Cara Bedakan Lovebird Paud, Balibu dan Dewasa 100% Akurat

Lovebird paud/balibu dan dewasa mempunyai bentuk yang sama, sehingga banyak yang belum bisa untuk memastikan kalau lovebird itu sudah masuk dewasa atau masih paud.



Walaupun masih sangat mirip, namun jika kita cermati maka akan terlihat berbeda secara fisik dan suaranya. Apalagi mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia lovebird, tentu menjadi hal mudah untuk memebedakan antara lovebird paud dengan lovebird dewasa.

Banyak juga yang sering keliru saat membeli lovebird paud, karena minimnya pengetahuan dan pengalaman mengenai usia lovebird, sehingga dengan modal percaya pada penjual dan akhirnya kita tertipu bahwa lovebird yang kita beli adalah LB dewasa.

Sebenarnya perbedaan lovebird paud dengan lovebird dewasa sangat nampak jelas sekali jika kita menjejerkan keduanya. Apalagi kalo penjual bilang umurnya masih bawah lima bulan atau balibu.

Jika anda masih bingung untuk membedakan lovebird baby dengan lovebird dewasa, pas banget nih saya akan membahasnya pada postingan kali ini. Pembahasan mengenai cara mengetahui lovebird paud atau dewasa ini saya peroleh dari seorang juri lomba di Semarang.

Jadi jangan diragukan lagi mengenai ke akuratanya, tau sendiri lah kan banyak tuh yang curang saat lomba lovebird terutama saat lomba di kelas balibu, banyak banget yang tega mengikutkan lovebird dewasa di kelas lovebird paud. Sehingga juri dan panitia lomba yang harus jeli mengeceknya.

Bagaimana Cara Bedakan Lovebird Paud dengan Lovebird dewasa?

Cek Bulunya

Yang pertama lihat dulu bulunya, jika lovebjird benar benar berusia dibawah lima bulan atau balibu, cek saja bulunya apakah sudah mengkilap atau masih kusam. Jika masih kusam dan belum berwarna cerah maka dapat dipastikan bahwa lovebird itu masih balibu atau paud.

Bulu LB paud masih kusam


Dan sebaliknya, jika lovebird yang anda lihat sudah mempunyai bulu yang sangat mulus dan warnanya sudah mengkilap, berarti lovebird tersebut merupakan lovebird dewasa yang sudah mengalami masa mabung pertamanya atau berumur sekitar 8 bulan.

Bulu LB dewasa sangat rapi dan mengkilap

Cek Jumlah Bulu Sayap

Lovebird baby atau paud mempunyai 6 helai bulu sayap, bulu tersebut merupakan bawaan bulu piyikan yang berjumlah kurang dari 7 helai. Jadi dapat dipastikan jika bulu sayapnya masih 6 helai berarti lovebird tersebut masih berusia balibu atau masih paud.

Cek fisik lovebird paud

Lovebird paud mempunyai ciri fisik yang berbeda dengan lovebird dewasa jika kita lihat secara jeli. Lovebird paud mempunyai paruh disertai corak hitam untuk lovebird paruh merah, dan mempunyai paruh berwarna oren kecoklatan untuk lovebird paud jenis paruh putih.

Selain warna paruhnya, anda juga bisa melihat warna kaki lovebird paud yang akan anda beli, umumnya lovebird paud mempunyai bintik bintik atau sisik hitam di sekitar kakinya. Sedangkan lovebird dewasa sudah mulus dan terlihat sangat cerah.

Lovebird paud tidak mau ngekek digantangan? Baca ini !!

Gimana om, masih bingung mengenai cara membedakan lovebird paud dengan lovebird dewasa diatas? Baiklah jika masih bingung saya akan coba jelaskan mengenai ciri fisik lovebird paud dan lovebird dewasa agar anda jadi lebih jelas lagi untuk membedakanya.

Ciri Fisik Lovebird Paud atau Balibu


Berikut dibawah ini merupakan ciri lovebird paud agar dapat anda pahami dengan jelas.

Bulu lovebird Paud Masih Kusam

Seperti yang sudah saya tulis diatas, bahwa lovebird paud atau balibu mempunyai warna bulu yang masih kusam alias belum mengkilap seperti lovebird dewasa.

Warna bulu yang masih kusam dikarenakan lovebird paud belum memproduksi minyak yang fungsinya untuk melembutkan dan mengkilapkan bulu burung.

Selain itu, bulu kusam tersebut merupakan bulu pertama kali (bulu trotol) yang tumbuh pada lovebird paud, sehingga produksinya masih belum sesempurna lovebird dewasa yang sudah ganti bulu.

Menurut saya hal yang paling akurat adalah dengan melihat bulunya saja bisa kita pastikan untuk menentukan apakah itu lovebird paud atau lovebird dewasa.

Saya bilang paling akurat karena bulu lovebird paud tidak akan berubah mengkilap sebelum ia memasuki masa mabung untuk berganti dengan bulu dewasa.

Warna Paruh Lovebird Paud

Selain dengan melihat bulunya, kita juga bisa melihat warna paruhnya juga loh. Lovebird yang masih muda atau baby mempunyai warna paruh yang berbeda dengan lovebird dewasa.

Masih ada corak hitam & warna masih oren kecoklatan

Lovebird paud jenis paruh merah akan mempunyai corak hitam di paruhnya dan lovebird paud jenis paruh putih mempunyai warna paruh oren kecoklatan. Warna paruh akan berubah seiring bertumbuh dewasanya lovebird, sekitar 5-8 bulan.

Warna Kaki Lovebird Paud

Kaki lovebird balibu atau lovebird yang usianya masih dibawah lima bulan mempunyai perbedaan dengan kaki lovebird dewasa. Umumnya kaki lovebird paud terdapat bintik atau sisik hitam di bagian kakinya.

Masih banyak corak hitam di kaki

Namun menurut pengalaman saya, sisik hitam ini akan cepat hilang sebelum lovebird menginjak usia 5 bulan. Bahkan pernah saya hitung sisik hitam pada kaki lovebird ini hilang sendiri saat usianya memasuki 3-4 bulan.

Suara Lovebird Paud

Yang selanjutnya adalah dengan mengamati suaranya, lovebird balibu mempunyai suara ngekek yang agak pelo (dalam bahasa jawa) alias suaranya belum sepenuhnya pecah. Jadi suara LB paud masih sangat iplik iplik walaupun sudah bisa ngekek.

Selain suaranya yang masih pelan belum pecah, sifat umum lovebird paud saat ngekek adalah dengan mengepakkan sayapnya. Walaupun ada juga sih sebenarnya lovebird paud yang ngekeknya sudah punya gaya seperti lovebird dewasa, namun itu hanya sebagian kecil saja.

Nah untuk selanjutnya mengenai ciri lovebird dewasa, biar anda semakin paham untuk membedakan keduanya maka saya akan bahas juga nih ciri lovebird dewasa dibawah ini ya.

Ciri Fisik Lovebird Dewasa Secara Jelas


Warna Bulu Lovebird dewasa

Bulu akan terlihat sangat mengkilap dan terlihat sangat rapi jika lovebird sudah menginjak masa dewasa. Lovebird dewasa mempunyai warna bulu yang mengkilap karena sudah ganti bulu atau mabung.

Lovebird akan mabung ketika umurnya sudah mencapai 5-8 bulan, nah jika sudah selesai mabungnya maka bulunya akan berubah menjadi lebih tajam mengkilap dan sangat mulus.

Warna Paruh Lovebird Dewasa

Semakin bertumbuhnya usia lovebird, semakin berubah juga warna paruhnya dan menandakan paruhnya sudah mulai kuat. Noda hitam yang terdapat di lovebird paud jenis parmer akan hilang.

Warna paruh Lb dewasa sudah putih bersih


Begitu juga untuk lovebird paruh putih, semakin dewasa lovebird paruh putih maka warna paruh oren kecoklatanya akan berubah menjadi putih kemerahan seperti namanya yaitu LB paruh putih.

Kaki Lovebird Dewasa

Lovebird yang sudah dewasa mempunyai warna kaki yang ke abu abuan, sisik hitam akan menghilang dengan sendirinya. Walaupun tidak ada patokan hilangnya sisik hitam di usia berapa namun saya pernah mengamati anakan lovebird saya dirumah bahwa corak hitam di kaki lovebird akan hilang dan bersih pada saat usianya menginjak 3-4 bulan.

Corak hitam di kaki sudah tidak ada

Suara Lovebird Dewasa

Seperti halnya manusia, suara manusia dewasa dengan anak anak sangat berneda sekali. Begitu juga lovebird, lovebird dewasa mempunyai suara yang lebih pecah dan keras dari lovebird paud.

Suara lovebird dewasa terdengar sangat kasar dan sudah jelas suaranya. Namun tidak bisa kita pastikan kalau lovebird dewasa mempunyai durasi yang lebih panjang dari lovebird paud.

Karena dalam kenyataanya banyak juga lovebird paud yang mempunyai durasi yang lebih panjang dari lovebird dewasa. Hal ini karena faktor keturunan atau trah dari indukan yang memang mempunyai durasi ngekek yang panjang.

Kesimpulan

Semakin lama kita bergelut di dunia lovebird maka kita akan sangat mudah sekali untuk mengetahui dengan sekilas apakah lovebird itu paud atau dewasa. Saya juga tadinya belum begitu paham dan kesulitan untuk membedakan keduanya.

Namun semakin lama pengalaman semakin bertambah, sehingga kita akan mudah untuk membedakanya. Dengan melihatnya saja kita tahu "oh lovebird itu masih imut, oh lovebird itu sudah dewasa" apalagi jika kita punya ternakan dirumah maka pengalaman tersebut akan semakin bertambah.

Semoga bermanfaat untuk rekan rekan semua ya, jangan lupa share agar artikel yang saya tulis ini bisa bermanfaat juga bagi rekan lain yang belum membacanya.

0 Response to "Cara Bedakan Lovebird Paud, Balibu dan Dewasa 100% Akurat"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel