Bagus Seting Lovebird Untulan atau Seting Single? Berikut Penjelasanya!

Daftar isi


Banyak rekan lovebird yang masih bingung mengenai setingan yang paling cocok untuk gacoan lovebird mereka. Setingan lovebird yang paling banyak digunakan adalah metode seting untulan dan metode setingan single fighter.

Lovebird untulan dan single fighter sama bagusnya
Kusumo Konslet dengan Seting Single

Sebenarnya setingan setiap lovebird itu berbeda sesuai dengan sifat dan karakternya masing masing. Menurut saya, metode setingan yang paling dikenal adalah setingan untulan atau seting koloni dan seting tunggal atau single fighter.

Apa itu Seting Untulan


Seting untulan atau koloni merupakan metode setingan dengan sistem penjodohan dengan LB lawan jenis maupun LB sejenis. Pada saat mau dilombakan, lovebird yang dibuat untulan dipisah agar di gacoan kita ngekek mencari cari untulanya.

Seting untulan bisa diterapkan untuk lovebird paud maupun lovebird dewasa, namun untuk lovebird dewasa perlu lovebird yang benar-benar bagus dulu jika ingin menggunakan sistem seting untulan.

"Yang paling enak main untulan itu lovebird paud, dipisah jadi rajin ngekek dan perawatanya tidak ribet. Tinggal embun sama kasih jagung aja sudah rajin ngekek". Kata Mr. Juna

Apa itu Seting Single


Seting tunggal atau seting single adalah setingan tanpa menggunakan untulan untuk membuat lovebird jadi rajin ngekek.

Setingan ini memanfaatkan sifat fighter bawaan lovebird dan memainkan birahi lovebird agar bisa tampil maksimal di gantangan.

Bagus Seting Untulan atau Single?


Sebenarnya kedua jenis setingan ini sama saja, jika lovebird anda punya fighter yang tinggi alias jika melihat lawan langsung sayapnya nyilang dan ngekek panjang, anda bisa menerapkan setingan single fighter karena sudah punya bakat fighter.

Jika anda dirumah punya lovebird yang ngekeknya panjang namun tidak mempunyai sifat fighter, anda bisa mencobanya dengan metode seting untulan atau seting koloni.

Kelebihan Seting Untulan


Seting untulan biasanya diterapkan bagi yang suka dengan lovebird tipe konslet dan ngekek cuek, selain perawatan yang mudah setingan ini juga mempunyai banyak kelebihan.

Salah satu kelebihan yang paling mantap adalah birahinya yang sangat stabil dan stamina tetap terjaga karena dirumah cenderung diam dan di arena lomba tidak khawatir ngekek sebelum di gantangkan.

Selain kelebihan diatas, banyak juga yang mengharapkan lovebirdnya bisa jadi konslet setelah menerapkan seting untulan ini. Padahal mencetak konslet tidak semudah yang dibayangkan, lovebird harus mempunyai bakat konslet dulu sebelum kita cetak menjadi benar benar konslet.

Kekurangan Seting Untulan


Setiap kelebihan pasti ada aja kekuranganya, salah satu kekurangan menggunakan setingan ini adalah prosesnya yang lama.

Mulai dari penjodohan, hingga menemukan titik gacornya setelah untulan kita cabut. Banyak juga teman saya sampai habis 5 untulan tak kunjung bisa dapet jodoh untulan yang pas. Ada juga yang diberi untulan bisa langsung jodoh, tergantung "bejo" kita.

Kelebihan Seting Single


Kelebihan yang pertama adalah kita tidak perlu repot membawa untulan lovebird kita di arena lomba. Contoh lovebird juara dengan seting single adalah lovebird legendaris Kusumo dan Lovebird Konslet Merdeka.

Lovebird yang fighter ini biasanya mempunyai sifat latah dan durasi ngekek yang panjang, namun juga tergantung trah dan perawatan harian kita.

Kekurangan Seting Single


Musuh utama main lovebird jenis fighter adalah kondisi birahi, kita harus pintar pintar untuk mengatur kondisi birahinya agar lovebird tetap stabil dan tetap prima sehingga selalu on fire untuk di gantangkan.

Namun masalah yang sering terjadi adalah over birahi pada lovebird yang menggunakan setingan single ini. Jika birahinya tinggi atau over, pasti ia tidak mau ngekek di gantangan.

Dan apabila kondisinya sedang kurang birahi maka ia akan tampil kurang ngotot saat kita gantangkan.

Kesimpulan


Jenis setingan lovebird  apapun itu sebenarnya sama, sama sama bisa membuat lovebird kita tampil maksimal saat di gantangan.

Setiap lovebird memiliki karakter yang berbeda, kita sebagai pemilik juga harus peka dan paham dengan karakter gacoan lovebird dirumah, agar setingan yang pas untuk LB bisa kita terapkan.

Selain dengan setingan, LB juga harus mempunyai trah dan bakat ngekek terlebih dahulu. Jika lovebird kita aja tidak punya bakat ngekek ya setingan apapun akan jadi sia sia.

Nah sebaliknya jika kita melihat potensi ngekek pada lovebird kita dirumah, selanjutnya kita poles sedikit dah. Tinggal pahami karakternya dan terapkan setingan yang pas mau seting single atau seting koloni.

Semoga postingan yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang bingung untuk menentukan setingan lovebird anda dirumah. Jangan lupa share jika postingan ini bermanfaat ya.

Jika masih bingung atau anda punya masukan pendapat lain silahkan tambahkan di kolom komentar bawah postingan ini ya, saya sangat menunggu masukan masukan positif dari rekan rekan semua.

2 Responses to "Bagus Seting Lovebird Untulan atau Seting Single? Berikut Penjelasanya!"

  1. Misi om, saya kan baru main lb, mau nanya cara mengetahui burung yg sedang birahi itu gimana ya,.? Apa ada ciri2nya.?

    Mksih om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya bahas sebelumnya om, bisa klik tombol pencarian di pojok kanan atas ya. Terimakasih sudah bertanya

      Delete

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini