Cara Membedakan Kacer Emosi dan Birahi dengan Mudah

Kacer si burung hitam putih yang mempunyai suara sangat merdu dan indah gaya tarungnya. Kacer merupakan burung tipe petarung dan sangat mudah naik darah ketika melihat atau mendengar suara lawan disekitarnya.

Di alam liar kacer mempunyai wilayah teritorial atau wilayah kekuasaan yang tidak boleh ada kacer lain untuk memasukinya. Sehingga kacer berkicau dengan suara yang sangat keras untuk menjaga wilayah kekuasaannya.

Membedakan antara kacer over emosi dan over birahi

Saat di arena lomba, kacer mempunyai sifat yang hampir sama antara birahi dan emosi. Terkadang para kacer mania merasa kebingungan untuk mengerti apakah kacernya over emosi atau over birahi, sehingga tampil kurang maksimal saat dilombakan.

Untuk mengatasi masalah diatas, perkenankan saya membagikan pengalaman mengenai cara untuk membedakan kacer over emosi dengan kacer sedang over birahi saat di gantangan.

Dengan penuh harap, pembahasan saya kali ini membuat anda jadi paham mengenai cara untuk membedakan kacer over birahi dan over emosi dan segera melalukan perawatan yang tepat agar kacer anda bisa stabil kembali.

 

Ciri-ciri Kacer Over Emosi saat Lomba

Pertanda kacer anda over emosi saat di lapangan sebenarnya sangat keliatan. Kacer akan ngotot mengejar musuh dan merasa seperti ingin menerkamnya.

Perilaku tersebut sering di barengi dengan tindakan ngeruji untuk mengejar lawan. Kacer yang mengalami over emosi akan langsung mengejar ngejar ketika ia melihat lawan disekitarnya.

Nah jika kacer anda mengalami hal seperti itu dapat dipastikan bahwa kacer anda mengalami over emosi.

 

Ciri-ciri Kacer Over Birahi Saat Lomba

Berikutnya adalah mengenai tanda kacer anda mengalami overbirahi saat lomba. Ketika kacer mengalami OB, ia akan menunjukan kebiasaan uniknya yaitu mbagong atau biasa disebut ngudalaut.

Ketika melihat musuh, kacer akan menunjukan gerakan aneh diantaranya adalah

  • Menggosok paruh di tangkringan,
  • Lompat-lompat tangkringan
  • Lompat di jeruji sangkar.

 

Biasanya kacer OB akan terlihat seperti tidak mempunyai mood untuk bertarung. Kacer justru menunjukan perilaku diam dan sedikit mengembungkan bulunya, sampai akhirnya kacer akan mbagong sampai hingga perlombaan selesai.

Jika kacer mengalami kondisi seperti diatas, dapat dipastikan bahwa kacer anda sedang mengalami over birahi (OB). Anda harus segera melakukan perawatan yang tepat agar kacer kembali on fire dan siap untuk dilombakan lagi.

Tips Mengatasi Kacer Over Emosi

Kacer yang mengalami over emosi saat ketemu lawan membutuhkan perawatan yang tepat agar emosinya bisa stabil kembali. Dengan metode perawatan dibawah ini maka kacer anda akan stabil, dan emosinya akan menurun seiring dengan berjalannya waktu.

  1. Kurangi porsi jangkrik dari biasanya, sebagai contoh berikan 2-3 jangkrik setiap pagi dan sore dan jika perlu beri tambahan kroto setiap seminggu 3x.
  2. Untuk sementara jauhkan dari burung kacer lain saat dirumah, tempatkan dilingkungan yang agak dingin seperti di dekat kamar mandi atau di dekat kolam ikan agar kacer bisa mendengar suara gemricik air.
  3. Hindari penjemuran terlebih dahulu, dan rutin di embunkan setiap pagi hari.
  4. Untuk hasil yang terbaik mandikan kacer anda setiap jam 4-5 sore setiap hari dan umbar kacer setidaknya seminggu 2x agar emosi yang dirasakannya mudah untuk menurun.
  5. Gunakan kerodong yang tidak terlalu tebal agar kacer merasa tetap dingin.

 

Tips Mengatasi Kacer Over Birahi (OB)

  1. Tingkatkan porsi penjemurannya, menjemur sampai kacer mangap tidak masalah. Penjemuran terbaik adalah pada jam 6.30 sampai dengan 8.30 pagi.
  2. Gunakan metode perawatan lukir untuk menurunkan birahi kacer dengan cepat, contoh nya hari minggu dijemur dan hari senin kacer di full kerodong.
  3. Mandikan kacer anda di pagi hari setidaknya seminggu 3x agar birahi nya cepat turun.
  4. Selain mandi & diumbar kacer anda juga wajib mengembunkan setiap hari.
  5. lakukanlah terapi ini sampai 2 minggu jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.
  6. Turunkan porsi EF, namun jangan menurunkan porsi EFnya secara drastis. Misalnya porsi harian anda memberikan 5 jangkrik pagi dan sore, nah saat perawatan untuk menurunkan birahi berikan saja 3-4 ekor jangkrik setiap pagi dan sore. Hal ini bertujuan untuk menjaga stamina kacer agar selalu fit dan on fire.

 

Itulah pembahasan saya pada postingan kali ini mengenai cara membedakan kacer over emosi dan over birahi dengan mudah.

Selain cara membedakan keduanya saya juga membahas mengenai cara mengatasinya. Semoga dengan postingan ini kacer anda segera pulih dan bisa memenangkan perlombaan lagi.

Jika ada masukan, tambahan atau pertanyaan silahkan tulis melalui kolom komentar dibawag postingan ini ya. Jangan lupa share agar bermanfaat untuk rekan kacer mania lainnya.

Leave a Comment