningkatkan birahi cucak ijo sebelum ia akan berlomba.

Latih Bersama Lawan Jenisnya
Untuk meningkatkan birahi burung cucak ijo secara alami, kalian juga dapat melatihnya dengan lawan jenis. Bila cucak ijo jantan, harus dilatih dengan cucak ijo betina yang sudah lebih gacor. Dan begitupun sebaliknya.

Setelah semua persiapan telah dilakukan, kini kalian hanya perlu memancing birahi cucak ijo agar cepat panas dan tampil ngotot di hari perlombaan. Caranya adalah dengan melakukan dengan mengikuti langkah – langkah di bawah ini.



  • Beri EF terlebih dahulu, setidaknya 2 buah jangkrik atau kroto
  • Tetap lakukan full krodong pada sangkar burung cucak ijo yang akan di lombakanS
  • Siapkan burung cucak ijo lawan jenis di sangkar yang berbeda dengan tetap full krodong
  • Kemudian, dekatkan kedua sangkar burung ini dengan tetap tertutup kerodongB
  • Buka sedikit kerodong agar burung cucak ijo hanya dapat mengintip dan penasaran



Tunggu beberapa menit, dan cucak ijo akan panas dan mulai tampil ngotot. Namun jangan lakukan langkah – langkah ini terlalu cepat karena dapat membuat cucak ijo lelah sebelum bertanding alias ngempos.

Jika tidak anda tidak punya cucak ijo betina untuk ngecas, anda bisa mengecas dengan lawan sebelum di gantang. Biasanya banyak juga para ci mania yang mengcas CI nya di pinggir lapangan sebelum di gantangkan, nah anda bisa join ngecas disitu.

Itulah tips dari kami mengenai cara mengatasi cucak ijo yang susah panas, semoga bisa bermanfaat ya.

0 Response to "Tips Jitu Mengatasi Cucak Ijo yang Susah Panas atau Emosi"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel