Mengatasi Burung Katarak dengan Mudah Cepat dan Aman

Katarak menjadi penyakit mata pada burung yang tiba tiba timbul tanpa kita sadari. Semua burung bisa terkena resiko penyakit  katarak, namun burung yang sering terkena katarak adalah anis, muraibatu, kacer, dan cucak ijo.

Katarak biasanya timbul di salah satu mata burung, kalo tidak di bagian kanan ya kiri, namun bisa saja timbul dikedua mata burung kita.

Cara mengobati burung katarak


Burung yang terkena katarak harus segera diobati agar tidak menular di mata yang satunya. Sehingga kita harus melakukan pengobatan dan perawatan khusus untuk mengobati burung katarak.
Burung yang terkena katarak dapat dengan mudah kita lihat. Perhatikan saja apakah terdapat bintik putih pada mata burung anda atau tidak.

Jika anda mendapati bintik putih yang ada di mata burung anda berarti dapat dipastikan bahwa burung anda terkena katarak. Respon penglihatan juga semakin berkurang jika burung sudah terkena katarak.

Jika dibiarkan dan tidak segera diobati, katarak akan tambah parah bahkan bisa menular di bagian mata yang satunya. Jika keduanya sudah terkena katarak maka burung akan mengalami kebutaan dan akan susah melakukan aktivitas termasuk makan dan minum.

Penyebab Burung Katarak

Menurut rekan rekan kicau mania dan pada ulasan di banyak media, terdapat banyak faktor yang menyebabkan burung terkena katarak. Diantaranya adalah terkena sinar matahari langsung yang terlalu lama, terlalu banyak UH, dan kebersihan kandang yang tidak terjaga.

Lovebird Anda Nyilet? Baca ini biar sembuh

Namun setelah saya bertanya kepada dokter hewan, penyebab katarak pada burung adalah faktor genetik, sangat kecil kemungkinanya jika faktor yang disebutkan diatas dapat menyebabkan katarak. 

Belum tentu burung jarang dijemur lama, jarang diberikan Ulat hongkong, dan selalu dibersihkan kandangnya tidak akan terkena katarak. Karena katarak merupakan penyakit yang timbul dari faktor genetik bukan faktor perawatan.

Cara Mengobati Burung Katarak


Menggunakan Bunga Kitolot

Kitolot merupakan tamanan yang biasa tumbuh liar di sekitar kebun, ternyata tanaman ini sangat bermanfaat sekali bagi kita, salah satunya untuk mengobati katarak pada burung.

Manfaat kitolot untuk burung katarak

Tanaman ini sebenarnya sudah dimanfaatkan secara turun temurun oleh nenek moyang jaman dahulu. Namun banyak dari kita yang belum tau mengenai tanaman kitolot yang bermanfaat ini.

bunga kitolot mempunyai kandungan adalah Alkaloid, Flavonoid, Saponin, dan tanin. Alkaloid adalah zat yang mempunyai kecendrungan menghambat laju pertumbuhan bakteri. Flavonoid berperan sebagai antioksidan dan antibakteri. Saponin adalah zat yang dapat meningkatkan permeabilitas sehingga terjadi hemolisis sel. Dan Tanin adalah antibakteri.

Cara Menggunakan Bunga Kitolot Untuk mengobati Burung Katarak

Petik bunga kitolot, kemudian siapkan air yang bersih didalam gelas kecil.
Rendam bunga kitolot selama 5 menit
Kemudian teteskan kepada mata burung yang terkena katarak
Lakukan cara ini sampai katarak benar benar sembuh, biasanya membutuhkan waktu 2-3 minggu.

Mengobati Katarak dengan Daun Sirih

Menggunakan daun sirih untuk obat katarak burung


  • Rebus daun sirih dengan air, pastikan panci untuk merebus air daun sirih benar benar bersih agar tidak ada kotoran yang masuk pada mata burung.
  • Takaranuntuk membuatnya adalah 5 daun sirih untuk 1 gelas air, tujuanya agar air rebusan tidak terlalu kental agar cepat meresap ke mata burung.
  • Jika air rebusan daun sirih masih terlalu kental, anda bisa menambahkan air yang bersih agar lebih encer.
  • Kemudian endapkan sebentar, dan air rebusan siap untuk digunakan sebagai tetes mata burung.

Anda bisa mengombinasikan kedua bahan ini, caranya buat dahulu air rebusan daun sirih, kemudian campurkan dengan air rendaman bunga kitolot. Dan obat alami untuk mengatasi katarak sudah siap untuk diberikan.

Mengobati Katarak Secara Medis 

Jika mengobati katarak secara alami tidak kunjung sembuh, anda harus melakukan langkah ini yaitu membawa burung anda ke dokter hewan terdekat. 

Dengan cara ini dapat saya pastikan burung anda mendapatkan penanganan yang sangat tepat, dulu saya pernah membawa anis merah katarak ke dokter hewan dan hasilnya anis merah saya sembuh. 

Untuk biaya pengobatan katarak di dokter hewan bervariasi tergantung tingkat keparahan katarak burung anda dan setiap daerah saya yakin pasti patokan harganya berbeda.

Itulah pembahasan saya mengenai cara mengobati katarak pada burung, semoga postingan yang saya buat ini bisa bermanfaat bagi rekan rekan yang burungnya sedang mengalami penyakit katarak. 

Jangan lupa untuk share postingan ini jika dirasa artikel yang saya buat ini bermanfaat bagi rekan lain yang membutuhkan. Jika ada pertanyaan, masukan, atau tambahan silahkan tulis argumen anda di kolom komentar ya.

4 Responses to "Mengatasi Burung Katarak dengan Mudah Cepat dan Aman"

  1. Alhamdulilah..katarak burung saya mulai membaik....makasi pembahasanya masalah katarak dengan obat alami ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah om, senang jika artikel ini bermanfaat om

      Delete
  2. gimna gak klo cm pake daun siris sja soalnya bunga kitolot susah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa om, asal dengan cara yang benar dan rutin

      Delete

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini