Cucak Ijo Nyulam Terus? Begini Cara Mengatasinya!

Nyulam merupakan kondisi dimana burung cucak ijo mengalami kerontokan pada bulu – bulunya. Umumnya, masa nyulam ini berlangsung selama sekitar 2 hingga 3 bulan. Bukan hanya burung cucak ijo peliharaan, kondisi nyulam atau mabung ini juga terjadi pada hampir semua burung di alam bebas.

Cucak ijo saya kok nyulam terus


Nyulam menjadi hal yang tidak wajar jika cucak ijo tidak dalam kondisi mabung namun masih merontokan bulunya. Sehingga diperlukan perawatan khusus untuk mengatasi kasus nyulam yang menerus pada cucak ijo.

Kondisi yang tidak normal ini akan membuat cucak ijo turun performanya, cucak ijo menjadi kurang gacor dan kurang agresif saat di arena lomba.

Saya juga pernah mempunyai cucak ijo yang setiap hari selalu merontokan bulu halusnya. Namun menurut saya itu merupakan hal wajar jika hanya rontok 1 atau 2 bulu saja. Namun yang perlu diperhatikan adalah jika bulunya banyak yang rontok setiap harinya.

Penyebab Cucak Ijo Nyulam Terus


Cucak Ijo Nyulam terus Setiap hari karena overbirahi


Jika cucak ijo anda dirumah selalu merontokan bulunya setiap hari, dapat dipastikan bahwa cucak ijo anda dalam kondisi birahi yang sangat tinggi atau overbirahi.

Atasi Stamina Cucak Ijo Mudah Gembos Sekaranf Juga!

Overbirahi pada cucak ijo memberikan dampak yang buruk bagi peforma cucak ijo, apalagi cucak ijo untuk lomba. Tanda yang paling akurat jika cucak ijo mengalami OB adalah suka melet melet sendiri dan mengeluarkan bunyi krek krek.

Selain melet, kebiasaan lain yang menandakan cucak ijo sedang OB adalah suka mengembungkan bulunya. Pada kondisi Fit, badan cucak ijo terlihat ramping dan aktif, namun pada saat OB cucak ijo cenderung diam dan mengembangkan bulunya.

Terus bagaimana cara mengatasinya?


Jangan Pancing Birahi Cucak Ijo

Ketika burung cucak ijo di dalam sangkar, sebaiknya anda tidak memancing birahinya dengan cara menggoda dengan tangan. Banyak para cucak ijo mania yang belum tahu mengenai hal ini. Sehingga masih banyak yang suka menggoda cucak ijo dengan tangan.

Kebiasaan buruk tersebut akan membuat cucak ijo menjadi over birahi atau OB. Selain membuatnya menjadi birahi, terlalu sering menggoda cucak ijo dengab tangan akan membuat cucak ijo jadi over jinak atau OJ.

Berikan Ulat Bambu

Untuk menjaga birahi cucak ijo agar tetap stabil, anda juga bisa memberikan ulat bambu secara rutin. Setidaknya, berikan satu ekor ulat bambu minimal seminggu sekali sebagai penyetabilan birahi cucak ijo.

Berikan Pepaya dan Pisang Kepok Secara Bervariasi


Ada buah yang paling baik dalam menurunkan birahi cucak ijo yaitu buah pepaya. Buah ini harus diberikan secara bervariasi dengan pisang agar cucak ijo tidak bosan.

Berikan buah pepaya setidaknya seminggu sekali untuk cucak ijo lomba, dan setidaknya dua minggu sekali untuk cucak ijo rumahan. Dengan pemberian pepaya yang rutin, maka birahi cucak ijo akan tetap terkontrol.

Cucak Ijo nyulam karena Kebersihan Kandang Kurang terjaga


Kandang yang kotor akan menyebabkan tumbuhnya banyak bakteri yang berkembang, apalagi cucak ijo merupakan burung pemakan buah dan kotoranya pasti akan encer dan cepat busuk.

Sehingga kebersihan kandangnya harus kita jaga setidaknya 2hari sekali kita bersihkan, namun lebih bagus lagi jika kita bersihkan kandang cucak ijo setiap harinya.

Cucak ijo nyulam terus karena stres

Membawa cucak ijo di malam hari dan terlalu sering memindah kandang juga bisa membuat cucak ijo menjadi stres. Namun ada juga cucak ijo yang sudah kebal mau diapain aja tidak akan stres karena sudah saking gacornya.

Kata om saya dulu, membawa cucak ijo dimalam hari dengan perjalanan yang agak jauh akan membuat cucak ijo menjadi stres. Dia bilang seperti itu pada saya karena ia pernah mengalami hal itu. Sehingga dapat saya ambil pengalaman berharga itu dan selalu saya terapkan agar tidak membawa cucak ijo di malam hari.

Terlalu sering ganti kandang tidak akan membuat cucak ijo stres jika cucak ijo sudah gacor dan tahan banting istilahnya. Cucak ijo yang sudah terawat akan terbiasa ganti kandang, contohnya jika kita mengumbarnya setiap hari.

Cucak ijo yang stres karena ganti kandang menurut saya hanya berlaku untuk cucak ijo yang masih bahan dan belum gacor.

Demikianlah beberapa cara mengatasi cucak ijo yang nyulam terus. Jika anda punya masukan lain silahkan berikan kepada kami melalui kolom komentar dibawah postingan ini.

Semoga postingan pamankicau kali ini bisa bermanfaat untuk rekan rekan semuanya ya. Jangan lupa share agar rekan KM yang lain bisa mendapatkan manfaat yang sama

0 Response to "Cucak Ijo Nyulam Terus? Begini Cara Mengatasinya!"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel