Mengenal Keunikan dan Harga Burung Samyong

Kebanyakan dari kalian para pencinta burung, mungkin belum tahu tentang burung samyong. Padahal, samyong merupakan jenis burung kicau yang memiliki keunikan sendiri baik dari kicauannya maupun dari bentuk tubuh dan bulunya.



Sekali melihat dan mendengar kicauan burung samyong, pasti kalian langsung ingin memiliki membeli burung ini. Oleh karena itu, berikut ini adalah keunikan dan karakteristik burung samyong yang bikin kamu ingin memeliharanya.

Keunikan Burung Samyong

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, samyong memiliki keunikan baik dari tubuh maupun kicauannya. Dari segi tubuhnya, burung ini memiliki ciri khas di bagian leher, dimana daerah leher bagian bawah burung samyong tidak ditutupi oleh bulu.

Ciri khas inilah yang membuat burung samyong dinamakan Bare – throated Whistler atau pengicau yang lehernya botak.

Di Indonesia, burung kecil ini berhabitat asli di daerah timur seperti Nusa Tenggara. Jika kita berkunjung ke hutan di Flores atau Sumbawa, kita bisa mendengar kicauan burung samyong yang saling bersautan satu sama lainnya.

Meskipun memiliki suara yang nyaring, namun burung samyong memiliki ukuran tubuh yang terbilang sedang. Panjangnya tidak lebih dari 20 cm dari kepala hingga ekor. Karena berhabitat asli di hutan, burung ini hanya memakan biji – bijian dan serangga kecil saja.

Ciri Khas Kicauan Burung Samyong

Burung samyong merupakan salah satu jenis burung peniru yang sangat cerdas. Ia dapat menirukan kicauan berbagai jenis burung yang ada disekitarnya. Tak heran, banyak orang yang menganggap bahwa burung ini merupakan jelmaan nightingale dari Indonesia.

Untuk melatihnya pun terbiang sangat mudah. Cukup tempatkan burung samyong di sangkar dekat burung lainnya yang ingin ditirukan. Dalam waktu kurang dari 1 bulan, kalian akan mendengar samyong yang mulai menirukan kicauan burung lain dengan lancar.

Bukan hanya itu, samyong juga memiliki suara yang sangat nyaring. Di habitat aslinya, kicauan burung ini bisa terdengar bahkan ketika ia berada di ranting pohon setinggi 100 m. Sehingga warga Flores menyebut burung ini dengan nama Gurigawa yang artinya arwah.

Harga Burung Samyong

Karena populasi burung samyong di alam bebas masih aman, burung ini bebas di jual di kios – kios penjual burung. Harganya pun terbilang beragam tergantung jenis dan kemampuannya.

Burung samyong bakal yang sudah dewasa dijual dengan harga mulai dari Rp.750.000 hingga Rp.900.000. Sedangkan harga burung samyong mini yang masih kecil dijual dengan mulai dari Rp.500.000 hingga Rp.750.000.

Jika kalian ingin burung samyong gacor dewasa, kalian perlu mengeluarkan uang Rp.1.000.000 hingga Rp.2.000.000.

Namun harga burung samyong juara,bisa mencapai angka Rp.2.500.000 hingga Rp.3.000.000 untuk satu burungnya. Tentunya, samyong yang dijual dengan harga ini memiliki kualitas kicauan yang sangat bagus.

Namun jika kalian hanya ingin menikmati kicauan burung samyong, pilihlah burung samyong bakal yang berjenis samyong besar atau biasa. Sebab jenis samyong mini lebih sulit untuk dipelihara dibandingkan samyong dewasa.

Selain itu, samyong merupakan jenis burung yang sulit beradaptasi dengan cepat. Sehingga tubuhnya yang masih kecil lebih rentan mati karena daya tahan tubuhnya tidak bisa beradaptasi dengan cara kita memeliharanya. Sedangkan burung samyong yang dijual di kios kebanyakan merupakan hasil tangkapan atau buruan.

Nah, demikianlah beberapa informasi mengenai keunikan, ciri khas dan harga burung samyong. Untuk kalian yang ingin memelihara, selalu berikan voer dan EF yang cocok untuk burung samyong sebab burung ini sedikit pemilih dalam hal makanan.

0 Response to "Mengenal Keunikan dan Harga Burung Samyong"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Lagi Cari  Ring Murah & Bebas Tulis nama? Klik Disini Harga Mulai 2rb!!