6 Perawatan Perkutut Agar Gacor dan Rajin Manggung

Pada jaman dahulu perkutut merupakan burung yang hanya boleh dipelihara oleh kerajaan saja. Namun sekarang semua orang boleh memelihara burung perkutut, termasuk saya sendiri merupakan pecinta perkutut. Dirumah saya mempunyai 2 ekor burung perkutut yaitu perkutut lokal dan perkutut bangkok tinggalan kakek saya.

Cara merawat perkutut agar rajin manggung
Flickcr.com

Suara burung perkutut yang sangat merdu sehingga membuat pikiran adem saat  mendengarkannya. Tidak heran, kalau pada jaman dahulu perkutut merupakan burung kesukaan para raja di tanah jawa. Suara kicauan perkutut disebut juga dengan "manggung", uniknya lagi perkutut sambil mangut-mangut saat manggung seperti sangat tunduk kepada kita.

Perkutut yang sudah gacor biasanya akan langsung manggung ketika melihat sang pemilik atau melihat seseorang yang melintas disekitarnya. Untuk menjadikan perkutut gacor dan rajin manggung kita harus melakukan perawatan harian yang tepat agar perkutut yang kita rawat bisa rajin manggung setiap hari.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai cara merawat perkutut yang benar agar bisa cepat gacor dan rajin manggung setiap perkutut melihat lalu lalang orang di sekitarnya.

Perawatan Harian Perkutut agar Rajin Manggung


1. Mandikan setiap pagi

Semua burung tentunya sangat suka mandi di pagi hari, termasuk perkutut. Mandikan perkutut anda pada pukul 7 pagi dengan cara menyemprot dengan spray atau memberikannya ceput mandi jika perkutut anda terbiasa mandi sendiri di cepuk. Dengan mandi pagi, perkutut anda akan merasa segar dan tubuh akan sehat karena kebersihan bulu terjaga.

Selain membuat perkutut merasa segar, manfaat mandi pagi untuk perkutut juga bisa membuat bulu perkutut menjadi lebih halus dan tertata dengan rapi. Mandi juga mencegah datangnya kutu dan bisa juga menghilangkan kutu pada perkutut karena setelah mandi, burung perkutut pasti akan didis merapikan bulu bulunya.

2. Jemur perkutut setiap pagi

Setelah dimandikan, segera jemur perkutut anda agar bulunya segera kering dan perkutut tidak merasa kedinginan. Matahari pagi juga membuat perkutut menjadi sehat dan menjaga kondisi tubuhnya selalu fit. Di alam liat perkutut juga sangat suka dengan sinar matahari pagi, biasanya perkutut berjemur sambil manggung di pepohonan yang tinggi.

3. Letakan perkutut ditempat yang tinggi

Setelah perkutut selesai dijemur, kiranya pukul 8.30 segera gantungkan perkutut anda di tempat yang tinggi atau anda bisa mengereknya seperti lomba lomba perkutut. Perkutut sangat menyukai ketinggian, dan tidak heran saat di alam liar perkutut sangat suka nangkring di pohon-pohon yang tinggi dan sejuk.

Agar perkutut rajin bunyi
Lomba perkutut oleh majalahburungpas.con


4. Berikan makanan yang bergizi

Perkutut merupakan salah satu burung pemakan biji-bijian, oleh karena itu berikan pakan berupa biji-bijian yang mengandung banyak kandungan nutrisi yang tinggi. Untuk lebih mudahnya anda bisa membeli makanan khusus perkutut di kios pakan burung terdekat.

Makanan merupakan sumber utama nutrisi perkutut, sehingga dengan memberikan pakan yang bagus perkutut anda akan tetap sehat dan rajin manggung setiap hari. Selain dengan biji-bijian anda juga bisa menambahkan pakan tambahan berupa tulang sotong/cumi yang sudah kering untuk menambah sumber mineral alaminya.

5. Jaga kebersihan kandang

Kebersihan kandang merupakan faktor utama untuk menjaga kesehatan perkutut, dengan kandang yang bersih perkutut juga akan merasa nyaman dan menjadi rajin untuk manggung setiap hari. Setidaknya bersihkan kandang setiap hari agar tidak bau dan menjaga agar kandang selalu dalam keadaan bersih setiap saat.

6. Berikan vitamin alami

Setelah semua perawatan diatas anda terapkan, selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memberikan multivutamin untuk perkutut secara rutin. Pemberian vitamin alami bertujuan untuk menjaga kondisi kesehatan perkutut agar tidak mudah terkena penyakit. Vitamin alami yang paling bagus untuk perkutut adalah kencur, potong kecil dan berikan pada perkutut secara langsung minimal 1 bulan sekali.

Namun saat ini pembuat pakan perkutut sudah memberikan campuran rempah rempah yang dicambur dengan biji-bijian nya, sehingga tidak perlu memberikan kencur secara langsung kecuali perkutut anda sedang sakit.

Jenis Perkutut yang Banyak dipelihara

Setahu saya ada 2 jenis perkutut yang bamyak dipelihara oleh pecinta perkutut tanah air, yaitu perkutut lokal (jawa) dan perkutut bangkok. Kedua jenis perkutut ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing sesuai dengan selera kita mau memelihara perkutut jenis mana yang kita sukai.

Perkutut lokal atau jawa mempunyai irama lagu yang lebih cepat dari perkutut bangkok. Selain itu ukuran tubuh perkutut lokal cenderung lebih ramping dari perkutut bangkok. Kebanyakan pecinta perkutut lokal adalah orang yang benar-benar kolektor perkutut karena sekarang perkutut lokal sudah sangat jarang ditemui di alam liar.

Itulah pembahasan saya mengenai perawatan perkutut agar cepat gacor dan rajin manggung. Semoga postingan mengenai perkutut ini bisa bermanfaat ya.

0 Response to "6 Perawatan Perkutut Agar Gacor dan Rajin Manggung"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jual Ring Burung Bebas Custom Nama,Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini