7 Solusi Mengatasi Anis Merah Macet Bunyi Dengan Cepat

Selain mempunyai kicauan yang sangat merdu, burung anis merah juga mempunyai gaya berkicau yang sangat unik yaitu "gaya teler". Anis merah yang sudah gacor akan berkicau dengan gaya nunduk dan menggeleng gelengkan kepalanya layaknya seseorang yang sedang mabuk sehingga disebut teler.

Cara mengatasi Anis Merah macet bunyi


Anis merah atau juga dikenal dengan nama punglor merah merupakan salah satu burung paling favorit untuk dijadikan sebagai burung ocehan dirumah. Tidak heran jika AM yang sudah teler harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. 

Hal yang paling disayangkan ketika memelihara anis merah adalah macet bunyi, kasus ini sering terjadi ketika pasca mabung. Tentu sangat mengecewakan sekali, padahal sebelum mabung anis merah kita sangat gacor dan selalu teler setiap harinya, eh tiba-tiba setelah mabung malah jadi macet bunyi. 

Penyebab Anis Merah Macet Bunyi


1. Stres selama dalam perjalanan

Anis merah (juga cucak hijau) termasuk jenis burung yang rawan stres selama dalam perjalanan, baik ketika burung baru dibeli dan mau dibawa pulang ke rumah, atau perjalanan menuju arena lomba dan sebaliknya.

2. Drop mental setelah lomba

Memaksakan anis merah muda yang belum siap mental untuk dilombakan merupakan salahsatu penyebab AM jadi macet bunyi, sebaiknya anda sabar dulu hingga AM benar-benar siap mental untuk di lombakan.

3. Tidak nyaman

Ada 2 kemungkinan tingkat kenyamanan pada anis, yang pertama adalah kenyamanan di dalam sangkar & tangkringan. Pilih model sangkar yang palng cocok untuk anis, dan gunakan tangkringan yang pas untuk ukuran kaki anis merah.

Yang kedua adalah kenyaman lingkungan di sekitarnya, apakah terlalu ramai lalu lanang kendaraan maupun banyak anak yang bermain sehingga kondisi terlalu brisik. Selain itu, anak bermain juga harus di perhatikan, apakah mereka membawa tongkat atau bermain balon untuk di terbangkan. Kedual hal ini harus dihindari karena sangat berdampak terhadap tingkat stres anis merah.

4. Ingin memasuki masa mabung

Bukan hanya anis merah, sebagian besar burung akan menjadi macet bunyi ketika akan mabung. Namun ada juga yang masih tetap gacor dan rajin berkicau setiap harinya, tapi tetap saja burung yang akan memasuki masa mabung perfomanya akan menurun.

5. Setelah selesai mabung

Setelah masa pergantian bulunya selesai, burung akan menyiapkan fisik dan mentalnya untuk kembali gacor. Pada saat mabung, kebanyakan anis merah akan diam sampai masa mabungnya selesai. Biasanya anis merah akan bunyi ngeriwik setelah selesai mabung dan akan kembali gacor jika kita rawat dengan benar.

Terapi Anis Merah Macet Bunyi

Anis merah yang macet bunyi harus mendapatkan perawatan khusus agar mental dan kondisi fisiknya cepat pulih. Berikut adalah terapi khusus yang akan membuat anis merah menjadi gacor lagi, silahkan terapkan terapi ini setiap hari agar AM anda bisa kembali gacor dan teler.

Tempatkan di lingkungan yang nyaman

Kenyamanan AM di dalam sangkar merupakan faktor utama yang akan membuat anis merah macet menjadi gacor lagi. Tempat yang paling bagus adalah diatas aquarium atau disekitar kolam ikan, karena anis merah sangat senang jika mendengar gemricik air mengalir. 

Selain itu, hindari dulu untuk membawa anis merah dalam perjalanan, hal ini akan membuat AM sangat terganggu sehingga tingkat kemacetan yang dialami menjadi semakin parah

Jangan dilombakan dulu

Pada saat anis merah sedang macet jangan coba-coba untuk melombakan atau melihatkan dengan anis merah lain, hal ini akan memperparah kondisi mental anis merah, selain itu hindari dulu dengan burung fighter lain seperti kacer, muraibatu, dan anis kembang. 

Embunkan Anis Merah

Sudah tidak asing lagi kalau embun pagi mempunyai sangat banyak manfaat untuk semua jenis burung kicau termasuk anis merah. Dengan melakukan pengembunan yang rutin, anis merah akan merasa senang dan nyaman, selain itu kondisi birahi AM juga akan stabil. 

Lakukan Terapi mandi malam

Anis merah sangat menyukai mandi di malam hari, hal ini sudah sangat umum untuk mengatasi anis merah yang stress dan macet bunyi. Lakukan mandi malam pada jam 8-10 malam, setelah dimandikan beri EF dan angin anginkan di teras maupun di dalam rumah.

Berikan Racikan Khusus ini

Racikan khusus ini merupakan rahasia yang dibocorkan kepada saya, yaitu dengan memberikan parutan buah pir yang dicampur dengan kroto segar. Cara membuatnya adalah, parut buah pir kemudian peras airnya. Setelah sudah diperas, campurkan dengan kroto segar dan racikan siap untuk diberikan pada AM yang macet. Berikan ramuan ini setiap hari dengan porsi yang sedikit.

Berikan Multivitamin 

Multivitamin yang saya maksut adalah vitamin harian seperti biasa, bukan doping ya. Jangan pernah memberikan doping untuk AM anda, pemberian doping hanya akan membuat burung menjadi rusak, maka berikan saja vit harian dengan merk yang sudah terdaftar di BPOM. 

Tujuan utama memberikan vitamin adalah untuk membuat kondisi anis merah menjadi bugar alias vit, jika kondisi tubuhnya sehat maka hasrat untuk berkicaunya akan muncul walaupun diawali dengan bunyi ngeriwik. 

Penutup

Itulah pembahasan saya mengenai cara mengatasi anis merah yang macet bunyi baik karena setelah mabung maupun oleh sebab lainnya. Cara diatas merupakan solusi paling efektif untuk menyembuhkan anis merah yang mengalami macet bunyi. Semoga postingan saya kali ini bisa bermanfaat untuk rekan-rekan semua yang mempunyai anis merah macet dirumah.

Silahkan bertanya jika anda masih bingung atau kurang jelas mengenai postingan ini ya, jangan lupa share ke facebook atau twitter jika postingan ini bermanfaat. Terimakasih

0 Response to "7 Solusi Mengatasi Anis Merah Macet Bunyi Dengan Cepat"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini