√ Cara Ampuh Mengatasi Murai Batu Ngebatman atau Ngelowo dalam 1 Minggu

Ngebatman atau ngelowo merupakan sifat bawaan dari murai batu. Ngelowo merupakan tindakan dimana MB menurunkan kedua sayapnya dan menekuk lehernya. Perilaku ngebatman ini merupakan kondisi serius yang harus segera di atasi agar tidak menjadi kebiasaan pada MB saat di lombakan.

Ternyata mudah banget mengatasi Mb ngelowo


Perilaku ngebatman atau nglowo pada muraibatu seringkali membuat kita sebel, apalagi baru di gantang ketemu musuh bukanya beradu kicauan eh justru malah ngelowo.

Jika MB sudah ngelowo di arena lomba, maka dapat dipastikan MB anda tidak akan bunyi dan hanya akan menabrak nabrak jeruji untuk mengejar MB lawanya.

Apa penyebab Muraibatu Ngebatman? 

1. Over Birahi (OB) 

Penyebab utama muraibatu ngebatman atau ngelowo adalah kondisi birahi yang terlalu tinggi. Birahi yang tinggi disebabkan oleh kurang konsistenya perawatan harian, seperti porsi umbar, porsi embun dan pemberian EF, sehingga akan membuat birahi MB jadi naik sampai over.

2. Terlalu Sering Fight / dilombakan

Seperti halnya manusia, MB juga perlu istirahat agar mental dan staminanya tetap dalam kondisi prima. Jika terlalu sering dibawa ke arena lomba, maka mental akan down karena dipaksa untuk fight dalam kondisi fisik yang tidak fit.

3. Mental belum siap untuk tarung

Walaupun muraibatu merupakan burung tipe fighter atau petarung, namun tidak semua MB mempunyai mental bertarung yang bagus, terutama MB yang masih muda. Sehingga jika MB dalam kondisi mental yang kurang siap maka bisa jadi malah ngelowo saat kita trek.

Baca jugaCara Mengetahui Karakter MB di arena Lomba

4. Murai Batu Terlalu Jinak

Kebanyakan kasus muraibatu ngelowo adalah jenis MB hasil tangkaran yang diloloh oleh manusia. Sebenarnya bukan masalah tangkaranya, namun kesalahan pemilik saat merawat terlalu memanjakan sampai MB sudah dewasa, sehingga jadinya suka ngebatman.

5. MB mendekati Masa Mabung

Selama saya bermain MB, pengalaman yang saya dapatkan adalah MB kurang maksimal saat mau mabung. Yang sering saya jumpai adalah MB tiba tiba suka ngebatman, padahal sebelumnya MB tidak pernah ngebatman. Dan setelah saya istirahatkan ternyata seminggu kemudian MB saya mabung.

Nah jika anda sudah tau mengenai penyebab utama MB ngebatman atau ngelowo, selanjutnya mari kita bahas cara paling mudah untuk mengatasinya berikut ini.

Cara Mudah Mengatasi MB Ngebatman sesuai dengan Penyebabnya.


1. Mengatasi MB ngebatman karena OB

Kurangi pemberian EF, dengan memangkas sedikit porsi EF pada Mb maka tingkat birahinya akan menurun.

Porsi mandi dibuat lebih sering, Murai yang birahinya tinggi akan mempunyai hasrat mandi yang besar, sehingga dengan memandikan bisa membuat birahi  MB jadi turun.

Lakukan pengumbaran yang rutin, pengumbaran yang tepat untuk muraibatu adalah seminggu 3x selama 2 jam. Sediakan juga air mandi di dalam umbaran.

Rutin di embunkan setiap pagi, pengembunan yang bagus untuk menyetabilkan birahi MB adalah pukul 4.00 sampai dengan pukul 6.00

2. Mengatasi MB ngebatman karena Terlalu Sering di adu

Batasi jadwal melombakan MB anda, sayangi gacoan anda dan jangan kemakan nafsu untuk terlalu sering mengadunya. Jadwal latber yang tepat untuk MB adalah maksimal 1x dalam seminggu. Tujuanya adalah agar MB bisa istirahat untuk mengumpulkan tenaga dan mengeluarkan mutahan isianya saat di lombakan.

3. Mengatasi MB ngelowo karena Mental Belum siap

Mental belum siap yang saya maksut adalah, burung masih muda atau baru lepas trotol dan MB yang baru saja selesai mabung. Nah jika MB anda masih muda, jangan dibawa ke lapangan dulu tunggu usianya minimal 2x mabung agar mental dan fisik sudah oke.

Jika MB anda baru selesai mabung tunggu dulu jangan keburu untuk di lombakan, berikan perawatan terlebih dahulu kira kira sampai 1 bulan pasca mabung baru MB siap untuk di gantangkan.

4. Mengatasi MB Ngebatman Karena Terlalu Jinak

Jika anda mempunyai MB yang sangat jinak dan selalu ngebatman ketika bertemu musuh, anda harus bersabar dulu. Asingkan MB agar sifat liarnya keluar, tempat mengasingkan MB over jinak yang paling bagus adalah di kandang ternak. 

Jika dirumah tidak punya kandang ternak, anda bisa mengasingkan dengan full krodong dan jangan memanjakanya lagi. Umbar secara rutin dan jika sudah selesai maka silahkan dikerodong lagi agar MB tidak terbiasa manja dengan manusia. 

Saat memberikan EF, jangan berikan langsung dengan tangan. Hal tersebut akan memunculkan sifat manja pada Murai batu.

Baca juga :  Ternyata Begini Cara Memberikan Jangkrik yang Benar pada Burung

5. Mengatasi MB Ngebatmen karena Mau Mabung.

Jika MB anda mau mabung, stop gantanf terlebih dahulu dan fokuskan MB dirumah agar mempercepat proses gantj bulunya. Ngelowo seringkali menjadi pertanda MB mau mabung, sehingga cukup di istirahatkan dan berikan Full EF.

6. Tips Umum mencegah ngelowo dari mediaronggolawe

  • Sebaiknya burung di asingkan serta full kerodong.
  • Sering-seringdi umbar di tempat yang luas
  • Jangan pernah memberikan Extra fooding atau pakan dengan cara memberikan lewat tangan secara langsung
  • Jangan memaksakan MB yang kondisinya belum siap secara mental untuk di trek. Misalnya masih muda, belum tuntas mabung, masih dorong ekor, tidak fit atau sakit dan sebagainya.
  • Untuk burung yang OB (Over Birahi) bisa kurangi EF nya dan di setting ulang pemberian Ef nya. Intensitas memandikannya harus lebih sering, kalo perlu bisa di terapy mandi malam


Kesimpulan

Untuk Mengatasi Muraibatu ngebatman kita harus tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Jika kita sudah tahu mengenai penyebab MB ngebatman, maka kita akan semakin mudah untuk mengatasinya karena tips diatas saya tulis sesuai dengan peyebabnya masing masing.

Itulah tips dari saya mengenai cara mengatasi MB ngebatman atau ngelowo. Semoga pengalaman saya diatas bisa bermanfaat bagi rekan rekan MBI yang mempunyai Muraibatu ngebatman dirumah. 

Jangan lupa share agar rekan lain bisa tahu mengenai cara menyembuhkan MB ngelowo, terimakasih.

0 Response to "√ Cara Ampuh Mengatasi Murai Batu Ngebatman atau Ngelowo dalam 1 Minggu"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel