Obat yang Ampuh untuk Mengatasi Snot Pada Lovebird

Snot merupakan salah satu penyakit mematikan yang menyerang unggas termasuk lovebird. Lovebird yang terkena snot harus mendapat penanganan dan perawatan yang tepat agar bisa sembuh dan tidak mati sia sia.

Bagaimana Cara Mengobati Snot pada Lovebird?

Cara mengobati lovebird snot
Youtube.com/tipslovebird

Lovebird yang terkena snot biasanya tidak mau makan karena ia kehilangan nafsu makannya. Sehingga sebagian besar lovebird yang terkena snot akan nyilet atau kurus jika snot nya sampai 7 hari tidak kunjung sembuh.

Penyakit snot pada lovebird merupakan jenis penyakit yang menular, sehingga anda harus segera menangani snot ini agar tidak menular ke lovebird anda yang lain. Penularan snot pada lovebird tidak memandang usia, lovebird anakan atau lovebird paud pun bisa tertular atau menulari lovebird lain.

Daftar isi


Penyebab Lovebird Snot


Salah satu penyebab lovebird terkena penyakit snot adalah virus dan bakteri, snot menyerang pada sistem pernafasan lovebird.

Penyebab utama snot mengerucut pada tingkat kebersihan baik kandang maupun pakan yang diberikan kepada burung kurang diperhatikan, sirkulasi udara yang kurang bagus, dan pemberian Multivitamin / antiobiotik yang kurang tepat, semakin buruk tingkat kebersihan pada kandang maupun pakan yang kita berikan, maka kemungkinan besar burung dengan mudah bakal terkena berbagai penyakit, salah satunya Snot pada mata burung.

Cegah Penyakit Kaki Ngangkang Pada Anakan Lovebird Anda Sekarang Juga!

Banyak kesalahan teori mengenai penyakit snot di forum facebook maupun website lain bahwa snot itu bukan penyakit mata, namun merupakan penyakit pernafasan yang juga berdampak pada mata.

Snot merupakan salah satu penyakit pernafasan unggas selain CRD yang disebabkan oleh bakteri dan gejalanya berupa pilek pada ternak unggas. Penyakit ini menyerang bagian sinus hidung unggas sehingga area hidung mengeluarkan lendir berbau.

Penyakit ini sering terjadi pada peternakan unggas dimana kebersihan kandang kurang terjaga. Penyebaran dan penularan penyakit snot lada lovebird dapat terjadi lewat pakan, air minum, dan udara. Kondisi serangan korisa akan diperparah oleh kelembaban lingkungan yang tinggi.

Korisa atau snot disebabkan oleh infeksi bakteri Haemophillus paragallinarum yang terdiri dari 3 tipe antigenik yaitu A, B dan C. Bakteri Haemophillus paragallinarum merupakan bakteri gram (-). Bakteri ini bersifat labil dan hanya mampu bertahan diluar tubuh inang selama beberapa hari.

Obat Untuk Lovebird Snot


Apa obat yang ampuh untuk mengatasi snot? Nah mari kita akan bahas secara detail macam macam obat yang paling ampuh untuk mengatasi snot pada lovebird agar bisa cepat sembuh.

Terdapat 2 jenis obat untuk mengatasi lovebird yang terkena snot, yang pertama adalah obat alami atau obat yang dibuat menggunalan bahan alami seperti rempah dan jamu jamuan lainya.

Yang kedua adalah obat kimia atau yang biasa dijual dalam bentuk kemasan. Obat kimia untuk mengatasi snot lovebird biasanya mengandung antibiotik. Untuk penjelasan lengkapnya mari kita bahas dibawah ini.

Obat Alami Lovebird Snot

Yang dimaksud obat alami adalah jenis obat obatan yang terbuat dari bahan-bahan alamiah (herbal) seperti jamu jamuan dan rempah rempah.

Jenis obat herbal dan tradisional ternyata bisa juga untuk mengobati lovebird yang terkena penyakit snot. Namun hanya bahan alami tertentu yang bisa digunakan untuk mengatasi snot pada lovebird, diantaranya adalah :

  1. Merica
  2. Kunyit
  3. Kencur
  4. Jahe


Cara memberikannya adalah mencampur semua bahan diatas dengan cara di haluskan dengan blender. Setelah itu masukan kedalam kain dan peras sarinya untuk diminumkan lovebird yang terkena snot.

Obat Kimia Lovebird Snot

Jika anda belum puas atau belum yakin dengan obat herbal, anda juga bisa menggunakan obat kimia untuk mengobati snot. Obat terbaik adalah obat racikan dari dokter hewan karena dosisnya bisa tepat untuk lovebird anda.

Jika disekitar anda tidak ada dokter hewan, berikan saja obat snot yang beredar di pasaran, namun anda harus jeli untuk melihat labelnya apakah sudah dapat ijin dari BPOM atau belum. Jika belum ada anda perlu waspada karena belum ada uji klinis dari BPOM.

Berikut dibawah ini merupakan obat snot yang sudah mendapat ijin oleh BPOM yaitu :

  1. BioJanna
  2. BioSnot
  3. AntiSnot
  4. TetraClhor(ayam tapi dengan dosis rendah)
  5. Trimezyn


Perawatan Lovebird Snot

Pisahkan LB tersebut ke kandang isolasi yang jauh dari kandang utama. Segera ambil air dan pakan lalu buang dan ganti dengan yang baru setelah mencuci wadahnya terlebih dahulu Tambahkan desinfektan pada air minum LB di kandang utama maupun pada kandang LB isolasi Semprotkan desinfektan keseluruh kandang LB termasuk ketubuh LB dan dilakukan disiang hari agar bulu LB cepat keringLakukan vaksinasi pada LB Yang masih sehat Kandang Isolasi.

LB yang diisolasi anda dapat melakukan langkah pengobatan snot dengan cara berikut ini. Semprot kandang isolasi dengan desinfektan Berikan air minum yang mengandung antibiotik.

Jika LB tak mau minum sendiri maka pegang LB dan arahkan paruhnya ke air tersebut agar ia meminumnya Obati LB sakit dengan TetraClor atau  Trimezyn yang bisa anda beli di toko pertanian dan peternakan. Untuk dosisnya bisa dikurangi dengan kondisi LB atau baca pada kemasan.

Itulah mengenai cara untuk mengobati snot pada lovebird, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat bagi semua kalangan lovebird mania yang gacoanya sedang terkena snot.

Jangan lupa share postingan ini jika bermanfaat bagi sesama pecinta lovebird tanah air.

0 Response to "Obat yang Ampuh untuk Mengatasi Snot Pada Lovebird"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel