√ Mengatasi Kenari Suka Ngering dan Kurang Nagen saat Lomba

Sebagian besar burung kenari dipelihara untuk gacoan di arena lomba. Sebagai salah satu jenis burung dengan suara kicauan yang sangat bagus, ada banyak lomba yang diadakan khusus untuk burung kenari. Burung dengan kicauan paling gacor, ngerolnya panjang bervariasi dan nagen akan keluar sebagai pemenangnya.

Apakah kenari yang suka ngering bisa di obati


Namun, membuat burung kenari tampil maksimal dan memukau juri ketika diarena lomba bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Umumnya, burung kenari nagen selama berkicaulah yang akan mendapatkan nilai bagus dari juri. Kenari yang hanya lompat – lompat atau suka ngering nabrak jeruji sangkar akan dinilai buruk dan bisa di diskualifikasi jika ngering lebih dari 3 kali.

Kenari ngering mengejar lawan disebabkan oleh tingginya kondisi birahi kenari atau biasa disebut dengan Over birahi (OB). Selain karena OB, kenari yang suka ngering juga disebabkan oleh kondisi emosi yang memuncak dan tidak terkendali.

Membuat burung kenari nagen dan tampil ngotot diperlombaan sangatlah penting jika  ingin kenari anda menjadi juara. Oleh karena itu sebelum mengikuti lomba, ada baiknya anda mengetahui cara agar kenari nagen dan tampil ngotot saat lomba berikut ini.

Gimana cara mengatasi kenari yang suka ngering nabrak sangkar?


Melatih Emosi Burung Kenari

Cara agar kenari tampil nagen dan ngotot yang pertama adalah dengan melatih tingkat emosinya. Umumnya, kenari yang masih berumur dibawah satu tahun masih memiliki emosi yang kurang stabil.

Selain emosinya yang labil, kenari yang masih muda juga sudah dalam pengontrolan birahinya. Sehingga kenari yang masih muda atau berumur dibawah 1 tahun perlu perawatan harian yang lebih konsisten dari pada kenari yang sudah mapan.

Anda bisa melatih emosi burung kenari dengan cara rutin mengumbar di pagi atau siang hari. Selain itu, rutin menyemprotkan burung kenari sembari menjemurnya juga bisa membuat mentalnya terlatih.

Selain dengan mengumbar dan dijemur, lakukan juga pengembunan yang rutin setiap pagi agar pernafasanya bagus. Selain bagus untuk pernafasan, pengembunan juga membuat birahi kenari menjadi stabil.

Jika kenari anda overbirahi (OB) tenang saja, sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai cara untuk menurunkan birahi kenari, silahkan baca selengkapnya

Jaga Kesehatan Burung Kenari

Berikutnya, kalian harus memastikan burung kenari dalam keadaan sehat dan on fire sebelum mengikuti lomba. Burung kenari yang sedang sakit tentu akan lemas dan jarang berkicau. Selain itu, ia cenderung sering berpindah – pindah tempat tangkringan. Bahkan cuma diam saja saat di gantangkan.

Setting Kenari Dengan Tepat

Penyetingan birahi kenari juga sangat mempengaruhi performanya di perlombaan. Agar kenari tampil nagen, tentunya kita harus membuat birahinya memuncak namun tidak over birahi.

Burung kenari yang overbirahi justru tidak akan bisa tampil nagen. Ia justru akan ngeruji atau menabrak – nabrak jeruji sangkar karena ingin mengejar lawanya.

Setingan yang pas adalah ketika kenari dalam keadaan on fire, dan diimbangi antara birahi dan emosi yang tinggi juga maka kenari anda pasti akan tampil maksimal saat digantangkan.

Jaga Stamina Burung Kenari

Terakhir, kita harus menjaga stamina burung kenari sebelum ia berlomba. Pastikan untuk mencegah burung kenari mengeluarkan kicauannya sebelum waktu tampil. Bila hal ini terjadi, burung kenari akan menjadi gembos karena sudah kelelahan terlebih dahulu.

Berikan 3 Tangkringan

Jika semua perawatan sudah dilakukan namun kenari masih tetap suka ngering, berarti kenari anda sudah mempunyai watak yang rongeh. Sehingga perlu alat bantu tambahan agar kenari bisa tampil nagen.

Alat bantu yang saya maksut adalah tangkringan, jika biasanya anda memberikan 2 tangkringan, kini berikan saja 3 pangkringan sejajar. Formasinya atas depan, bawah tengah, dan atas belakang. Setingan tangkringan ini sudah saya coba dan akhirnya berhasil membuat kenari jadi tidak ngeruji sangkar.

Berikan Benang jahit

Jika anda sudah memberikan 3 buah tangkringan pada kenari dan masih tetap ngering ngejar lawan, nah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memberikan benang jahit masing- masing 2 buah di sebelah ruji tangkringan belakang dan tangkringan depan.

Sehingga jika kenari mau ngeruji akan menjadi takut karena melihat benang di sebelah jeruji sangkar. Dengan metode ini maka kenari akan enggan untuk ngeruji karena ngejar lawanya.

Jika kenari malah ngeruji ke samping, mudah saja tinggal tambahkan lagi 2 buah benang jahit di samping sangkar kenari. Seningga ruji sangkari kenari di kelilingi oleh masing masing 2 benang jahit.

Cara ini terbukti efektif untuk mengatasi kenari yang nakal maupun memiliki birahi yang tinggi dan susah di kontrol. Tenang saja om, kalo dilihat dari jauh, benang yang kita pasang tidak kelihatan kok jadi kita tidak akan merasa malu jika memakai benang.

Untuk kelas latber dan latpres panitia masih membolehkan untuk menggunakan benang jahit di sangkar. Namun untuk kelas even nasional, panitia seperti ebod dan bnr sudah tidak membolehkan memakai alat bantu apapun, bahkan hanya diperbolehkan menggunakan 2 tangkringan saja dalam 1 sangkar.

Agar kenari main ngotot saat di gantang

Cara paling mudah untuk mencegah burung kenari ngembos saat di arena lomba adalah jangan dekatkan kenari anda dengan burung kenari lain, selain dijauhkan, pastikan juga kenari anda juga tidak mendengar suara kenari lain agar tidak naik emosinya.

Dengan rutin membawanya ke arena perlombaan, maka mental kenari akan semakin jadi jika kita tetap menerapkan perawatan dan porsi lomba sesuai prosedur.

Demikianlah beberapa cara agar kenari nagen saat lomba versi saya. Perawatan diatas adalah pengalaman pribadi dan tambahan juga dari rekan rekan saya.

Semoga dengan tulisan ini, bisa menjadikan sebuah manfaat untuk sesama kenari mania. Jika ada pertanyaan atau masukan lain silahkan tambahkan saja di kolom komentar ya.

0 Response to "√ Mengatasi Kenari Suka Ngering dan Kurang Nagen saat Lomba"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini