✓Inilah Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi Setelah Mabung

Mabung merupakan sebuah kondisi dimana burung kenari mengalami kerontokan pada bulunya. Kondisi mabung ini dialami oleh hampir semua jenis burung baik lovebird, kacer, atapun kenari. Namun perawatan pasca mabung pada burung kenari bisa dibilang lebih sulit daripada burung lainnya.

Kenari macet bunyi setelah mabung sudah menjadi hal biasa


Umumnya, masa mabung pada burung kenari terjadi sekitar 6 hingga 8 minggu lamanya. Pada masa ini, kenari akan merontoknan bulunya mulai dari sedikit demi sedikit hingga ia menumbuhkan semua bulunya yang baru.

Namun setelah masa mabung selesai, sering kali kita mengalami masalah berupa kenari kurang gacor bahkan macet bunyi. Jika hanya pada 2 minggu pertama setelah mabung, mungkin macet bunyi pada kenari merupakan hal yang wajar.

Namun bila terjadi hingga berminggu – minggu, kondisi ini bisa menjadi masalah yang serius. Oleh karena itu, berikut ini adalah cara mengatasi burung kenari macet bunyi setelah mabung.

Cara ampuh atasi kenari macet bunyi pasca mabung


Berikan Pakan Yang Bernutrisi

Salah satu penyebab burung kenari macet bunyi setelah mabung adalah karena tubuhnya belum pulih secara penuh.

Proses mabung ini sebenarnya menghabiskan banyak energy burung.
Oleh karena itu, untuk membuat tenaganya kembali pulih, anda perlu memberikan pakan yang bernutrisi.

Selalu sediakan buah atau sayur sayuran saat mabung agar kondisi tubuh kenari tetap fit saat ia mabung. Selain untuk mencegah kenari kelaparan dan makin lemas, buah dan juga merupakan sumber nutrisi alami untuk burung kenari.

Berikan Tambahan Vitamin

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan membuat tubuhnya pulih kembali, kalian juga bisa memberikan burung kenari tambahan suplemen atau multivitamin. Saat ini, sudah banyak pilihan multivitamin untuk burung kenari yang bisa kalian di toko atau kios pakan burung terdekat di sekitar anda.

Vitamin yang bagus tentunya vitamin kenari yang sudah tercatat di BPOM yang mempunyai merk resmi. Dengan memberikan vitamin tersebut kenari akan segera pulih kegacoranya kurang lebih 1-2 minggu kemudian.

Tempatkan Burung Kenari Di Tempat Yang Tenang

Burung kenari yang macet bunyi setelah mabung juga bisa disebabkan karena ia merasa stress dan terancam oleh hewan di sekitarnya. Hal ini dikarenakan burung yang telah melewati masa mabung, akan menjadi lebih protective dibandingkan sebelumnya.

Untuk mencegah hal ini terjadi, kalian perlu menempatkan burung kenari di tempat yang aman baik selama masa mabung maupun setelahnya.

Selain itu, ganti ganti sangkar saat kenari mabung juga membuat kenari menjadi stres karena ia merasa terganggu. Salah satu kenari saya juga mengalami hal ini, namun saya ganti sangkar setelah kenari selesai mabung.

Baru selesai mabung alias bulunya masih sangat fresh, timbul dipikiran saya untuk mengganti ke sangkar yang bagus, eh kenari malah justru macet bunyi sampai 3 minggu tidak mau bunyi.

Maka dari itu sebaiknya hindarilah penggantian sangkar pada kenari sebelum kenari anda benar benar vit dan sudah siap mental untuk di ganti sangkar yang baru.

Periksa Kesehatannya

Terakhir, perhatikan kesehatan burung kenari secara rutin. Bisa jadi, mabung yang anda kira bukan disebabkan oleh waktu. Melainkan karena virus yang menyerang burung kenari sehingga ia merontokan bulunya.

Jika saat mabung ia banyak tidur, terlihat sangat lemas dan nafasnya seperti tersedak sedak itu menunjukan bahwa kenari anda rontok bulunya karena sakit

Segera beri obat khusus untuk kenari sakit yang ada di pasar atau kios pakan burung agar kenari anda bisa cepat sembuh dan gacor lagi.

Kembalikan perawatan harian seperti semula ketika sudah selesai mabung

Jika semua bulu kenari sudah tumbuh sempurna itu tandanya kenari anda sudah selesai masa mabungnya. Untuk memulihkan kegacoranya anda perlu melakukan perawatan harian seperti semula lagi.

Perawatan harian yang saya maksut adalah penjemuran, pemandian, pengumbaran maupun pengembunan yang dilakukan secara rutin setiap harinya. Bisa juga sambil di jemur pancing kenari anda dengan suara kenari lain agar ia merasa terpancing untuk bunyi.

Jika perawatan harian yang benar dan rutin sudah anda terapkan, maka tak butug waktu lama untuk membuat kenari gacor lagi setelah masa mabungnya selesai.

Demikanlah beberapa cara mengatasi burung kenari macet bunyi setelah mabung. Perawatan yang tepat akan sangat mempengaruhi proses mabung pada kenari.

Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk rekan rekan pecinta kenari dirumah, jangan lupa share jika artikel ini bermanfaat agar semua bisa mengerti cara mengatasi kenari yang macet setelag mabung.

0 Response to "✓Inilah Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi Setelah Mabung"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini