Penyebab dan Mengatasi Anakan Lovebird yang Tidak mau Di loloh

Pada saat anakan atau cindil lovebird sudah berusia 14 sampai 20 hari artinya anakan lovebird sudah siap untuk kita panen dari glodok untuk di loloh sendiri agar cepat besar.

Anakan lovebird baru panen memang susah diloloh
Anakan lovebird baru panen


Meloloh cindilan lovebird sendiri memang sangat menyenangkan, selain itu anakan juga akan lebih cepat tumbuh besar dan pasti akan sangat jinak sehingga bisa untuk mainan juga.

Handfeeding atau sebutan meloloh sendiri anakan lovebird bisa menggunakan alat spet dari suntikan dan disuapin pake sendok plastik.

Namun masalah yang sering terjadi pada para peternak adalah anakan lovebird yang susah diloloh bahkan tidak mau diloloh saat pertama kali di panen dari glodok.

Bagi perternak yang sudah lama menekuni dunia breeding lovebird, tentu hal ini merupakan hal yang sangat biasa terjadi pada saat pertama kita akan meloloh anakan lovebird yang baru dipisah dari indukanya.

Bagi anda yang pertama kali mengahadapi masalah ini tenang saja pada kali ini saya akan membagikan sebuah pengalaman saya pada saat meloloh anakan lovebird yang baru panen dari glodok.

Penyebab anakan lovebird tidak mau diloloh sehabis di ambil dari glodok


Berikut dibawah ini merupakan penyebab utama yang dapat saya simpulkan mengenai anakan lovebird yang tidak mau diloloh untuk pertama kali.

Telat panen anakan

Jika anda mengambil anakan dari glodok sudah berusia lebih dari 20 hari maka anakan sudah bisa melek dan melihat dengan jelas.

Artinya anakan sudah mengenal induknya dan biasanya akan sangat takut jika melihat manusia terutama tangan kita pada saat mau meloloh pertama kali. Sehingga anakan LB sangat susah diloloh setelah baru kita panen.

Anakan lovebird masih kenyang

Setelah di ambil dari glodok, anakan lovebird biasanya tembolok lovebird masih isi karena selalu diloloh induknya setiap saat. Hal ini membuat anakan lovebird yang baru dipanen sangat susah untuk diloloh.

Adonan lolohan yang tidak hangat

Walaupun terlihat sepele, namun membuat adonan juga butuh ilmu loh. Mungkin para peternak senior sudah tahu bahwa meloloh anakan lovebird pertama kali harus menggunakan adonan yang hangat.

Mengapa harus hangat? Karena sebelum kita ambil dari glodok, anakan diloloh oleh induknya dengan makanan yang hangat karena tersimpan dulu di tembolok sang indukan.

Nah kalo pada saat pertama kali di ambil dari glodok dan langsung diberi bubur lolohan yang adem, pasti anakan tidak mau diloloh karena masih terbiasa diloloh induk dengan makanan hangat.

Walaupun sudah lahap makan, adonan hangat juga wajib diberikan setiap kita meloloh lovebird, tujuanya agar menjaga suhu tubuh lovebird dan tidak merasa kedinginan saat tidak di simpan diruangan penghangat.

Bagaimana solusinya?

Cara mengatasi 3 penyebab diatas cukup mudah, yang pertama anda buat lapar terlebih dahulu anakan lovebird yang baru dipanen dari glodok. Setelah temboloknya kosong, dan lovebird sudah mulai menanggil indukan dengan bunyi crik crik artinya anakan lovebird sudah lapar.

Setelah itu segera siapkan bubur lolohan yang hangat, buatkan adonan yang agak encer agar mudah untuk dicerna anakan lovebird kita. Langsung saja lolohkan dengan menggunakan sendok plasik, pasti anakan lovebird mau makan.

Jika anda memanen anakan yang terlalu besar sampai umur 1 bulan maka pasti akan lebih susah lagi diloloh. Saya pernah mengalami hal ini dan akhirnya saya paksa loloh menggunakan spet, itupun cuma sedikit.

Setelah 3 hari akhirnya lovebird sudah mau diloloh tanpa saya paksa lagi karena ia sudah merasa butuh makanan agar tidak kelaparan. Intinya semakin telat kita memanen anakan lovebird, semakin susah pula kita melolohnya. Panen lovebird yang paling tepat adalah (-+) 14 hari atau 2 minggu.

Itulah pengalaman saya mengenai mengatasi anakan lovebird yang tidak mau diloloh. Semoga apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi rekan peternak lain yang sedang kesusahan meloloh anakan lovebirdnya.

0 Response to "Penyebab dan Mengatasi Anakan Lovebird yang Tidak mau Di loloh"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini