Tips Paling Ampuh Atasi Cucak Ijo Cuma Diam saat Lomba

Burung cucak ijo merupakan burung yang terkenal akan kicauannya. Tak heran, ada banyak perlombaan cucak ijo yang digelar di berbagai tempat. Bahkan, hadiah dari lomba kicau cucak ijo juga sangat menggiurkan.

Namun, sering kali kita mengalami masalah burung cucak ijo ngempos atau diam ketika di gantangan lomba. Padahal bila di rumah burung cucak ijo sangat gacor dan mudah bongkar isian.


Perlu di ketahui, ada beberapa penyebab burung cucak ijo hanya diam di gantangan. Di antaranya:


  1. Mental cucak ijo belum terlatih
  2. Karakter petarung belum terbentuk
  3. Stress dan tidak beradaptasi
  4. Birahi kurang tinggi dan stabil
  5. Overbirahi


Jika kalian mengalami masalah yang sama, berikut ini adalah cara mengatasi cucak ijo cuma diam saat di gantangan ketika lomba.

Hindari Burung Cucak Ijo Kegemukan
Cucak ijo yang terlalu gemuk akan menjadi pendiam. Ia akan malas bergerakan maupun berkicau. Hal ini dikarenakan tubuhnya yang besar membuat cucak ijo mudah lelah meskipun tidak banyak bergerak.

Cucak Ijo anda Suka ngetem? Baca ini

Selain itu, cucak ijo yang terlalu gemuk juga akan membuat birahinya sulit meningkat. Sehingga, cucak ijo akan diam atau ngempos baik di gantangan lomba maupun di rumah.

Latih Mental Cucak Ijo
Untuk menlatih mental petarung cucak ijo, kalian harus sering – sering menghadapkannya dengan burung lain. Bila kalian merawat cucak ijo jantan, maka harus di hadapkan pula dengan pejantan.
Hal ini akan membuatnya terlatih bertemu dengan burung lainnya. Sehingga ia tidak stress bila di bawa ke arena perlombaan yang terdapat banyak burung lain.

Setting Birahinya Dengan Benar
Penyettingan cucak ijo sebelum lomba sangatlah penting. Hal ini akan membuatnya cepat panas dan bongkar isian ketika naik ke gantangan.
Bila kalian ingin mengikuti lomba cucak ijo tanpa mensetting terlebih dahulu, kemungkinan besar burung hanya akan diam saja. Hal ini dikarenakan birahinya tidak di pancing dari jauh – jauh hari.

Pastikan Staminanya Terjaga
Sebelum naik ke arena perlombaan, pastikan kalian memeriksa terlebih dahulu tempat minum cucak ijo. Sebab, bila tempat minumnya habis, ia akan kehausan di atas gantangan. Hal ini juga dapat menyebabkan cucak ijo menjadi ngempos.

Demikianlah cara mengatasi cucak ijo cuma diam saat di gantangan ketika lomba. Semua hal ini, harus kalian perhatikan agar performa cucak ijo tetap maksimal.

0 Response to "Tips Paling Ampuh Atasi Cucak Ijo Cuma Diam saat Lomba"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel