Begini Cara Mengetahui Warna Anakan Lovebird Umur Kurang dari 2 Minggu

Warna lovebird menjadi hal yang paling utama karena dalam bisnis lovebird, warna bulunya lah yang paling menentukan harga jualnya. Semakin bagus dan unik warna lovebird maka akan semakin mahal pula harganya.

Ternyata anakan atau piyikan lovebird yang masih sangat kecil sudah bisa kita ketahui jenis dan warnanya loh. Bagi peternak pemula mungkin banyak yang belum tahu untuk mengetahui warna anakan lovebirdnya, karena mungkin baru pertama kali menangkarkan lovebird.

Sangat mudah banget untuk menentukan apakah itu anakan lovebird paruh putih maupun anakan lovebird paruh merah. Namun untuk menentukan warnanya kita hanya bisa memprediksi saja karena sangat sulit untuk dipastikan.

Di Indonesia lovebird mempunyai 3 jenis yang dibedakan menurut warna paruhnya, yaitu lovebird paruh putih, lovebird paruh merah, dan lovebird paruh orange yang terkenal dengan sebutan parblue.

Terus bagi anda yang penasaran dan sudah gak sabar untuk mengetahui warna anakan lovebird yang masih sangat cindil dirumah, mari langsung saja kita bahas sekarang saja.


Cara Mengetahui Warna Anakan LB Melalui Paruh

Dengan cara melihat paruhnya, kita bisa loh untuk memprediksi warna anakan LB saat dewasa kelak. Nah berdasarkan pengalaman ternak lovebird saya, coba akan saya jelaskan pada anda untuk mengetahui warna cindilan lovebird dengan melihat paruhnya.

1. Cindilan LB dengan Warna Paruh Oranye

Jika warna paruhnya merah kekuning kuningan atau orange maka sudah dapat diprediksi bahwa anakan lovebird anda akan mempunyai warna bulu hijau, pastel kuning kotor atau paskot, pastel kuning bersih, lutino mata merah & mata hitam, dark green dan  olive ( Yang pastinya jenis paruh merah)


Mengetahui anakan lovebird melalui bulu kapasnya

Bulu kapas adalah bulu pertama yang ada pada anakan LB yang sudah bawaan dalam telur. Mengapa disebut bulu kapas? karena bulunya sangat lembut seperti kapas.

Terus bagaimana cara mengetahui warnaya kelak jika dilihat dari bulu kapasnya?  Bulu kapas merupakan cara jitu mengetahui ciri ciri lovebird paruh merah maupun paruh putih.

Caranya sangat simpel banget kok om, Lihat saja bulu kapas pada anakan LB anda, apakah warnanya putih bersih atau kuning.

Jika warna bulu kapas kuning

Nah jika sudah anda melihat dan ternyata warna bulu kapas anakan lovebird anda berwarna kuning atau kuning kemerah merahan makan dapat diprediksi bahwa nantinya akan jadi lovebird jenis paruh merah dan berwarna :

  • Hijau
  • Paskun
  • paskot
  • GS
  • Lutino
  • olive

Warna bulu kapas anakan putih berih

Jika warna bulu kapas pada anakan lovebird yang sudah anda lihat adalah putih bersih seperti kapas, maka anakan tersebut anakan masuk jenis paruh putih dan mempunyai warna :

  • Cobal
  • Biru mangsi
  • Pastel biru
  • pastel putih
  • Violet
  • Batman
  • BS
  • mouve
  • Dan sebagainya

Arsip foto perkembangan dari umur 1 minggu sampai dewasa


Berikut dibawah ini merupakan arsip foto yang saya peroleh dari situs lovebirdoke

Bulu kapas berwarna putih bersih dan tumbuh bulu berwarna hitam ke ke abu abuan, dan saat dewasa akan menjadi pastel biru


Bulu kapas berwarna kuning kemerahan, dan tubuh nampak bersih tidak ada corak hitamnya. Saat dewasa menjadi pastel kuning

Bulu kapas putih, dan tumbuh bulu abu abu dan hitam di bagain sayap. Saat dewasa warnanya menjadi biru cobalt


Mengetahui Warna Piyikan LB dengan Warna Indukan 

Yang paling mudah untuk memprediksi warna anakan lovebird adalah dengan melihat warna dan jenis indukanya. Sebelumnya saya pernah memposting mengenai hasil persilangan lovebird berdasarkan warna indukan.

Di dalam postingan tersebut, saya menulis semua hasil anakan yang saya peroleh selama beternak lovebird. Hampir semua silangan warna LB sudah saya tulis disana, ditambah lagi rekan rekan LB mania yang mengomentari untuk saling memberi masukan.

Nah jika anda belum membaca postingan tersebut, tenang saja anda bisa membacanya dengan mengeklik tautan postingan tersebut dibawah ini :

Perkiraan Warna Anakan Dari Silangan Berbagai Warna Lovebird

Nah begitulah cara untuk mengetahui anakan lovebird yang umurnya kurang dari 2 minggu, semoga dengan ada postingan ini pengalaman anda di dunia ternak lovebird semakin luas dan semakin bertambah.

Jika anda punya masukan atau Pertanyaan silahkan tulis saja di kolom komentar pamankicau ya. Terimakasih jangan lupa bagikan postingan ini jika bermanfaat untuk sesama.

0 Response to "Begini Cara Mengetahui Warna Anakan Lovebird Umur Kurang dari 2 Minggu"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini