Jalak Suren Isian Cililin, Jauh Lebih Dahsyat dari Cililin Asli

Jalak suren merupakan salah satu jenis burung jalak yang banyak dipelihara oleh kicau mania. Jalak suren sangat disukai karena perawatannya yang mudah dan tipe burungnya yang cerewet, sehingga burung jalak suren ini tergolong jenis burung yang pasti sangat gacor jika dipelihara dalam sangkar.

Jalak suren isian cililin harga nya sangat mahal


Selain mudah gacor, burung jalak suren mempunyai gaya berkicau yang sangat unik, yaitu dengan menjambulkan kepalanya sambil mangut-mangut dan membuka sayapnya atau dikenal dengan gaya "mompa". Selain itu JS juga terkenal pandai menirukan suara burung lain disekitarnya.

Seperti yang saya lihat punya teman saya, jalak suren miliknya sangat pandai  menirukan suara burung cililin dan bahkan lebih dahsyat dari suara burung cililin asli. Ini merupakan pertama kalinya saya melihat burung yang se dahsyat itu suaranya. Bahkan cililin miliknya dirumah sampai dijual karena kalah gacor dengan jalak suren.

Harga Jalak Suren Isian Cililin

Jalak suren yang sudah gacor namun dengan isian standar harganya berkisar antara 400rb sampai 600rb saja. Itu merupakan harga pasaran di Jawa Tengah, khususnya semarang dan sekitarnya. Namun jika jalak suren sudah mempunyai isian yang mewah terutama cililin maka harganya akan sangat mahal sampai 4x lipat harga standarnya.

Namun saat ini tidak ada patokan standar harga untuk jalak suren yang mempunyai tembakan cililin ataupun suara mewah lainya seperti ngekek lovebird dan tengkek buto. Minggu lalu, JS rasa Cililin milik teman saya ditawar dengan harga 3juta oleh salah satu pengusaha garam, namun beliau menolaknya karena JS tersebut sudah dirawatnya sejak trotolan.

Cara Memilih Jalak Suren yang Bagus

Terdapat 2 jenis jalak suren yang ada di Indonesia, yaitu jalak suren jawa atau biasa disebut JS lokal dan jalak suren Sumatra atau dikenal dengan JS sebrang. Jika dilihat dari segi kicauan, keduanya sama saja kok yang beda hanya warna bagia atas kepalanya saja.

Berikut adalah video jalak suren isian cililin



Jika JS lokal mempunyai warna hitam diatas kepala, sedangkan JS Sumatra mempunyai warna putih. Selain itu harga jalak suren lokal jauh lebih mahal. Namun jika anda mau mencetak jalak suren isian cililin, maka pilihlah jalak suren yang masih anakan atau trotolan.

Memaster Jalak Suren agar Bersuara Cililin

Sebelum anda ingin mencetak jalak suren agar bisa nembak cililin, anda harus membeli jalak suren anakan atau trotol yang belum bisa berkicau sama sekali. Untuk jalak suren jenis kelaminya tidak begitu penting karena semuanya bisa gacor dan volume suaranya sama.

Tempatkan trotolan jalak suren anda disebelah burung cililin setiap harinya, jangan sampai mendengar suara burung lain agar saat dewasa nanti suaranya bisa faseh full cililin. Alternatif lainya jika anda tidak punya burung cililin adalah dengan menggunakan suara mp3 burung cililin setiap harinya.

Cara Merawat Jalak Suren Trotol 

Anakan jalak suren sangat membutuhkan nutrisi yang tinggi agar bisa mempercepat proses ganti bulunya. Oleh karena itu selalu berikan jangkrik sebagai EF setiap harinya, yaitu pagi, siang dan sore. Untuk perawatannya masih sama dengan cara merawat jalak suren dewasa.

Sediakan cepuk untuk mandi di dalam sangkar, agar trotolan jalak suren bisa mandi ketika ia merasa kepanasan. Selain itu lakukan penjemuran disetiap pagi dari jam 6.00 sampai dengan jam 7.00 saja. Matahari pagi sudah dikenal sangat memberikan banyak manfaat untuk segala jenis burung, namun jika masih anakan, durasi penjemuran cukup sebentar saja.

Jika anda benar-benar mau mencetak jalak suren isian, jauhkan suara burung lain kecuali suara cililin. Anda bisa menitipkan ke teman terlebih dahulu atau mengungsikan keduanya di rumah saudara. Jika sudah berganti bulu dewasa, anda bisa mengambilnya karena saat sudah dewasa ia akan sulit untuk dimasuki suara burung lain.

Akhir kata dari saya

Itulah sharing saya kali ini mengenai burung jalak suren yang mempunyai isian Cililin, dengan suara yang unggulan maka harga jalak suren akan naik jauh lebih tinggi dari harga pasaran.

Anda juga bisa memaster lebih dari satu jalak suren dengan satu burung cililin yang sudah gacor. Dengan ini anda bisa mencetak 3-6 JS isian dengan waktu yang lebih singkat.

Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat ya, jika anda mau memberi masukan atau bertanya silahkan isi kolom komentar dibawah postingan ya. Terimakasih

0 Response to "Jalak Suren Isian Cililin, Jauh Lebih Dahsyat dari Cililin Asli"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Lagi Cari  Ring Murah & Bebas Tulis nama? Klik Disini Harga Mulai 2rb!!