Cara Ampuh Mengatasi Kacer Mbagong Ngudalaut 100% Berhasil

Beberapa dari kalian yang memelihara burung kacer, mungkin pernah melihat burung kacer menunjukan perilaku yang aneh dan tidak enak dipandang. Seperti contohnya mengembungkan bulu seperti balon, menekuk buntutnya ke dalam tubuh, atau mengeluarkan suara yang kurang bagus.

Atasi kacer mbagong


Semua perliaku ini, disebut juga dengan nama mbagong. Mbangong atau ngebagong adalah sebutan ketika burung kacer mengeluarkan perilaku yang agak aneh seperti mendongakan kepala, menekuk ekor, mengeluarkan suara yang mengganggu, dan mengembungkan bulu hingga seperti balon.

Bagaimana Mengatasi Kacer Mbagong atau Mbedesi?

Kebiasaan mbagong pada kacer sampai dibawa ke arena lomba merupakan hal yang sangat mengecewakan. Padahal kacer kita sudah kerja maksimal mengeluarkan banyak isian eh malah akhirnya mbagong.

Sebenarnya, mbagong ini merupakan sifat alami burung kacer di alam bebas. Namun, sebagai burung peliharaan, tentunya kita tidak ingin ia menunjukan perilaku seperti itu. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui apa saja hal – hal yang memicu burung kacer menjadi mbagong.

Sebelum membahas cara untuk mengatasi yang yang suka mbagong sebaiknya kita bahas dulu penyebab mengapa kacer bisa mbagong saat di trek atau ketemu musuh di arena lomba.

Penyebab Umum Kacer Jadi Suka Ngebagong


Kurang sehat

Kacer yang kondisinya kurang fit pasti tidak akan tampil maksimal saat di lombakan. Di arena lomba kacer benar benar di adu mental dan fisiknya, walaupun mental sudah kuat namum fisiknya kurang alias tidak fit, tentu kacer akan kecapean dan akhirnya jadi bagong karena overbirahi

Burung kaser merasa tidak nyaman

Sangkar yang nyaman menjadi kunci utama tampil mewahnya kacer. Jika ia ia kurang nyaman di dalam sangkar pasti tidak akan tampil maksimal saat di gantangkan.

Stress

Kacer yang sedang stress pasti malas bunyi, penyebab kacer stres juga bermacam-macam sehingga jika kita ingin mengatasi kacer yang stres harus tahu dulu penyebabnya agar kita bisa memastikan perawatan yang pas untuk gacoan kita.

Mentalnya kurang bagus

Berlawanan dengan tadi, kacer yang siap fisik namun tidak siap mental hasilnya pasti kurang maksimal. Sehingga burung jadi drop mental dan akhirnya cuma bisa mbagong atau mbedesi saat ketemu lawan yang lebih gacor dan lebih tua.

Melihat lawan burung kacer yang lebih tangguh

Gejala ini merupakan salahsatu tanda bahwa kacer kurang bagus mentalnya. Mentalnya tempe atau tidak petarung pasti akan kurang tarungnya dan hasilnya pasti mbagong di arena lomba.

Bila burung kacer kalian sudah menunjukan perlikau mbagong, berikut ini adalah langkah – langkah untuk mengtasainya.

Cara Untuk Mengatasi Kacer Mbagong 


Mandikan Burung Kacer

Langkah pertama untuk mengatasi kacer mbagong adalah dengan memandikannya secara intensif. Proses pemandian bisa kalian lakukan dengan cara menyemprotkan air menggunakan sprayer.
Tidak usah membuat burung kacer basah kuyup. Cukup mandikan burung kacer hingga kira – kira tubuhnya sudah cukup bersih.

Ganti Sangkar Kacer

Berikutnya, kalian juga bisa mengganti sankar burung kacer dengan yang baru. Kemungkinan besar, burung kacer mbagong karena ia merasa tidak nyaman dengan sangkar lamanya.
Selain itu, kita juga harus menempatkan tangkirngan dengan benar. Jika miring atau tidak sesuai, burung kacer tidak ingin nangkrik di tempat tersebut.

Pisahkan Kacer Yang Mbagong Dengan Kacer Lainnya

Jika kalian memiliki lebih dari satu burung kacer, maka pisahkan burung kacer yang sedang mbagong dengan burung lainnya. Kemudian, taruh burung kacer yang mbagong di tempat yang lebih tenang untuk mengkarantinanya.

Berikan multivitamin

Jika burung kacer mbagong karena terkena penyakit, maka kalian perlu segera memberinya obat. Bila dibiarkan, virus dari burung kacer bisa menyebar termasuk ke manusia.

Demikianlah beberapa cara mengatasi kacer mbagong. Segera lakukan hal – hal di atas ketika melihat burung kacer menunjukan perilaku mbagong.

Semoga tips untuk mengatasi kacer kali ini bisa bermanfaat untuk rekan rekan yang membutuhkan. Jika ada masukan silahkan tambahkan di kolom komentar saja ya.

0 Response to "Cara Ampuh Mengatasi Kacer Mbagong Ngudalaut 100% Berhasil"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel